UKM Narotama Video dan Fotografi Pamerkan MentasQuy Vol.2 “Iling-Iling”

Atrium BG Junction, Sabtu (8/2) lalu tampak dipenuhi foto-foto yang digantung pada rak kayu. Foto-foto tersebut merupakan karya 29 mahasiswa yang tergabung dalam Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Narotama Video dan Fotografi (Narvifo) yang dipamerkan dalam acara Menembus Batas Kreativitas Vol 2.
Ketika diperhatikan, foto-foto yang ditampilkan dalam acara Menembus Batas Kreativitas Vol 2 tersebut mengerucut dalam satu tema. Yakni, tentang kehidupan masa kecil. Anak usia sekolah menjadi objek utama pada mayoritas foto. Misalnya, anak kecil yang mengunjungi kebun binatang dan yang membeli jajanan.
Ada pula beberapa foto dengan objek permainan masa kecil. Misalnya, mobil-mobilan, permainan monopoli, dan kelereng. ”Kami berusaha merefleksikan kembali masa kecil kami,” tutur Ketua Penyelenggara Herlambang Nurwachid.
Dia juga menjelaskan makna pameran yang bertajuk Iling-Iling itu. Bagi mereka, masa kecil adalah masa yang penuh makna dan kasih sayang. Mulai pembelajaran awal kehidupan hingga masa-masa yang dipenuhi aktivitas bermain saat belum dipengaruhi banyak kecanggihan teknologi. ”Mayoritas dari kami belum mengenal gadget waktu kecil. Jadi, kesannya memang itu masa paling indah,” tutur mahasiswa Sistem Informasi Universitas Narotama tersebut.
Mereka menganggap masa-masa penuh kesan itu tidak boleh terlupakan. Itulah mengapa mereka mengambil judul ”Iling-Iling” yang diambil dari bahasa Jawa. Yang berarti, mengingatingat. Mereka juga berharap pengunjung bisa merefleksikan makna masa kecil mereka dari foto-foto itu.
Sebanyak 29 jepretan dari 29 mahasiswa yang tergabung dalam UKM Narvifo dipamerkan hingga Sabtu, (9/2). Foto-foto itu diambil dengan menggunakan kamera DSLR dan mirrorless. Pameran tersebut menjadi sarana para anggota UKM Narvifo untuk unjuk karya. ”Mayoritas merupakan anggota baru. Itu juga bertujuan memotivasi mereka untuk berkarya lebih baik,” imbuhnya. [Kmh_https://www.pressreader.com/indonesia/jawa-pos/20200209/282784948471062]

Foto : istimewa/metropolis-JP