Prodi Teknik Sipil Gelar Balsa Bridge Competition Tingkat Siswa SMK dan SMA se-Jawa Timur

Program studi Teknik Sipil (Fakultas Teknik) Universitas Narotama Surabaya, Jumat (21/2/2020) gelar Balsa Bridge Competition yang diikuti 40 tim sekolah SMA dan SMK se Jawa Timur. Kompetisi Balsa Bridge ini merupakan satu diantara kegiatan dari serangkaian acara yang digelar tahunan Civil Nation 2020.
Liliana Hannes, sie acara Balsa Bridge Competition Universitas Narotama Surabaya menyampaikan bahwa kompetisi Balsa Bridge memang sengaja dipilih dalam acara kali ini, karena saat ini juga digemari pelajar di tingkat SMA dan SMK.
"Teknik Sipil Universitas Narotama memang fokus pada jembatan dari kayu Balsa karena kayu Balsa dipakai dalam perencanaan jalan dan jembatan di dunia industri. Sehingga kami dilatih agar terbiasa menggunakan kayu Balsa sebelum masuk dunia kerja dan berusaha membiasakan itu juga pada siswa SMA dan SMK," terang Liliana.
Dengan kompetisi Balsa Bridge tingkat SMA dan SMK, di Civil Nation 2020, ditegaskan Liliana pihaknya berharap kompetisi ini bisa memperkuat daya saing bangsa khususnya di kalangan generasi muda yang sudah dibiasakan dengan kondisi di dunia kerja yang sesungguhnya.
"Dengan tema Break the Limit, Build the Future, kami berharap kompetisi ini bisa membuat adik-adik SMA dan SMK mengerahkan kemampuan mereka dalam membuat jembatan dari kayu balsa yang terbaik, dan nantinya bisa mengaplikasikan pengalaman ini di dunia kerja," pungkas Liliana, mahasiswi semester 6 Teknik Sipil Universitas Narotama Surabaya.
Civil Nation 2020, ditambahkan Liliana, nantinya dijadwalkan akan berlanjut dengan Seminar Nasional dan Balsa Bridge Competition tingkat universitas. [humas,NU]

Foto: Salah satu tim peserta sedang menjalani uji ketahanan jembatan dengan beban material dari batu (koral) dalam kompetisi Balsa Bridge Competition 2020 di Conference Hall Universitas Narotama, Jumat (21/2/2020).