go green
Recent Issues

Pemerintah Brasil Efikasi Vaksin Sinovac 78 Persen

Pemerintah Brasil Efikasi Vaksin Sinovac 78 Persen

12 Januari 2021, 09:00:00

Jakarta -- Brasil mengumumkan vaksin corona buatan Sinovac Biotech efektif 78 persen dalam uji coba tahap akhir, Jumat (8/1).

Pemerintah Brasil mengatakan dengan hasil itu, mereka akan meminta regulator kesehatan negara, Anvisa, menyetujui penggunaan vaksin tersebut untuk tujuan darurat.

"Ini Adalah hari bersejarah, hari penuh harapan," kata Gubernur Sao Paolo, Joao Doria, dalam jumpa pers saat mengumumkan hasil riset tersebut seperti dikutip AFP.

Institute Butantan, Pusat Kesehatan Publik Sao Paolo, mengatakan akan mengajukan otorisasi vaksin ke Anvisa pada Jumat pekan ini.

Uji coba Sinovac juga dilakukan di Turki, Indonesia, dan China.

Hasil uji klinis di Brasil ini di bawah nilai efikasi hasil uji klinis yang pernah diumumkan ilmuwan di Turki, yaitu 91 persen. Namun, hasil efikasi di Turki tersebut hanya didapatkan dari 752 relawan, sementara di Brasil didasarkan pada 12.476 relawan.

Selain itu, tingkat kerincian data yang diberikan pemerintah Brasil juga tidak seperti ketika Pfizer, Moderna, atau AstraZeneca mengumumkan hasil efikasi.

Efikasi Sinovac ini juga berada di bawah Pfizer yang memiliki efikasi 90 persen, atau Moderna 95 persen, atau AstraZeneca yang berada di kisaran 60-90persen.

Meski demikian, nilai efikasi 78 persen ini masih berada di atas batas yang ditetapkan Badan Kesehatan Dunia (WHO) untuk kondisi penanganan pandemi yaitu di kisaran 50-60 persen.

Vaksin Sinovac juga lebih mudah didistribusikan karena cukup disimpan di suhu kulkas pada umumnya, sehingga menjadi incaran negara-negara tropis dengan sistem logistik yang tertinggal dari Amerika Serikat atau negara Eropa.

Pemerintah Brasil sendiri rencananya akan memesan 100 juta dosis vaksin Sinovac. Angka ini dua kali lipat dari angka pemesanan sebelumnya yang sempat diumumkan sebanyak 46 juta dosis.

Sumber cnnindonesia.com

print  word  pdf

 

Narotama News & Events
Pertemuan Daring Universitas Narotama dengan UnisZa dan UPSI Malaysia untuk Pengembangan Kerjasama Internasional dan Persiapan JWC Conference Februari 2021 Pertemuan Daring Universitas Narotama dengan UnisZa dan UPSI Malaysia untuk Pengembangan Kerjasama Internasional dan Persiapan JWC Conference Februari 2021

23 Januari 2021, 13:00:05

Universitas Narotama (UN) bersama Universiti Sultan Zainal Abidin (UnisZa) dan Universiti Pendidikan Sultan Idris (UPSI) Malaysia mengadakan pertemuan secara daring yang berlangsung pada hari Kamis, 21 Januari 2021. Pertemuan ini membahas pengembangan kerja sama antara ketiga institusi tentang penelitian bersama dan publikasi internasional. Pertemuan tersebut secara khusus merupakan persiapan acara “5th Management and Business Worldconference: International Conference On Economic, Management, Digital ....Selengkapnya

print    word   pdf

Public News

Tip Agar Tak Tertipu Penipuan Lelang
17 Januari 2021, 09:00:00

Tip Agar Tak Tertipu Penipuan Lelang Jakarta -- Kementerian Keuangan mengingatkan masyarakat agar tak tertipu dengan penipuan lelang. Sebab, sejauh ini masih ada beberapa modus penipuan lelang yang mengatasnamakan Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Kementerian Keuangan. Direktur .....

139 Ribu Sekolah Ikut Simulasi Asesmen Nasional
10 Januari 2021, 09:00:02

139 Ribu Sekolah Ikut Simulasi Asesmen Nasional Jakarta -- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengklaim siap melaksanakan Asesmen Nasional (AN). Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kemendikbud Totok Suprayitno mengatakan pihaknya telah melakukan simulasi skala besar. "139 ribu [sekolah] ini .....