Israel Ingin Jalin Hubungan sampai Sorotan Reshuffle Jokowi
23 Desember 2020, 09:00:31 Dilihat: 60x

Jakarta -- Berbagai peristiwa menarik terjadi di berbagai belahan dunia pada Selasa (22/12). Mulai dari Duta Besar Israel menyatakan ingin jalin hubungan dengan Indonesia sampai media asing soroti perombakan (reshuffle) kabinet Jokowi. CNNIndonesia.com merangkum sejumlah kejadian tersebut dalam kilas internasional.
1. Dubes Israel Blak-blakan soal Hubungan dengan Indonesia
Empat negara di Timur Tengah sepakat melakukan normalisasi hubungan dengan Israel dalam waktu tiga bulan terakhir, Bahrain, Uni Emirat Arab, Sudan, dan Maroko.
Sejumlah pihak khawatir terobosan ini mengubah lanskap penyelesaian konflik Israel-Palestina yang belum menemukan titik terang. Negara Zionis itu dikabarkan juga ingin menjajaki Indonesia.
Indonesia selama ini tak ingin memiliki relasi dengan Israel karena solidaritas terhadap Palestina. Meski begitu, Israel tetap menyimpan minat menjalin hubungan formal dengan Indonesia.
Duta Besar Israel untuk Singapura, Sagi Karni, mencoba terbuka terkait hubungan kedua negara.
Apa tujuan utama Israel membangun hubungan formal dengan negara Arab dan mayoritas Muslim?
Bagi Israel ini sangat netral bahwa dalam sejarahnya, kami selalu mencoba menjalin hubungan normal dan bersahabat dengan seluruh negara, terutama tetangga kami. Ada beberapa yang tengah kita bidik untuk menyepakati normalisasi hubungan.
Saya juga meyakini ketika Anda membangun hubungan bersahabat dengan negara lain itu adalah win-win solution. Dengan itu, Anda bisa memiliki kemajuan lebih baik, meningkatkan stabilitas di kawasan, dan berkontribusi terhadap ekonomi.
Selama ini Israel terlihat sangat berminat menjalin hubungan resmi dengan Indonesia hingga Perdana Menteri Benjamin Netanyahu mengatakannya sendiri secara langsung pada Oktober 2018. Apakah Israel menargetkan hal serupa untuk menyepakati normalisasi hubungan dengan Indonesia?
Itu fakta-soal minat Israel menjalin hubungan dengan RI-dan saya hanya bisa mengatakan Israel pada dasarnya memang berminat membangun hubungan resmi itu dengan Indonesia sama seperti dengan seluruh negara damai lainnya.
Saya berpikir menjalin hubungan resmi merupakan solusi win-win bagi kedua negara. Banyak sekali sektor dan area yang memiliki potensi untuk menjadi dasar kerja sama antara Israel-Indonesia demi keuntungan masyarakat kedua negara.
2. WN Australia Pulang dari Inggris Positif Mutasi Baru Corona
Pemerintah negara bagian New South Wales, Australia, berhasil mendeteksi kasus infeksi mutasi virus corona (Covid-19) dari dua orang penduduk yang baru kembali dari Inggris.
Dilansir ABC News, Selasa (22/12), Kepala Dinas Kesehatan New South Wales, dr. Kerry Chant, menyatakan dua orang penduduk yang baru kembali dari Inggris itu dinyatakan positif Covid-19. Setelah spesimen mereka diteliti lebih lanjut, ternyata virus yang menginfeksi mereka adalah jenis yang sudah bermutasi.
"Ada pasangan yang baru kembali dari Inggris yang terinfeksi virus yang bermutasi seperti yang dimaksud," kata Chant dalam jumpa pers.
Chant memastikan klaster infeksi baru di Pantai Avalon, Sydney, tidak terkait dengan virus mutasi itu.
Akan tetapi, Menteri Besar New South Wales, Gladys Berejiklian, menyatakan jenis virus yang menulari sejumlah orang di Pantai Avalon mirip dengan yang terdeteksi dari pasangan yang baru pulang dari Inggris itu.
3. Media Asing Sorot Pergantian Menkes Terawan di Kabinet Jokowi
Sejumlah media asing turut menyoroti langkah Presiden Jokowi merombak susunan kabinet, Selasa (22/12).
Pencopotan Menteri kesehatan Terawan Agus Putranto menjadi yang paling disorot. Terawan digantikan oleh Ketua Satgas Pemulihan Ekonomi Nasional Budi Gunadi Sadikin.
Media Malaysia, Malay Mail, menyebut pergantian itu terjadi di tengah seruan publik agar Terawan segera mengundurkan diri, mengingat beban kasus Covid-19 di Indonesia termasuk terbesar di Asia Tenggara.
"Menteri Kesehatan yang sedang menjabat, Terawan Agus Putranto, seorang ahli radiologi militer dan mantan dokter pribadi almarhumah Ibunda Jokowi, telah menghadapi seruan publik untuk mengundurkan diri karena beban kasus virus corona (Indonesia) yang termasuk terbesar di Asia," tulis Malay Mail.
Lebih lanjut, Malay Mail mengatakan pada awal pandemi, Terawan sempat dikritik karena menyebut doa dapat membantu melindungi orang dari terpapar Covid-19. Sementara hingga kini, Indonesia telah mencatat lebih dari 678 ribu kasus dan 20.250 kematian.
Lalu media Amerika Serikat, Bloomberg, turut menyoroti pergantian Terawan. Senada dengan Malay Mail, Bloomberg dalam artikelnya menulis pergantian Terawan terjadi di tengah derasnya kritik dari kelompok masyarakat sipil terkait penanganan pandemi.
Sumber cnnindonesia.com
Share:

UN Videos

Java Coffee Culture and Festival Peneleh 2024
Rapat Terbuka Senat dalam rangka Wisuda Sarjana ke - 56 dan Magister ke - 44
Wisuda Sarjana Ke 54 dan Magister Ke 42 Universitas Narotama

UN Cooperation

De Montfort Leicester University Alexandria University Chiang mai university Derby University
 
Essex I Coe Rel UTHM ICOGOIA University Malaysia PAHANG Universiti Utara Malaysia
 
National University Kaohsiung Taiwan Politeknik Sultan Mizan Zainal Abidin Prince Sultan University Quest Nawab Shah Pakistan Universiti Teknologi MARA
 
Universiti Kebangsaan Malaysia Universiti Malaysia Kelantan Universiti Malaysia Perlis Universiti Zainal Abidin Universiti Sains Malaysia
 
Universiti Pendidikan Sultan Idris Erasmus

 

INTAKINDO PT. Aria Jasa Konsultan Bumi Harmoni Indoguna Cakra Buana Consultan Ciria Jasa Consultant
 
Internasional Peneliti Sosial Ekonomi Teknologi PT. Jasa Raharja NOKIA INKINDO MASKA
 
Surabaya TV PT. Amythas General Consultant
 
       

 

Perkumpulan Ahli dan Dosen Republik Indonesia IT Telkom Surabaya Institut Aditama Surabaya Institut Teknologi Nasional Malang
 
Institut Teknologi 10 Nopember Surabaya Politeknik Negeri Malang Universitas Pakuan Universitas Nasional Kualita Pendidikan Indonesia
 
Universitas Wijaya Kusuma Surabaya Universitas Nurul Jadid Paiton Probolinggo Politeknik Elektronika Negeri Surabaya Politeknik Negeri Bali Sekolah Tinggi Agama Islam Salahuddin Pasuruan
 
Sekolah Tinggi Agama Islam Miftahul `Ula Nganjuk Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Al Anwar Mojokerto STIE NU Trate Gresik Sekolah Tingi Ilmu Ekonomi Widya Gama Lumajang Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Yapan Surabaya
 
STIE Pemuda STIKOSA STKIP PGRI Bangkalan STKIP PGRI Jombang STKIP PGRI Sidoarjo
 
STT Pomosda Nganjuk UINSA Universitas Mercu Buana Universitas Airlangga Universitas Darul `Ulum Jombang
 
Universitas Negeri Surabaya Universitas Brawijaya Malang Teknik Sipil Universitas Negeri Surabaya Universitas PGRI Adi Buana Surabaya UNIPDU
 
UNISLA UNISMA Universitas 45 Bekasi Universitas Dr.Soetomo UNITRI
 
Universitas 45 Surabaya Universitas Bondowoso Universitas Islam Madura Pamekasan Universitas Jember Universitas Maarif Hasyim Latif
 
Universitas Madura Universitas Merdeka Surabaya Universitas Bina Darma Universitas Wijaya Putra Universitas Padjajaran
 
Universitas Muhammadiyah Malang Universitas Muhammadiyah Papua Universitas Muhammadiyah Sidoarjo Universitas Muhammadiyah Surabaya Universitas Negeri Malang
 
Universitas Islam Raden Rahmat Universitas Widyagama Malang Universitas Pembangunan Nasional Veteran Surabaya UWIKA Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
 
UNIVERSITAS SUNAN BONANG TUBAN Universitas 17 Agustus Surabaya UNUGIRI Bojonegoro Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
 
Akademi Pariwisata Majapahit  

 

Copyright © 2022 by UN | Universitas Narotama, All Rights Reserved.