go green
Recent Issues

ESDM Ungkap Cara Mesir Temukan Sumber Migas Baru dengan Cepat

ESDM Ungkap Cara Mesir Temukan Sumber Migas Baru dengan Cepat

21 November 2020, 09:00:01

Jakarta -- Kementerian ESDM menyatakan Pemerintah Mesir menerapkan aturan yang cukup fleksibel bagi perusahaan yang ingin melakukan eksplorasi mencari cadangan minyak dan gas (migas). Skema itu tidak sama seperti yang dilakukan di Indonesia.

"Jadi sudah ada chemistry (ketertarikan) yang baik antara perusahaan dan pemerintah. Sesuatu skema itu, memang besar sekali (cadangannya)," ucap Dirjen Migas Kementerian ESDM Tutuka Ariadji dalam rapat kerja bersama Komisi VII DPR, Senin (16/11).

Tutuka tak menyebut pasti skema apa yang digunakan di Mesir. Hal yang pasti, Mesir tak menggunakan skema cost recovery untuk proyek yang bernilai cukup besar.

"Untuk mega proyek dilakukan dengan tidak cost recovery. Itu karena mega proyek, investor cenderung bergerak cepat, cutting cost," terang Tutuka.

Sementara, pemerintah menerapkan dua skema di Indonesia, yakni cost recovery dan gross split. Investor bisa memilih skema yang mau digunakan untuk kontrak migas.

Aturan itu tercantum dalam Peraturan Menteri ESDM Nomor 12 Tahun 2020 tentang Perubahan Ketiga Atas Permen ESDM Nomor 8 Tahun 2017 tentang Kontrak Bagi Hasil Gross Split. Beleid diteken oleh Menteri ESDM Arifin Tasrif pada 15 Juli 2020.

Dalam skema gross split, kontraktor akan menanggung seluruh beban biaya operasional. Sementara, dalam skema cost recovery, biaya operasional yang dikeluarkan oleh kontraktor di awal akan dikembalikan pemerintah nantinya.

Ini merupakan aturan baru yang diterapkan pemerintah. Sebelumnya, skema kontrak yang bisa dipilih hanya gross split.

Sumber : cnnindonesia.com

print  word  pdf

 

Narotama News & Events
Mahasiswi Prodi Ilmu Hukum Universitas Narotama Meraih Juara 2 Nasional Lomba Vocal Bidikmisi Skills Competition (B-SIC) 2020 Mahasiswi Prodi Ilmu Hukum Universitas Narotama Meraih Juara 2 Nasional Lomba Vocal Bidikmisi Skills Competition (B-SIC) 2020

23 November 2020, 13:17:43

Mahasiswa program studi Ilmu Hukum – Fakultas Hukum (FH) penerima program Bidikmisi Universitas Narotama (UNNAR) Tahun 2019 atas nama Yunita Windriana berhasil meraih Juara 2 dalam Lomba Vocal “Bidikmisi Skills Competition (B-SIC) 2020” yang diselenggarakan oleh Forum Mahasiswa Bidikmisi (Formadiksi) Universitas Negeri Malang (UM) yang beralngsung pada tanggal 6 dan 18 November 2020 secara Online. Kepastian sebagai Juara 2 tersebut ....Selengkapnya

print    word   pdf

Public News

RI-AS Teken MoU Pendanaan Infrastruktur-Perdagangan Rp10,5 T
24 November 2020, 09:00:00

RI-AS Teken MoU Pendanaan Infrastruktur-Perdagangan Rp10,5 T Jakarta -- Pemerintah Indonesia dan Amerika Serikat (AS) menandatangani Nota Kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) mengenai pendanaan infrastruktur dan perdagangan senilai US$750 juta atau sekitar Rp10,5 triliun (asumsi kurs Rp14 ribu .....