Kominfo Siap Fasilitasi Seteru Grup Telkom dan Netflix

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menyebut siap memfasilitasi pertemuan antara grup Telkom (PT. Telkom Tbk [Persero]) dengan perusahaan layanan film streaming Netflix. Pertemuan ini terkait seteru pemblokiran streaming Netflix dari jaringan internet perusahaan yang ada di bawah Telkom seperti Telkomsel dan IndiHome.
"Kalau dirasa perlu supaya Kominfo memfasilitasi itu [pertemuan Netflix dan Telkom]. Tentu dengan senang hati tetapi basisnya B2B, secara komersial mereka sepakati," kata Menkominfo Johnny G. Plate kepada CNNIndonesia.com di Gedung Kemenkominfo, Jakarta, Kamis (9/1) malam.

Kemenkominfo pun kembali mendorong agar masalah blokir Netflix oleh Telkom segera diselesaikan. "Yang terjadi [antara Netflix dan Telkom] adalah reach an agreement [mencapai kesepakatan]. Kita mendorong itu diselesaikan dengan baik secara B2B," pungkas Johnny.
Lebih lanjut, menurutnya Netflix saat ini tengah menjajaki berbagai perusahaan ISP (Internet Service Provider) di Indonesia. Penjajakan dilakukan agar perusahaan penyedia internet itu bisa menyiarkan konten yang ada di platftorm mereka. Telkom menjadi salah satu perusahaan ISP yang tengah dijajaki.

Akibat pemblokiran Telkom terhadap Netflix, Komisi Pengawasan Persaingan Usaha (KPPU) ikut andil. Pasalnya KPPU menduga ada persaingan tidak sehat atau kecurangan yang dilakukan Telkom terhadap Netflix.
Sebab, saat ini berbagai anak usaha Telkom bekerja sama dengan berbagai layanan streaming lain. Misalnya Telkomsel dengan Hooq dan IndiHome dengan iFlix. Tapi pengguna layanan internet grup Telkom tak bisa melakukan streaming layanan Netflix.

Sebelumnya, Head of Communications Netflix Asia Tenggara Leigh Wong mengatakan pihaknya terus melakukan pembicaraan dengan Telkom untuk mencapai kesepakatan.
Sementara itu, GM External Corporate Communications Telkomsel Aldin Hasyim mengatakan hingga saat ini layanan Netflix masih belum tersedia di jaringan Telkom Group. Meski begitu, Aldin menyebut Telkomsel dan Telkom Group terbuka untuk melakukan kerjasama dengan berbagai platform video streaming.




Sumber: CnnIndonesia