Audit Mutu Internal Berbasis SPMI TA 2018-2019

Badan Penjaminan Mutu (BPM) Universitas Narotama (UNNAR) melakukan Audit Mutu Internal (AMI) Berbasis SPMI (Sistem Penjaminan Mutu Internal) selama dua hari, 4-5 Nopember 2019. Opening Meeting AMI digelar pada Senin (4/11) pukul 08.00 WIB di Ruang Rapat Gedung D yang dipimpin oleh Lead Auditor AMI I Gede Arimbawa, SE, MM. Opening dihadiri oleh Rektor Dr. Arasy Alimudin, SE, MM, para auditor dan auditee. AMI Berbasis SPMI kali ini melibatkan 25 auditor yang melakukan audit terkait dengan PDCA (plan, do, check, action) terhadap 24 unit kerja di lingkungan UNNAR.
Lead Auditor AMI I Gede Arimbawa, SE, MM mengatakan, kegiatan AMI untuk penguatan mutu akdemik berbasis borang akreditasi dan SNPT serta penguatan sumberdaya, manajemen, dan kerjasama untuk peningkatan daya saing global. Juga untuk menciptakan kesinambungan visi, misi, tujuan dan sasaran UNNAR dengan penilaian sasaran mutu masing-masing unit kerja (fakultas) dengan melalui AMI Tahun Akademik 2018-2019.
“Hasil AMI digunakan sebagai bahan penyusunan kebijakan yang terkait dengan tujuan strategi UNNAR 2016-2020,” kata Gede Arimbawa.
Unit-unit kerja tersebut adalah Rektor, Badan Penjaminan Mutu, Departemen STI, Fakultas Ekonomi & Bisnis, Fakultas Hukum, Fakultas Teknik, Fakultas Ilmu Komputer, FKIP, Bag.Keuangan, LPPM, Pengabdian Kepada Masyarakat, Badan Admisi & Registrasi, Sekretariat, Marketing, Sumber Daya Manusia, Kemahasiswaan, Operasional Kampus, Perpustakaan, Humas, Narotama Language Centre, Narotama Career Centre, Narotama University Press, IRO, dan Bag.Umum.
Saat Closing meeting AMI pada Selasa (5/11), banyak temuan terungkap selama proses AMI. Para auditor menyampaikan berbagai temuan di seluruh unit kerja baik akademik maupun non-akademik kepada auditee dan Top Manajemen. Beberapa temuan yang bersifat Non Confirmity Report (NCR) telah diselesaikan (closing) oleh auditee, ada temuan yang masih `pending` dan mendapatkan target waktu penyelesaian. Auditor adalah para dosen dan pejabat struktural UNNAR yang telah mengikuti pelatihan dan bersertifikasi auditor. [nar]

Foto: Auditor sedang melakukan proses audit data terhadap salah satu unit kerja (auditee) yang ada di lingkungan UNNAR.