Diklat Guru PAUD Tentang RPPH Satu Halaman

Ikatan Guru Indonesia (IGI) Kota Surabaya bekerjasama Program Studi PG PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) – FKIP Universitas Narotama menyelenggarakan kegiatan “Pendidikan dan Latihan (Diklat) Guru PAUD Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH) Satu Halaman” pada hari Sabtu (15/2/2020) di Conference Hall Universitas Narotama.
Narasumber terdiri atas Novfitri Kurniawati, ST, M.Pd (Praktisi, Guru/Dosen PAUD) dan Bagus Sumantri, S.Si (Guru PAUD, Sekretaris IGI Kota Surabaya, Perancang Creative Lessonplan PSUD), dengan pendamping Sri Mu`afah, M.Pd, Atris Umi Sholiva, M.Pd, dan Esa Maschurroh, S.Pd.
Materi diklat meliputi perancangan rencana pelaksanaan pembelajaran harian (RPPH) satu halaman, penilaian perkembangan online (kognitif, psikomotorik, afektif), pengisian penilaian anekdot online, dan pengolahan data perkembangan (harian, mingguan, bulanan, semester).
Kemendikbud menyederhanakan penyusunan RPPH dengan memangkas beberapa komponen. Dalam kebijakan baru tersebut, guru secara bebas dapat memilih, membuat, menggunakan, dan mengembangkan format RPPH. Tiga komponen inti RPPH terdiri dari tujuan pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan asesmen. Penulisan RPPH dilakukan dengan efisien dan efektif sehingga guru memiliki lebih banyak waktu untuk mempersiapkan dan mengevaluasi proses pembelajaran itu sendiri. [UN]

Foto: Kegiatan Diklat Guru PAUD Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH) Satu Halaman” pada hari Sabtu (15/2/2020) di Conference Hall Universitas Narotama.