Sebelum Penyerangan di Westgate, 4 Menteri Kenya Sempat Diperingatkan

Ade Hapsari Lestarini - Okezone
Penyerangan di mal Westgate pada 21 September 2013. (Foto: AP)

KENYA - Pemerintah Kenya menerima peringatan adanya kemungkinan penyerangan serangan sebelum pasukan militan bersenjata Al-Shabab menyerbu pusat perbelanjaan Westgate.

Menurut laporan media di Kenya, bocoran dari badan intelijen merinci adanya rencana untuk menyerang Nairobi dan Mombasa. Empat menteri di kabinet dan kepala pasukan pertahanan Kenya dikatakan telah diberitahu terkait hal ini.

Dilaporkan BBC News, Senin (30/9/2013), menurut laporan dari suratkabar nasional di Kenya, peringatan pertama kali dibuat pada Januari dan akan ada lagi pada awal September.

Adapun laporan yang diberikan kepada menteri "menginformasikan mereka tentang meningkatkan ancaman terorisme dan rencana untuk memulai serangan simultan di Nairobi dan Mombasa sekira 13 dan 20 September 2013," demikian dikutip dari suratkabar nasional yang melaporkan kontra-terorisme di Kenya.

Sekadar informasi, setidaknya 67 orang tewas setelah Al-Shabab menyerbu mal Westgate di Nairobi pada 21 September 2013.

Dilaporkan suratkabar Standard, Kenya, sebuah dokumen dari Badan Intelijen Nasional Kenya setebal lebih dari 8.000 halaman, Israel mengeluarkan peringatan bahwa bangunan yang dimiliki oleh warganya bisa diserang antara 4 dan 28 September. Westgate diketahui sebagian milik Israel. (ade)