Apple Sindir Google Soal Proyek Smart City di Kanada

Apple Inc secara terang-terangan menyindir proyek Smart City yang tengah digarap Google di Toronto, Kanada melalui sebuah papan reklame. Papan reklame ini didirikan di sebelah tempat pengembangan proyek Google Sidewalk Labs.

Akun Twitter @GraphicMatt mengabadikan papan reklame Apple itu yang bertuliskan, "Kami berada di luar bisnismu. Privasi. Itulah iPhone."

Dilansir Forbes, proyek yang menggelontorkan dana sebesar US$900 juta atau setara dengan Rp112 triliun ini memicu sejumlah kontroversi. Sebab, Google disebut bakal menyimpan data masyarakat yang akan tinggal di Sidewalk Labs menggunakan kamera IoT (Internet of Things).
Meskipun Google menjamin kepercayaan independen untuk mengatur pengumpulan dan penggunaan data tidak akan dijual tanpa persetujuan. Namun, sejumlah pakar menilai usaha itu tidak cukup sebab kepercayaan terhadap perusahaan teknologi terkait privasi data tengah menurun.
"Apapun yang ditawarkan Google, ini [proyek Sidewalk Labs] adalah visi distopia [terkesan menakutkan] yang tidak memiliki tempat dalam masyarakat yang demokratis," kata Kapitalis Ventura Amerika Roger McNamee.

Dilansir CNET, proyek kota pintar Sidewalk Labs milik Alphabet Inc pertama kali diumumkan pada 2015 lalu. Pengembangan utama proyek ini akan berada di dua area yaitu Quayside (sisi kunci) dan Villiers West.
Selain itu, Google disebut bakal diperluas di sekitar dua area tersebut di tepi perairan kota Toronto yang disebut Sidewalk sebagai Distrik IDEA.
Di satu sisi Ketua Dewan Waterfront Toronto Stephen Diamond mengkritik beberapa aspek dari rencana kota pintar Google. Diamond mengatakan "terlalu dini" bagi Sidewalk untuk membuat proposal terkait tempat masa depan di luar Quayside.






Sumber: CnnIndonesia