Astronaut UEA Ungkap Awal Ramadhan yang Penuh Kilau dari Angkasa
24 Maret 2023, 14:06:36 Dilihat: 90x

Jakarta, Universitas Narotama -- Astronaut asal Uni Emirat Arab (UEA) Sultan AlNeyadi membagikan pemandangan angkasa di awal Ramadan dari Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS).

Ia sebelumnya tiba di luar angkasa pada 2 Maret setelah diluncurkan ke orbit dengan roket Falcon 9 SpaceX dengan pesawat ruang angkasa Crew Dragon.

Misinya selama 6 bulan di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) menjadikan AlNeyadi sebagai astronaut Arab dengan durasi panjang di angkasa.

"Ramadan Mubarak. Semoga bulan ini penuh berkah. Berbagi pemandangan malam yang indah dari ISS dengan Anda semua," kicau Al Neyadi di Twitter dalam bahasa Arab dan Inggris, Kamis (24/3).

Dalam video yang diunggahnya, nampak matahari berkilau di ufuk Bumi membentuk lengkungan bercahaya di bagian lingkaran planet lainnya. Matahari itu perlahan tenggelam hingga berwarna kejinggaan.

Di saat lengkungan yang dibentuk cahaya bintang tata surya itu belum hilang, AlNeyadi memperlihatkan bulan sabit tipis melengkung di sisi ISS lainnya. Bulan sabit muda yang merupakan tanda awal bulan Ramadhan itu tampak ditemani Venus dari kejauhan.

Momentum Ramadan jatuh pada bulan kesembilan dalam kalender Islam pada 1444 Hijriah, dan akan berlangsung dari 22 Maret hingga 23 April, tergantung pada penampakan bulan sabit di daerah setempat.

Kalender Islam mengikuti fase bulan. Artinya, tanggal berubah setiap tahun sehubungan dengan kalender Gregorian atau Masehi yang digunakan sebagian besar negara di dunia.

Di saat muslim yang sudah dewasa harus berpuasa selama tak berhalangan dari fajar hingga matahari terbenam, AlNeyadi mengaku tak berpuasa karena alasan teknis.

"Kami benar-benar diizinkan untuk makan makanan yang cukup dan demi mencegah makin kekurangan makanan atau nutrisi atau cairan," kata AlNeyadi, dikutip dari Space.

Dia menambahkan prioritasnya adalah melayani misi. AlNeyadi pun mengaku tidak dapat melakukan aktivitas "yang dapat membahayakan misi atau mungkin membahayakan awak kapal."

Astronaut UEA itu dijadwalkan melakukan 19 eksperimen khusus pada topik-topik seperti sakit punggung, biologi tumbuhan, kesehatan jantung, ilmu material, radiasi, tidur, dan cairan.

Dalam konferensi pers pertamanya dari luar angkasa pada 6 Maret, AlNeyadi mengatakan masih menyesuaikan diri untuk melayang di luar angkasa.

"Saya masih menghadapinya, saya masih belajar, tapi mudah-mudahan saya akan meningkatkan keterampilan saya dalam beberapa hari mendatang."

AlNeyadi bukanlah astronaut muslim pertama yang merayakan Ramadhan di luar angkasa.

Pangeran Sultan bin Salman Al-Saud dari Arab Saudi, tiba menjelang akhir bulan suci pada 17 Juni 1985, dengan misi pesawat ulang- alik STS-51G selama seminggu.

 

Sumber = cnnindonesia.com/teknologi

Share:

UN Videos

Rapat Terbuka Senat dalam rangka Wisuda Sarjana ke - 56 dan Magister ke - 44
Wisuda Sarjana Ke 54 dan Magister Ke 42 Universitas Narotama
Wisuda Sarjana Ke 53 dan Magister Ke 41 Universitas Narotama

UN Cooperation

De Montfort Leicester University Alexandria University Chiang mai university Derby University
 
Essex I Coe Rel UTHM ICOGOIA University Malaysia PAHANG Universiti Utara Malaysia
 
National University Kaohsiung Taiwan Politeknik Sultan Mizan Zainal Abidin Prince Sultan University Quest Nawab Shah Pakistan Universiti Teknologi MARA
 
Universiti Kebangsaan Malaysia Universiti Malaysia Kelantan Universiti Malaysia Perlis Universiti Zainal Abidin Universiti Sains Malaysia
 
Universiti Pendidikan Sultan Idris Erasmus

 

INTAKINDO PT. Aria Jasa Konsultan Bumi Harmoni Indoguna Cakra Buana Consultan Ciria Jasa Consultant
 
Internasional Peneliti Sosial Ekonomi Teknologi PT. Jasa Raharja NOKIA INKINDO MASKA
 
Surabaya TV PT. Amythas General Consultant
 
       

 

Perkumpulan Ahli dan Dosen Republik Indonesia IT Telkom Surabaya Institut Aditama Surabaya Institut Teknologi Nasional Malang
 
Institut Teknologi 10 Nopember Surabaya Politeknik Negeri Malang Universitas Pakuan Universitas Nasional Kualita Pendidikan Indonesia
 
Universitas Wijaya Kusuma Surabaya Universitas Nurul Jadid Paiton Probolinggo Politeknik Elektronika Negeri Surabaya Politeknik Negeri Bali Sekolah Tinggi Agama Islam Salahuddin Pasuruan
 
Sekolah Tinggi Agama Islam Miftahul `Ula Nganjuk Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Al Anwar Mojokerto STIE NU Trate Gresik Sekolah Tingi Ilmu Ekonomi Widya Gama Lumajang Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Yapan Surabaya
 
STIE Pemuda STIKOSA STKIP PGRI Bangkalan STKIP PGRI Jombang STKIP PGRI Sidoarjo
 
STT Pomosda Nganjuk UINSA Universitas Mercu Buana Universitas Airlangga Universitas Darul `Ulum Jombang
 
Universitas Negeri Surabaya Universitas Brawijaya Malang Teknik Sipil Universitas Negeri Surabaya Universitas PGRI Adi Buana Surabaya UNIPDU
 
UNISLA UNISMA Universitas 45 Bekasi Universitas Dr.Soetomo UNITRI
 
Universitas 45 Surabaya Universitas Bondowoso Universitas Islam Madura Pamekasan Universitas Jember Universitas Maarif Hasyim Latif
 
Universitas Madura Universitas Merdeka Surabaya Universitas Bina Darma Universitas Wijaya Putra Universitas Padjajaran
 
Universitas Muhammadiyah Malang Universitas Muhammadiyah Papua Universitas Muhammadiyah Sidoarjo Universitas Muhammadiyah Surabaya Universitas Negeri Malang
 
Universitas Islam Raden Rahmat Universitas Widyagama Malang Universitas Pembangunan Nasional Veteran Surabaya UWIKA Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
 
UNIVERSITAS SUNAN BONANG TUBAN Universitas 17 Agustus Surabaya UNUGIRI Bojonegoro Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
 
Akademi Pariwisata Majapahit  

 

Copyright © 2022 by UN | Universitas Narotama, All Rights Reserved.