go green
Recent Issues

Pemerintah Brasil Efikasi Vaksin Sinovac 78 Persen

Pemerintah Brasil Efikasi Vaksin Sinovac 78 Persen

12 Januari 2021, 09:00:00

Jakarta -- Brasil mengumumkan vaksin corona buatan Sinovac Biotech efektif 78 persen dalam uji coba tahap akhir, Jumat (8/1).

Pemerintah Brasil mengatakan dengan hasil itu, mereka akan meminta regulator kesehatan negara, Anvisa, menyetujui penggunaan vaksin tersebut untuk tujuan darurat.

"Ini Adalah hari bersejarah, hari penuh harapan," kata Gubernur Sao Paolo, Joao Doria, dalam jumpa pers saat mengumumkan hasil riset tersebut seperti dikutip AFP.

Institute Butantan, Pusat Kesehatan Publik Sao Paolo, mengatakan akan mengajukan otorisasi vaksin ke Anvisa pada Jumat pekan ini.

Uji coba Sinovac juga dilakukan di Turki, Indonesia, dan China.

Hasil uji klinis di Brasil ini di bawah nilai efikasi hasil uji klinis yang pernah diumumkan ilmuwan di Turki, yaitu 91 persen. Namun, hasil efikasi di Turki tersebut hanya didapatkan dari 752 relawan, sementara di Brasil didasarkan pada 12.476 relawan.

Selain itu, tingkat kerincian data yang diberikan pemerintah Brasil juga tidak seperti ketika Pfizer, Moderna, atau AstraZeneca mengumumkan hasil efikasi.

Efikasi Sinovac ini juga berada di bawah Pfizer yang memiliki efikasi 90 persen, atau Moderna 95 persen, atau AstraZeneca yang berada di kisaran 60-90persen.

Meski demikian, nilai efikasi 78 persen ini masih berada di atas batas yang ditetapkan Badan Kesehatan Dunia (WHO) untuk kondisi penanganan pandemi yaitu di kisaran 50-60 persen.

Vaksin Sinovac juga lebih mudah didistribusikan karena cukup disimpan di suhu kulkas pada umumnya, sehingga menjadi incaran negara-negara tropis dengan sistem logistik yang tertinggal dari Amerika Serikat atau negara Eropa.

Pemerintah Brasil sendiri rencananya akan memesan 100 juta dosis vaksin Sinovac. Angka ini dua kali lipat dari angka pemesanan sebelumnya yang sempat diumumkan sebanyak 46 juta dosis.

Sumber cnnindonesia.com

print  word  pdf

 

Narotama News & Events
5th Management And Business Worldconference On Economic 5th Management And Business Worldconference On Economic

24 Februari 2021, 15:34:39

Lebih dari 260 partisipan dan presenter mengikuti “5th Management And Business Worldconference: International Conference On Economic, Management, Digital Business, Digital Entrepreneurship, Social Business, Social Entrepreneur, Islamic Business, Islamic Entrepreneur And Sustainability” yang diselenggarakan oleh Universitas Narotama (UN) Surabaya secara daring melalui zoom dan live Youtube pada 19-20 Februari 2021. Konferensi ini melibatkan 21 pembicara dari 9 (Sembilan) Negara yakni Indonesia, ....Selengkapnya

print    word   pdf

Public News

Bitcoin Seharga Rumah, Bappebti Kasih Lampu Kuning
25 Februari 2021, 09:00:01

Bitcoin Seharga Rumah, Bappebti Kasih Lampu Kuning Jakarta -- Badan Pengawasan Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) mengingatkan masyarakat untuk berhati-hati dalam berinvestasi di instrumen aset kripto, bitcoin, meski menggiurkan karena harganya yang melonjak akhir-akhir ini. Kepala Biro Pembinaan dan .....