go green
Recent Issues

Satgas Penularan Varian Baru Corona 70 Persen Lebih Tinggi

Satgas Penularan Varian Baru Corona 70 Persen Lebih Tinggi

01 Januari 2021, 09:00:00

Jakarta -- Juru Bicara Satgas Covid-19 Wiku Adisasmito menyebut mutasi baru virus corona yang terjadi di Inggris bisa memperburuk kondisi pandemi di Indonesia.

Wiku menjelaskan varian baru virus corona ini punya tingkat penularan 70 persen lebih tinggi, sehingga akan meningkatkan tingkat penularan Covid-19 di Indonesia.

"Jika varian virus ini masuk dan terbukti sudah menyebar di Indonesia, maka hal ini memperburuk kondisi Indonesia, meningkatkan positivity rate di Indonesia," kata Wiku dalam jumpa pers di Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (29/12).

Wiku mengatakan belum banyak kajian yang mengungkap tingkat bahaya mutasi baru corona. Pemerintah Indonesia akan memulai pemetaan genetik jenis baru corona ini untuk memahami distribusi dan karakteristik virus tersebut.

Di saat yang sama, pemerintah memperketat kedatangan siapapun dari luar negeri. Indonesia akan menutup kedatangan warga negara asing dari seluruh negara pada 1-14 Januari 2021. Pengecualian diberikan bagi WNA yang memiliki visa dinas terkait kunjungan pejabat setingkat menteri ke atas.

Namun warga negara Indonesia dari luar negeri tetap boleh kembali ke Indonesia. Meski demikian mereka tetap harus memenuhi persyaratan yang ketat.

"Kebijakan yang diambil pemerintah adalah upaya melindungi masyarakat dari potensi penularan Covid-19, termasuk imported cases dari varian terbaru yang ditemukan di Inggris. Saya meminta kerja sama seluruh pihak untuk dapat mematuhi seluruh ketentuan," ujarnya.

Sebelumnya, Pemerintah Inggris melaporkan varian baru virus corona. Virus hasil mutasi itu dinamakan VUI-202012/01.

Sejumlah negara, seperti Italia, Jepang, Korea Selatan, Malaysia dan Singapura mengonfirmasi temuan mutasi corona itu di wilayah mereka. Sementara Indonesia mengklaim belum menemukan varian baru tersebut.

Sumber cnnindonesia.com

print  word  pdf

 

Narotama News & Events
Pertemuan Daring Universitas Narotama dengan UnisZa dan UPSI Malaysia untuk Pengembangan Kerjasama Internasional dan Persiapan JWC Conference Februari 2021 Pertemuan Daring Universitas Narotama dengan UnisZa dan UPSI Malaysia untuk Pengembangan Kerjasama Internasional dan Persiapan JWC Conference Februari 2021

23 Januari 2021, 13:00:05

Universitas Narotama (UN) bersama Universiti Sultan Zainal Abidin (UnisZa) dan Universiti Pendidikan Sultan Idris (UPSI) Malaysia mengadakan pertemuan secara daring yang berlangsung pada hari Kamis, 21 Januari 2021. Pertemuan ini membahas pengembangan kerja sama antara ketiga institusi tentang penelitian bersama dan publikasi internasional. Pertemuan tersebut secara khusus merupakan persiapan acara “5th Management and Business Worldconference: International Conference On Economic, Management, Digital ....Selengkapnya

print    word   pdf

Public News

Tip Agar Tak Tertipu Penipuan Lelang
17 Januari 2021, 09:00:00

Tip Agar Tak Tertipu Penipuan Lelang Jakarta -- Kementerian Keuangan mengingatkan masyarakat agar tak tertipu dengan penipuan lelang. Sebab, sejauh ini masih ada beberapa modus penipuan lelang yang mengatasnamakan Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Kementerian Keuangan. Direktur .....

139 Ribu Sekolah Ikut Simulasi Asesmen Nasional
10 Januari 2021, 09:00:02

139 Ribu Sekolah Ikut Simulasi Asesmen Nasional Jakarta -- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengklaim siap melaksanakan Asesmen Nasional (AN). Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kemendikbud Totok Suprayitno mengatakan pihaknya telah melakukan simulasi skala besar. "139 ribu [sekolah] ini .....