go green
Recent Issues

AS Ingin Spekulan Harga Minyak Dihukum Berat

AS Ingin Spekulan Harga Minyak Dihukum Berat

18 April 2012, 12:26:34

Presiden Barack Obama, yang popularitasnya terancam turun karena tingginya harga bahan bakar minyak di AS, mengusulkan hukuman berat bagi manipulator pasar minyak di AS. Menurut dia, ulah para manipulator itu berperan mendongkrak harga BBM.

"Kita tidak bisa membiarkan situasi di mana para spekulan sengaja memanipulasi pasar dengan memborong minyak, menciptakan kesan adanya kelangkaan, dan membuat harga jadi lebih mahal demi mendapatkan laba secara cepat," kata Obama di Gedung Putih seperti dikutip Reuters, Selasa waktu setempat.

"Kita harus memperkuat perlindungan bagi konsumen di Amerika, bukannya malah menyusahkan mereka," Obama melanjutkan. Dia resah melihat perkembangan naiknya harga BBM di AS, yang mengikuti mekanisme harga pasar.

Sejak akhir Januari 2012, harga BBM di AS naik sebesar hampir 50 sen. Kenaikan harga ini menyusul ketegangan politik di Timur Tengah, yang merupakan kawasan utama produksi dan jalur distribusi strategis minyak mentah dunia.

Kendati dalam beberapa pekan terakhir ketegangan global mereda dan harga minyak di pasaran internasional menurun, harga BBM di AS justru masih tinggi, yaitu sekitar US$3,92 per galon.

Obama ingin hukuman denda bagi perusahaan manipulator harga minyak harus diperberat, dari US$1 juta menjadi US$10 juta. Selain itu, dia ingin para manipulator harus menjalani hukuman maksimum pidana lebih berat. Usul dari pemerintah itu harus dibahas di Kongres (parlemen) untuk disahkan menjadi undang-undang.

Namun, usul itu sudah ditentang kalangan politisi Partai Republik, yang beroposisi. Mereka menganggapnya sebagai basa-basi politik, karena yang jadi biang keladi tingginya harga BBM adalah kebijakan energi pemerintahan Obama.

"Mungkin itu jadi isu populer, namun saya yakin tidak akan menurunkan harga BBM di SPBU," kata pemimpin fraksi Republik di Senat, Mitch McConnell. "Presiden sudah punya semua perangkat yang diperlukan bila dia yakin pasar minyak sedang dimanipulasi," kata politisi Republik yang jadi Ketua DPR, John Boehner.(np)


• VIVAnews

print  word  pdf

 

Narotama News & Events
Prodi Teknik Sipil Gelar Balsa Bridge Competition Tingkat Siswa SMK dan SMA se-Jawa Timur Prodi Teknik Sipil Gelar Balsa Bridge Competition Tingkat Siswa SMK dan SMA se-Jawa Timur

24 Februari 2020, 01:50:17

Program studi Teknik Sipil (Fakultas Teknik) Universitas Narotama Surabaya, Jumat (21/2/2020) gelar Balsa Bridge Competition yang diikuti 40 tim sekolah SMA dan SMK se Jawa Timur. Kompetisi Balsa Bridge ini merupakan satu diantara kegiatan dari serangkaian acara yang digelar tahunan Civil Nation 2020. Liliana Hannes, sie acara Balsa Bridge Competition Universitas Narotama Surabaya menyampaikan bahwa kompetisi Balsa Bridge memang sengaja dipilih ....Selengkapnya

print    word   pdf

Public News

Data Sensus Penduduk Online 2020 BPS Bisa Bocor
23 Februari 2020, 09:00:29

Data Sensus Penduduk Online 2020 BPS Bisa Bocor Jakarta, Pakar keamanan siber dari CISSReC Doktor Pratama Persadha menyatakan Badan Pusat Statistik (BPS) wajib menjaga keamanan data Sensus Penduduk 2020, mengingat ada potensi terjadi kebocoran data seperti di Ekuador, .....