Wahai Anak Muda, Begini Lho Gaya Hidup Orang Kaya Beneran!
20 September 2021, 11:02:08 Dilihat: 122x

Jakarta - Warren Buffett terdaftar sebagai orang terkaya. Meski begitu, investor kawakan ini mengaku lebih suka menjalani hidup dengan sederhana.

Pria kelahiran 1930 itu dikenal dengan gaya hidup yang cukup hemat. Baginya, yang paling penting adalah kebutuhannya terpenuhi, bukan keinginannya.

Buffet juga lebih memilih membeli saham berkualitas ketika harganya sedang murah. Bapak investor ini Ikon investasi itu mempraktikkan apa yang dia sebut tentang disiplin keuangan, menabung, dan melunasi utang.

Berikut adalah sejumlah gaya hidup hemat Warren Buffet yang inspiratif melansir Money Wise.

 

1. Rumah yang Sama Sejak 1958

Sementara sebagian besar miliarder membeli real estat mahal, Buffet memilih tinggal di rumah lama. Buffett awalnya membayar US$ 31.500 untuk rumahnya di Omaha, Nebraska. Dia sudah tinggal di sana selama lebih dari 60 tahun.

Namun, rumahnya tidak kecil. Rumah lima kamar tidur seluas 6.570 kaki persegi ini telah mengalami banyak renovasi dan penambahan selama beberapa dekade dan bernilai sekitar US$ 1 juta hari ini.

Hingga saat ini, Warren Buffett tidak memiliki rencana untuk pindah. Dia bahkan menyebutnya sebagai investasi terbaik ketiga yang pernah dia lakukan, dalam sebuah surat tahun 2010 kepada para pemegang saham Berkshire Hathaway

 

2. Jarang Ajukan Pinjaman

Hipotek satu-satunya Buffett adalah saat membeli sebuah rumah liburan di Laguna Beach, California, yang dia beli pada tahun 1971, meskipun dia memiliki uang tunai untuk membeli properti tepi pantai yang terdaftar seharga US$ 150.000.

Kepada CNBC, ia mengatakan bahwa dia mengambil pinjaman hipotek 30 tahun.

"Saya pikir saya mungkin bisa berbuat lebih baik dengan uang itu daripada membeli semua ekuitas rumah," katanya.

Dia memutuskan untuk menggunakan uang ekstra di tangan untuk saham di Berkshire Hathaway - perusahaan yang memberinya miliaran - sebagai gantinya.

 

3. Sarapan Sederhana

Sementara Buffett dapat dengan mudah menyewa koki pribadi untuk memasakkannya makanan lezat, tapi itu tidak ia lakukan dan hanya sering membeli sarapan di Mc D dalam perjalanannya ke tempat kerja. Dia tidak menghabiskan lebih dari US$ 3,17 untuk makan paginya.

"Ketika saya tidak merasa begitu makmur, saya mungkin pergi dengan US$ 2,61, yang merupakan dua roti sosis, dan kemudian saya menggabungkannya dan menuangkan Coke untuk diri saya sendiri," katanya.

 

4. Mobil Murah Meriah

Banyak miliuner menyimpan koleksi mobil sport dan model vintage yang mencolok di garasi mereka, tetapi Buffett lebih memilih mobil yang dapat diperolehnya dengan harga lebih murah.

Dia meningkatkan mobilnya dari Cadillac DTS 2006 ke Cadillac XTS hanya dengan US$ 45.000 pada tahun 2014.

"Sebenarnya, saya hanya berkendara sekitar 3.500 mil setahun jadi saya akan sangat jarang membeli mobil baru," akunya kepada Forbes.

Baik Anda memilih mobil baru atau model bekas, Anda tidak boleh mengeluarkan uang terlalu banyak untuk kendaraan, jadi jangan mencari pinjaman pertama yang Anda temukan dan mencari-cari penawaran yang lebih baik.

 

5. Sering Gunakan Kupon Belanja

Buffett suka sekali bahkan pernah mentraktir teman dan sesama miliarder Bill Gates untuk makan di restoran cepat saji favoritnya dengan kupon.

"Ingat tawa yang kami miliki ketika kami bepergian bersama ke Hong Kong dan memutuskan untuk makan siang di McDonald's? Anda menawarkan untuk membayar, merogoh saku Anda, dan mengeluarkan kupon!," kata Gates dalam surat tahunan 2017.

 

6. Belanja Seperlunya

Buffett tidak terlalu peduli dengan setelan desainer atau model iPhone terbaru dia hanya mengandalkan ponsel flip seharga $20 selama bertahun-tahun sebelum menukarnya dengan smartphone Apple pada tahun 2020.

Dan meskipun ada upgrade, dia tidak menggunakan iPhone apa pun dengan fungsi yang lebih mewah. Buffett menghindari pengeluaran yang tidak perlu.

"Jangan menabung apa yang tersisa setelah dibelanjakan, tetapi habiskan apa yang tersisa setelah menabung," papar ia.

Simpan dana Anda di rekening tabungan dengan imbal hasil tinggi sehingga dapat mengakumulasi bunga dan tumbuh seiring waktu. Sisihkan uang ekstra Anda untuk dana darurat atau pensiun daripada menghabiskan semuanya untuk pembelian besar.

 

7. Tak Berinvestasi dengan Uang Pinjaman

"Saya tidak pernah meminjam uang dalam jumlah yang signifikan dalam hidup saya. Tidak pernah. Tidak akan pernah. Saya tidak tertarik," katanya kepada mahasiswa di Notre Dame pada tahun 1991.

Meskipun Buffett muda pernah meminjam 25% dari kekayaan bersihnya untuk membeli saham, dia memperingatkan investor agar tidak mengulangi kesalahan yang sama. Bahkan pedagang saham yang terampil akan memberi tahu Anda bahwa meminjam untuk berinvestasi bisa berisiko.

 

8. Lakukan yang Disuka

Buffett memuji beberapa kesuksesannya terkait investasi. "Anda harus menyukai sesuatu untuk melakukannya dengan baik," katanya.

Dia mendesak orang untuk melakukan pekerjaan yang mereka sukai, alih-alih posisi yang terlihat bagus di resume Anda. Dan jika Anda sedang mencari cara untuk meningkatkan penghasilan Anda, manfaatkan keterampilan dan hobi Anda dan buat pekerjaan sampingan Anda sendiri.

Bahkan jika Anda tidak dapat berhenti dari pekerjaan penuh waktu Anda untuk fokus pada hal-hal yang benar-benar Anda nikmati, Anda pasti dapat menemukan waktu untuk beberapa hobi yang terjangkau.

Buffett sendiri menikmati bermain bridge dan bermain ukulele.

 

9. Kreatif Menabung

Ketika anak pertama Buffett lahir, dia mengubah laci meja rias menjadi keranjang bayi. Untuk yang kedua, dia meminjam tempat tidur bayi.

"Jika Anda membeli barang-barang yang tidak Anda butuhkan, Anda akan segera menjual barang-barang yang Anda butuhkan," kata miliarder itu.

Buffett memperhatikan pengeluaran-pengeluaran kecil sebelum mereka dapat bertambah dan menghasilkan solusi kreatif untuk menghindari pengeluaran lebih dari yang seharusnya.

 

10. Gunakan Uang Tunai, Bukan Kartu Kredit

Sementara kebanyakan dari kita lebih memilih kenyamanan kartu kredit untuk pembelian sehari-hari, Buffett menggunakan uang tunai. Bahkan, dia mengatakan kepada Pemimpin redaksi keuangan Yahoo! Andy Serwer pada tahun 2019 bahwa ia menggunakan uang tunai 98% dari transaksi yang dilakukan.

"Jika saya di restoran, saya akan selalu membayar tunai. Ini lebih mudah," papar ia.

Meskipun metode ini mungkin terdengar agak kuno, kurang mengandalkan kartu kredit Anda dapat membantu mencegah pengeluaran uang yang tidak Anda miliki.

Menggunakan sebagian besar kredit Anda yang tersedia dan tertinggal dalam pembayaran bulanan Anda merusak nilai kredit Anda.

Jika Anda berjuang untuk melunasi hutang kartu kredit Anda, Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk menggabungkannya menjadi pinjaman konsolidasi hutang dengan tingkat bunga yang lebih rendah.

 

Sumber : cnbcindonesia.com

Share:

UN Videos

Rapat Terbuka Senat dalam rangka Wisuda Sarjana ke - 56 dan Magister ke - 44
Wisuda Sarjana Ke 54 dan Magister Ke 42 Universitas Narotama
Wisuda Sarjana Ke 53 dan Magister Ke 41 Universitas Narotama

UN Cooperation

De Montfort Leicester University Alexandria University Chiang mai university Derby University
 
Essex I Coe Rel UTHM ICOGOIA University Malaysia PAHANG Universiti Utara Malaysia
 
National University Kaohsiung Taiwan Politeknik Sultan Mizan Zainal Abidin Prince Sultan University Quest Nawab Shah Pakistan Universiti Teknologi MARA
 
Universiti Kebangsaan Malaysia Universiti Malaysia Kelantan Universiti Malaysia Perlis Universiti Zainal Abidin Universiti Sains Malaysia
 
Universiti Pendidikan Sultan Idris Erasmus

 

INTAKINDO PT. Aria Jasa Konsultan Bumi Harmoni Indoguna Cakra Buana Consultan Ciria Jasa Consultant
 
Internasional Peneliti Sosial Ekonomi Teknologi PT. Jasa Raharja NOKIA INKINDO MASKA
 
Surabaya TV PT. Amythas General Consultant
 
       

 

Perkumpulan Ahli dan Dosen Republik Indonesia IT Telkom Surabaya Institut Aditama Surabaya Institut Teknologi Nasional Malang
 
Institut Teknologi 10 Nopember Surabaya Politeknik Negeri Malang Universitas Pakuan Universitas Nasional Kualita Pendidikan Indonesia
 
Universitas Wijaya Kusuma Surabaya Universitas Nurul Jadid Paiton Probolinggo Politeknik Elektronika Negeri Surabaya Politeknik Negeri Bali Sekolah Tinggi Agama Islam Salahuddin Pasuruan
 
Sekolah Tinggi Agama Islam Miftahul `Ula Nganjuk Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Al Anwar Mojokerto STIE NU Trate Gresik Sekolah Tingi Ilmu Ekonomi Widya Gama Lumajang Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Yapan Surabaya
 
STIE Pemuda STIKOSA STKIP PGRI Bangkalan STKIP PGRI Jombang STKIP PGRI Sidoarjo
 
STT Pomosda Nganjuk UINSA Universitas Mercu Buana Universitas Airlangga Universitas Darul `Ulum Jombang
 
Universitas Negeri Surabaya Universitas Brawijaya Malang Teknik Sipil Universitas Negeri Surabaya Universitas PGRI Adi Buana Surabaya UNIPDU
 
UNISLA UNISMA Universitas 45 Bekasi Universitas Dr.Soetomo UNITRI
 
Universitas 45 Surabaya Universitas Bondowoso Universitas Islam Madura Pamekasan Universitas Jember Universitas Maarif Hasyim Latif
 
Universitas Madura Universitas Merdeka Surabaya Universitas Bina Darma Universitas Wijaya Putra Universitas Padjajaran
 
Universitas Muhammadiyah Malang Universitas Muhammadiyah Papua Universitas Muhammadiyah Sidoarjo Universitas Muhammadiyah Surabaya Universitas Negeri Malang
 
Universitas Islam Raden Rahmat Universitas Widyagama Malang Universitas Pembangunan Nasional Veteran Surabaya UWIKA Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
 
UNIVERSITAS SUNAN BONANG TUBAN Universitas 17 Agustus Surabaya UNUGIRI Bojonegoro Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
 
Akademi Pariwisata Majapahit  

 

Copyright © 2022 by UN | Universitas Narotama, All Rights Reserved.