Pendidikan tingkatkan kerja sama dan pertukaran China dan Indonesia
26 Agustus 2024, 11:25:32 Dilihat: 9x

Jakarta - Dalam Pekan Kerja Sama Pendidikan China-ASEAN (China-ASEAN Education Cooperation Week) 2024 yang sedang berlangsung di Guiyang, ibu kota Provinsi Guizhou, China barat daya, para praktisi pendidikan Indonesia mengatakan bahwa pendidikan telah menjadi platform penting untuk pertukaran timbal balik antara China dan Indonesia.

Bagi Lestari Puspitaningsih, seorang peminat bahasa Mandarin asal Indonesia, pengalaman belajarnya di China tidak hanya meningkatkan kemahiran bahasa Mandarinnya, tetapi juga memberinya berbagai peluang untuk mempromosikan kerja sama antara China dan Indonesia.

Di universitas, Puspitaningsih memilih jurusan bahasa Mandarin atas saran ayahnya, yang sangat yakin bahwa China dan Indonesia adalah mitra yang baik dan memiliki hubungan yang erat, studi bahasa Mandarin juga akan memberikan banyak peluang kerja.

Untuk mempelajari lebih banyak pengetahuan dan memperluas wawasannya, Puspitaningsih melanjutkan pendidikannya di Northeast Normal University di China pada 2007 dan meraih gelar magister dalam bidang linguistik dan linguistik terapan bahasa Mandarin.

"Bahasa adalah jembatan kerja sama," kata Puspitaningsih, yang kini menjabat sebagai kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa di Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.

"Indonesia dan China memiliki banyak program kerja sama yang membutuhkan penutur bahasa Mandarin," kata Puspitaningsih, seraya menambahkan bahwa saat ini dia bertanggung jawab untuk memberikan pelatihan bagi para guru bahasa Mandarin di Indonesia, termasuk merancang kurikulum, menyusun tutorial, dan membuat soal ujian, yang memungkinkannya untuk sering menggunakan bahasa Mandarin.

Dalam kunjungannya ke Guizhou, Puspitaningsih memimpin sebuah tim yang terdiri atas para pejabat dari badan pengembangan dan pembinaan bahasa tingkat provinsi di Indonesia untuk mencari berbagai peluang baru bagi kerja sama.

Puspitaningsih mengatakan bahwa bagi sebagian besar anggota tim, itu menjadi momen pertama kalinya mereka mengunjungi China, dan mereka terkejut dengan perkembangan China serta berharap dapat mengundang beberapa universitas China untuk menyelenggarakan kegiatan akademik di provinsi mereka.

Pada Kamis (22/8), sebuah kegiatan pertukaran pendidikan China-Indonesia diselenggarakan oleh China International Educational Institute dan diikuti oleh 10 universitas dan sekolah tinggi Indonesia serta lebih dari 10 universitas dan sekolah tinggi China.

Siswantoyo, M.Kes., AIFO., selaku direktur di Sekolah Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta, mengatakan kepada Xinhua bahwa universitasnya telah bekerja sama dengan universitas-universitas China dalam banyak bidang akademik, termasuk linguistik, teknik, dan bisnis ekonomi. Saat ini, mahasiswa China mencakup hampir 20 persen dari total mahasiswa asing di universitas tersebut.

"China berkembang pesat dan menyoroti pengembangan pendidikan. China dan Indonesia memiliki budaya yang serupa, dan lebih banyak pertukaran pendidikan diharapkan dapat dilakukan di sejumlah bidang seperti pengobatan tradisional China, untuk membantu meningkatkan mobilitas mahasiswa dan staf, serta transfer pengetahuan antara kedua negara," ungkap Siswantoyo.

Mohamad Ghozali Moenawar, selaku kepala Urusan Internasional Universitas Al-Azhar Indonesia, mengatakan bahwa memperkaya kerja sama pendidikan kejuruan antara China dan Indonesia menjadi kunci untuk mengatasi kesenjangan keterampilan dan mendorong pertumbuhan ekonomi.

"Dengan berbagi sumber daya, menyelaraskan standar, dan mengembangkan kurikulum bersama, kedua negara dapat meningkatkan program pelatihan dan memenuhi kebutuhan industri," imbuh Moenawar.

Di akhir kegiatan pertukaran pendidikan China-Indonesia tersebut, seluruh peserta meluncurkan sebuah inisiatif untuk memajukan kerja sama pendidikan internasional China-Indonesia dan pembinaan talenta.

Inisiatif tersebut menyerukan untuk memperkaya pendidikan kejuruan antara kedua negara, memperkuat kerja sama penelitian ilmiah bersama antara universitas-universitas China dan Indonesia, serta memperluas skala mahasiswa yang belajar di China dan di Indonesia, satu sama lain.

Sumber : https://www.antaranews.com/berita/4283927/pendidikan-tingkatkan-kerja-sama-dan-pertukaran-china-dan-indonesia

Share:

UN Videos

Java Coffee Culture and Festival Peneleh 2024
Rapat Terbuka Senat dalam rangka Wisuda Sarjana ke - 56 dan Magister ke - 44
Wisuda Sarjana Ke 54 dan Magister Ke 42 Universitas Narotama

UN Cooperation

De Montfort Leicester University Alexandria University Chiang mai university Derby University
 
Essex I Coe Rel UTHM ICOGOIA University Malaysia PAHANG Universiti Utara Malaysia
 
National University Kaohsiung Taiwan Politeknik Sultan Mizan Zainal Abidin Prince Sultan University Quest Nawab Shah Pakistan Universiti Teknologi MARA
 
Universiti Kebangsaan Malaysia Universiti Malaysia Kelantan Universiti Malaysia Perlis Universiti Zainal Abidin Universiti Sains Malaysia
 
Universiti Pendidikan Sultan Idris Erasmus

 

INTAKINDO PT. Aria Jasa Konsultan Bumi Harmoni Indoguna Cakra Buana Consultan Ciria Jasa Consultant
 
Internasional Peneliti Sosial Ekonomi Teknologi PT. Jasa Raharja NOKIA INKINDO MASKA
 
Surabaya TV PT. Amythas General Consultant
 
       

 

Perkumpulan Ahli dan Dosen Republik Indonesia IT Telkom Surabaya Institut Aditama Surabaya Institut Teknologi Nasional Malang
 
Institut Teknologi 10 Nopember Surabaya Politeknik Negeri Malang Universitas Pakuan Universitas Nasional Kualita Pendidikan Indonesia
 
Universitas Wijaya Kusuma Surabaya Universitas Nurul Jadid Paiton Probolinggo Politeknik Elektronika Negeri Surabaya Politeknik Negeri Bali Sekolah Tinggi Agama Islam Salahuddin Pasuruan
 
Sekolah Tinggi Agama Islam Miftahul `Ula Nganjuk Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Al Anwar Mojokerto STIE NU Trate Gresik Sekolah Tingi Ilmu Ekonomi Widya Gama Lumajang Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Yapan Surabaya
 
STIE Pemuda STIKOSA STKIP PGRI Bangkalan STKIP PGRI Jombang STKIP PGRI Sidoarjo
 
STT Pomosda Nganjuk UINSA Universitas Mercu Buana Universitas Airlangga Universitas Darul `Ulum Jombang
 
Universitas Negeri Surabaya Universitas Brawijaya Malang Teknik Sipil Universitas Negeri Surabaya Universitas PGRI Adi Buana Surabaya UNIPDU
 
UNISLA UNISMA Universitas 45 Bekasi Universitas Dr.Soetomo UNITRI
 
Universitas 45 Surabaya Universitas Bondowoso Universitas Islam Madura Pamekasan Universitas Jember Universitas Maarif Hasyim Latif
 
Universitas Madura Universitas Merdeka Surabaya Universitas Bina Darma Universitas Wijaya Putra Universitas Padjajaran
 
Universitas Muhammadiyah Malang Universitas Muhammadiyah Papua Universitas Muhammadiyah Sidoarjo Universitas Muhammadiyah Surabaya Universitas Negeri Malang
 
Universitas Islam Raden Rahmat Universitas Widyagama Malang Universitas Pembangunan Nasional Veteran Surabaya UWIKA Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
 
UNIVERSITAS SUNAN BONANG TUBAN Universitas 17 Agustus Surabaya UNUGIRI Bojonegoro Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
 
Akademi Pariwisata Majapahit  

 

Copyright © 2022 by UN | Universitas Narotama, All Rights Reserved.