go green
Recent Issues

Gunung Merbabu Kebakaran, Para Pendaki Dievakuasi

Gunung Merbabu Kebakaran, Para Pendaki Dievakuasi

14 September 2019, 09:00:03

Jakarta -- Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyebut petugas gabungan masih melakukan upaya memadamkan kebakaran di Gunung Merbabu. Aparat juga memastikan para pendaki sudah dievakuasi dari kawasan terdampak kebakaran.

"100 personel dari tim gabungan terus melakukan upaya pemadaman di gunung dengan ketinggian 3.145 mdpl tersebut. Aparat setempat memastikan kawasan terdampak sudah steril dari pendaki," ujar Plt Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Agus Wibowo dalam keterangan tertulis, Jumat (13/9).

Agus menambahkan, saat ini lima jalur pendakian Gunung Merbabu yang berada di antara Kabupaten Magelang dan Boyolali, Jawa Tengah itu, ditutup sementara sejak Kamis (12/9) akibat kebakaran tersebut.

"Lima jalur pendakian gunung yang terletak di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah itu, yakni jalur yang melalui wilayah Wekas, Getasan, Salatiga, Magelang dan Boyolali," kata dia.

BPBD setempat mencatat lokasi kebakaran berada di wilayah hutan Gunung Merbabu, tepatnya di Dusun Malang, Desa Wonolelo, Kecamatan Sawangan, Magelang. Penyebab terjadinya kebakaran masih dalam tahap investigasi hingga kini.

Berdasarkan pantauan lapangan, Kamis (12/9), api kebakaran makin membesar sekitar pukul 22.25 WIB. Api merambat ke arah puncak gunung dan terpantau dari Dusun Batur, Desa Wonolelo, Kecamatan Sawangan.

Kebakaran gunung berjenis strato tersebut masih berlangsung hingga dini hari tadi sekitar pukul 00.15 WIB dan masih terpantau sampai pukul 05.45 WIB dari Desa Banyuroto, Magelang. Kepulan asap juga masih terpantau dari Dusun Malang, masih di Desa Wonolelo.

Selanjutnya BPBD Kabupaten Magelang masih menunggu keputusan dari pihak Taman Nasional Gunung Merbabu terkait penggunaan helikopter untuk pengeboman air. Upaya tersebut dibutuhkan mengingat kebakaran hutan meluas sangat cepat akibat hembusan angin yang sangat kencang.

Sumber : cnnindonesia.com

print  word  pdf

 

Narotama News & Events
Fasilkom UNNAR Menjadi Co-host Webinar Nasional Advancing Science in Indonesia Fasilkom UNNAR Menjadi Co-host Webinar Nasional Advancing Science in Indonesia

23 Oktober 2019, 06:30:03

Fakultas Ilmu Komputer (Fasilkom) Universitas Narotama (UNNAR) bersama dengan Center for Open Science (COS) dan Jaringan Sains Terbuka Indonesia menjadi Co-host webinar bertajuk Advancing Science in Indonesia: Current Global Research Practices. Kegiatan tersebut berlangsung pada hari Senin, 21 Oktober 2019 di Ruang Rapat Gedung D UNNAR, yang dilaksanakan secara paralel di 38 lokasi penyiaran lainnya. Kegiatan tersebut diselenggarakan dalam rangka ....Selengkapnya

print    word   pdf

Public News

Densus 88 Tangkap Terduga Teroris di Lampung Terkait Abu Rara
23 Oktober 2019, 09:00:04

Densus 88 Tangkap Terduga Teroris di Lampung Terkait Abu Rara Jakarta -- Detasemen Khusus 88/Antiteror Polri kembali menangkap seorang terduga teroris di Lampung. Terduga teroris yang ditangkap berinisial AH (27) merupakan bagian dari kelompok Jamaah Ansharut Daulah (JAD) Lampung. "Kembali satu .....

PP PSTE Telah Disahkan
23 Oktober 2019, 09:00:00

PP PSTE Telah Disahkan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) telah mengesahkan Revisi Peraturan Pemerintah Nomor 82 Tahun 2012 tentang Penyelenggaraan Sistem dan Transaksi Elektronik (PPPSTE).PP PSTE telah diperbarui menjadi Peraturan Pemerintah Nomor 71 Tahun .....