go green
Recent Issues

Aplikasi HRIS, Solusi Produktivitas Karyawan Kala Pandemi

Aplikasi HRIS, Solusi Produktivitas Karyawan Kala Pandemi

11 Juni 2021, 09:00:00

Jakarta -- Meningkatnya kasus positif Covid-19 di daerah perkantoran tentunya akan membuat karyawan menjadi lebih paranoid yang berimbas pada turunnya produktivitas.

Namun, jika hal ini dibiarkan terus terjadi, maka perusahaan akan merugi dan mungkin membuat human resources development alias HRD kewalahan mencari cara untuk mempertahankan produktivitas karyawan.

Untuk menghindari penurunan produktivitas, perusahaan dapat menggunakan HRIS untuk membantu mengelola performa karyawan dengan lebih baik. GreatDay HR adalah salah satu HRIS yang dapat menjadi solusi.

HRIS atau Human Resource Information System adalah sebuah software yang dapat membantu perusahaan mengatur semua aktivitas SDM dengan satu aplikasi yang terpadu.

GreatDay HR, yang merupakan pelopor aplikasi HR pada smartphone dan telah mengembangkan bidang HR serta menyelesaikan masalah-masalahnya, memiliki berbagai fitur yang dapat meningkatkan produktivitas karyawan.

Absen Online
Karyawan wajib merekam kehadiran sebelum mereka dapat mulai bekerja. Hal ini adalah hal yang absolut. Namun, jika perusahaan masih bergantung pada mesin fingerprint atau sistem absensi manual lainnya, maka karyawan dapat merasa kesulitan.

Hal tersebut disebabkan oleh besarnya peluang tertular COVID-19 karena menyentuh mesin fingerprint secara langsung dan kapasitas kantor yang dibatasi, yang artinya sebagian karyawan tidak dapat mengakses absensi manual.

GreatDay HR memungkinkan karyawan melakukan absensi secara online dengan menggunakan kamera depan smartphone masing-masing. Karyawan cukup mengambil swafoto atau selfie dan wajah mereka akan dipindai dengan teknologi pemindai wajah.

Aplikasi GreatDay HR juga dilengkapi dengan penanda lokasi yang disebut dengan Geo Tagging dan akan mencantumkan lokasi aktual secara otomatis setiap kali karyawan merekam kehadiran.

Pengelolaan Kinerja Karyawan
Selain absensi online, salah satu fitur utama yang ditawarkan oleh GreatDay HR untuk meningkatkan produktivitas karyawan di tengah bulan puasa yang dilanda pandemi COVID-19 ini adalah fitur pengelolaan kinerja.

Penggunaan fitur ini membantu perusahaan memonitor performa karyawan dan perkembangannya terhadap pemenuhan target atau Ke KPI yang telah ditetapkan oleh perusahaan.

Fitur ini dapat diakses kapanpun dibutuhkan oleh perusahaan dan dapat digunakan untuk memberikan tugas serta feedback dari tugas tersebut.

Selain memberikan tugas, perusahaan juga dapat mendelegasikan tugas kepada karyawan lain, dan semua fungsi ini dapat memberikan kendali lebih bagi perusahaan dalam mengelola kinerja karyawan.

Rekaman Aktivitas
Perusahaan yang membutuhkan bukti fisik mengenai pekerjaan yang dilakukan oleh karyawan dapat menggunakan fitur rekaman aktivitas dari GreatDay HR.

Karyawan dapat mengambil foto dari tugas yang mereka lakukan pada lokasi yang ditentukan, memberikan deskripsi mengenai tugas tersebut dan hasilnya dan mengunggahnya ke dalam fitur ini, lengkap dengan data lokasi.

Kombinasi foto, lokasi, dan penjelasan mengenai pekerjaan yang dilaksanakan memastikan bahwa perusahaan mendapatkan informasi terlengkap mengenai pekerjaan karyawan.

Media Sosial Internal
Karyawan yang memiliki keterlibatan tinggi akan menjadi lebih produktif hingga 45 persen daripada karyawan yang hanya puas dalam pekerjaannya.

Jika seorang karyawan merasa memiliki hubungan pribadi dengan perusahaan, maka produktivitas mereka dapat meningkat hingga 55 persen. Itulah mengapa GreatDay HR mengembangkan fitur media sosial internal.

Fungsi chat pada fitur media sosial internal dapat mempermudah komunikasi antar karyawan dan juga antara karyawan dengan perusahaan. Selain itu, karyawan juga dapat mengunggah prestasi yang telah dicapai ke dalam feed yang dapat dilihat oleh semua anggota perusahaan.

Fungsi-fungsi tersebut serta banyak fungsi lain dalam fitur media sosial internal dapat meningkatkan keterlibatan karyawan sehingga meningkatkan kemungkinan bagi mereka untuk memiliki koneksi personal dengan perusahaan.

Penggajian Otomatis
Salah satu hal yang menjadi perhatian utama dan membuat karyawan semangat kerja saat bulan puasa adalah kemungkinan mendapat THR. Tetapi, kesalahan-kesalahan pada perhitungan THR secara manual kerap terjadi, dan ini, bersamaan dengan pengiriman THR yang terlambat, dapat menurunkan produktivitas karyawan.

GreatDay HR dapat memastikan perhitungan THR, gaji pokok, dan berbagai tunjangan lainnya dilakukan secara akurat dan dikirim tepat waktu.

Selain itu, penggajian dengan GreatDay HR juga akan otomatis memotong gaji yang dikirim kepada karyawan dengan PPh 21, BPJS, dan peraturan-peraturan lain dari pemerintah yang akan di update secara otomatis.

Fitur-fitur di atas baru segelintir dari banyak fitur bermanfaat yang ditawarkan oleh GreatDay HR. Pengaturan jadwal yang fleksibel, pencairan klaim yang cepat, hingga permintaan lembur dan cuti yang tidak rumit, dapat dilakukan dengan aplikasi GreatDay HR.

Sumber : cnnindonesia.com

print  word  pdf

 

Narotama News & Events
Rapat Penyusunan Kurikulum dan Implementasi Merdeka Belajar – Kampus Merdeka Rapat Penyusunan Kurikulum dan Implementasi Merdeka Belajar – Kampus Merdeka

08 Juni 2021, 13:51:46

Sejak Rabu (2/6/2021), suasana Ruang Rapat Gedung D Universitas Narotama (UN) Surabaya selalu terlihat banyak orang beraktivitas. Mereka secara marathon sedang menyusun Kurikulum dan Implementasi Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM) untuk semua program studi (prodi) yang ada di lingkungan Universitas Narotama. Kegiatan yang dipimpin oleh Rektor Dr. Ir. H. Sri Wiwoho Mudjanarko, ST, MT, IPM ini melibatkan berbagai unit ....Selengkapnya

print    word   pdf

Public News

Nestapa Penyidik KPK, Tak Lolos TWK Kini Disidang Etik Dewas
14 Juni 2021, 09:00:00

Nestapa Penyidik KPK, Tak Lolos TWK Kini Disidang Etik Dewas Jakarta -- Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang menangani kasus dugaan korupsi bantuan sosial (bansos) Covid-19, M. Praswad Nugraha berhadapan dengan Dewan Pengawas (Dewas) KPK terkait laporan dugaan pelanggaran etik. Praswad .....

Kominfo Jelaskan Nasib TV Lokal Saat Pindah ke Siaran Digital
14 Juni 2021, 09:00:00

Kominfo Jelaskan Nasib TV Lokal Saat Pindah ke Siaran Digital Jakarta -- Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menjelaskan soal nasib stasiun televisi lokal saat pemerintah sepenuhnya mengalihkan seluruh siaran analog menjadi siaran digital atau Analog Switch Off (ASO). Juru bicara Kominfo .....

Kemendikbud Serahkan Pemda Atur Guru Mengajar di Sekolah
11 Juni 2021, 09:00:04

Kemendikbud Serahkan Pemda Atur Guru Mengajar di Sekolah Jakarta, -- Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) menyerahkan kepada pemerintah daerah untuk mengatur siapa saja guru yang dapat mengajar pada pembelajaran tatap muka disekolah. Hal ini menyusul permintaan .....