PBB Tak Bertaji Hadapi Israel

JOHANNESBURG - Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dianggap tidak bertaji terhadap Israel, khusus mengenai konflik antara Palestina dengan Israel.

Hal ini menjadi pemaparan yang diutarakan oleh Presiden Afrika Selatan (Afsel) dalam Sidang Majelis Umum PBB. Zuma mengarahkan kritikan langsung tersebut, setelah melihat ketidakberdayaan PBB, khususnya Dewan Keamanan PBB (DK PBB).

"Masalah utama tertuju kepada ketidakberdayaan dari PBB, terutama DK PBB terhadap konflik terbaru saat ini," ujar Zuma, seperti dikutip News 24, Minggu (27/9/2014).

"Ketika PBB melakukan pekerjaan luar biasa dengan mendukung penentuan nasib sendiri serta akan merayakan hari jadi ke 70 tahun, Palestina sangat mendambakan kehadiran lembaga ini," sindirnya.

Zuma mengingatkan, PBB memiliki otoritas moral untuk mempersatukan dunia, mempromosikan perdamaian, keadilan dan hak untuk menentukan nasib sendiri.

"Lembaga ini harus memegang peran tanpa rasa takut dan menjadi lentara bagi mereka yang ditekan. Kami menolak adanya solusi militer dalam konflik Palestina-Israel," lanjutnya. (faj)