go green
Recent Issues

Tapir Liar Nyasar Masuk ke Kolam Warga di Pekanbaru

Tapir Liar Nyasar Masuk ke Kolam Warga di Pekanbaru

23 April 2021, 09:00:01

Jakarta -- Warga perumahan Cendrawasih di Jalan Surya Garuda Sakti Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, dihebohkan dengan kemunculan seekor tapir liar di kolam ikan.

"Saya dengar suara keras sekali. Byuuur, seperti suara orang tercebur kolam, saya sangka ada anak yang jatuh ke kolam saya," kata Julaiha, pemilik kolam tempat tapir tersesat, seperti dikutip Antara, Rabu (21/4).

Kejadian tersebut terjadi Selasa (20/4). Tapir tercebur di sebuah kolam ikan kosong di belakang rumah Julaiha.

"Saya lihat ketika kepalanya muncul dari air langsung saya takut. Saya naik ke atas loteng saya lihat lagi, ternyata tapir," ujarnya.

Ia mengatakan belum pernah melihat tapir seperti itu di sekitar rumahnya. Lokasi kolam ikan miliknya berbatasan dengan lahan sawit, tapi jauh dari hutan.

Julaiha kemudian menghubungi ketua RW setempat yang meneruskan ke aparat lainnya. Saat ini petugas Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau sudah berada di lokasi tersebut.

Selang beberapa jam, tapir liar itu berhasil dievakuasi oleh petugas Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau,

Kepala BBKSDA Riau Suharyono mengatakan, saat dievakuasi, kondisi tapir dalam keadaan stres dan terluka di bagian kaki.

"Ini baru bisa dimasukkan ke kandang Kebun Binatang Kasang Kulim," katanya.

Kata dia, satwa dilindungi tersebut enam jam terjebak di kolam ikan milik warga di Perumahan Cenderawasih Jalan Surya Garuda Sakti, Pekanbaru.

Suharyono mengatakan untuk sementara tapir tersebut dititipkan ke Kasang Kulim untuk diobservasi dan pengobatan luka.

Ia mengatakan belum bisa memastikan jenis kelamin tapir dewasa tersebut.

"Tim belum sempat memastikan jeni kelaminnya karena tapir masih stres. Tapi perkiraan saya ini kelaminnya betina," ujarnya.

Ia juga mengatakan belum bisa memastikan dari mana asal tapir liar itu.

"Kawasan hutan yang terdekat itu Tahura Sultan Syarif Hasim," katanya.

Sumber cnnindonesia.com

print  word  pdf

 

Narotama News & Events
BEM FKIP Universitas Narotama Berbagi Alat Permainan Edukatif untuk Tiga Panti Asuhan BEM FKIP Universitas Narotama Berbagi Alat Permainan Edukatif untuk Tiga Panti Asuhan

11 Mei 2021, 09:29:51

Pada bulan Ramadhan 1442 Hijriyah ini, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Narotama (UN) Surabaya mengadakan kegiatan yang bernama “Donate & Share”, yakni mengumpulkan donasi berupa uang. Setelah uang terkumpul, kemudian uang tersebut digunakan untuk membeli APE (alat permainan edukatif) yang akan dibagikan ke beberapa tempat. Progam tersebut dilakukan dengan tujuan untuk membantu anak-anak agar dapat ....Selengkapnya

print    word   pdf

Public News