5 Mahasiswa FIK UNNAR Sebagai Instruktur Workshop IoT Fundamental

Lima mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer (FIK) Universitas Narotama (UNNAR) bertindak sebagai instruktur workshop Internet of Things (IoT) Fundamental yang dilakukan di BOSCH Innovation Center, Jalan Diponegoro, Surabaya, pada 11 dan 12 September 2019. Workshop yang diselenggarakan atas kerjasama FIK UNNAR dan SMKN 7 Surabaya ini dibuka oleh Kaprodi Sistem Komputer, Slamet Winardi, ST, MT. Kelima mahasiswa tersebut adalah Muhamad Nur Arifin, Muhamad Irfan Fanani, Aprilian Lisa Maryanto, Muhammad Husnul Hakim, dan Muhammad Rivky Fadillah.
Mereka telah mendapatkan pembekalan materi serupa. Workshop ini sekaligus menerapkan service learning, yaitu pola pembelajaran mahasiswa dengan melayani masyarakat melalui transfer of knowledge. Pola ini membentuk mahasiswa sebagai instruktur harus belajar mempersiapkan diri tampil di depan peserta, membawakan materi dan menjawab berbagai pertanyaan yang muncul dari peserta. Pembelajaran dengan pola ini akan meningkatkan pemahaman dan daya serap kepada mahasiswa. Sedangkan bagi peserta akan mendapatkan pengalaman belajar secara peer group dengan rekan yang hampir sebaya.
Slamet Winardi mengatakan, di era Industri 4.0 merupakan era integrasi setiap peralatan, aktivitas, dan infrastruktur untuk saling berkomunikasi saling sharing data lewat jaringan internet. Pelatihan IoT Fundamental ini akan memberikan sedikit pengetahuan tentang integrasi dan kolekting data. Materi yang akan diberikan pada pelatihan ini bagaimana cara memantau suhu dan kelembaban melalui jaringan internet sehingga dapat dipantau dimanapun, serta menghidup matikan lampu dari jarak jauh.
“Peralatan yang digunakan adalah kontroler IoT tipe wemos eap8266 yang murah dan terjangkau oleh kantong siswa maupun mahasiswa,” kata Slamet Winardi. [ryo]

Foto: Lima orang mahasiswa FIK UNNAR bertindak sebagai instruktur materi Internet of Things (IoT) yang berlangsung di PT. Bosch, pada 11-12 September 2019.