Liberal Menang Pemilu Kanada, Trudeau Akan Kembali Jadi PM

Justin Trudeau akan kembali menjadi perdana menteri setelah Partai Liberal memenangkan pemilu parlemen Kanada.

Partai Liberal meraih 156 kursi dari 338 yang diperebutkan. Sementara rival utama, Andrew Scheer dari Konservatif hanya mendapatkan 121 kursi.
Meski demikian, Liberal gagal memperoleh suara mayoritas yakni 170 kursi. Dikutip AFP, Trudeau punya waktu hingga Selasa untuk membentuk koalisi dengan beberapa partai guna membentuk pemerintahan.
"Malam ini warga Kanada menolak perpecahan dan hal negatif. Mereka memilih agenda progresif dan tindakan tegas terhadap perubahan iklim," kata Trudeau pada Selasa pagi dikutip dari Associated Press.

Mantan guru berusia 47 tahun ini mendominasi politik Kanada selama empat tahun terakhir. Namun, kampanye 40 hari Trudeau dianggap sebagai salah satu yang terburuk dalam sejarah Kanada.
Citra anak emas yang disandang Trudeau dirusak oleh dugaan penyimpangan etika dalam penanganan skandal suap perusahaan SNC-Lavalin.

Publik Kanada juga dibuat heboh setelah beredar foto Trudeau berdandan dengan tata rias yang dianggap rasial saat menghadiri satu pesta 18 tahun lalu.
Tak tanggung-tanggung, tiga foto rasial tersebar hanya dalam waktu 24 jam dan langsung menjadi sorotan jelang pemilihan umum PM Kanada. Trudeau sendiri langsung minta maaf.

Di tengah situasi sulit itu, dia mendapat dukungan dari Barack Obama. Mantan Presiden Amerika Serikat itu menyatakan mendukung Trudeau.
Obama mengutarakan kebanggaannya ketika bekerja bersama Trudeau. Di mata Obama, Trudeau merupakan sosok pekerja keras dan efektif, yang kerap menangani isu-isu besar seperti perubahan iklim.
"Dunia membutuhkan kepemimpinan progresifnya dan saya harap tetangga kami di [Amerika] utara mendukung untuk periode selanjutnya," tulis Obama dalam akun Twitter.





Sumber: CnnIndonesia