go green
Recent Issues

Nadiem Tetapkan Kota Tua Jakarta Jadi Wahana Edukasi Bahasa

Nadiem Tetapkan Kota Tua Jakarta Jadi Wahana Edukasi Bahasa

11 September 2020, 09:00:01

Jakarta: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim menyebut kawasan wisata Kota Tua Jakarta bukan lagi sekadar ikon sejarah dan rekreasi. Kota Tua ditetapkan menjadi wahana edukasi masyarakat dalam berbahasa.

"Melalui kesempatan ini dengan suka cita saya tetapkan Kota Tua Jakarta sebagai kawasan praktik baik pengutamaan bahasa negara di ruang publik," ujar Nadiem dalam Webinar Gelar Wicara Praktik Baik Pengutamaan Bahasa Negara di Kota Tua, Rabu, 9 September 2020.

Tantangan pengutamamaan bahasa negara di ruang publik saat ini sangat tinggi seiring dengan perkembangan zaman yang sangat dinamis. Tanpa ada semangat dan strategi yang baik, bukan tidak mungkin ruang publik di Indonesia akan berwajah asing.

"Hal tersebut ditandai dengan menjamurnya penggunaan bahasa asing dan ketidakhadiran bahasa negara kita. Penggunaan bahasa asing di ruang publik dirasa lebih keren dan penghilangan identitas Indonesia menjadi hal yang lumrah," ujarnya.

Menurut Nadiem, perlu dilakukan komunikasi dan kerja sama antarpemangku kepentingan dalam mendukung pengutamaan bahasa negara tersebut. "Bahasa Indonesia digunakan sebagai penanda ke-Indonesia-an sebagai jati diri di ruang publik," terangnya.

Perancangan Kota Tua sebagai kawasan praktik baik pengutamaan bahasa negara ini ditentukan lewat aspek historis. Kepala Badan Bahasa Endang Aminudin Aziz juga mengatakan ada nilai strategis yang dimiliki Kota Tua.

"Episode perjalanan negeri ini berkaitan dengan Jakarta yang sejarahnya tidak bisa dilepas dari Kota Tua. Jakarta yang sekarang kota megapolitan ada sejarah yang bermula dari kota ini," ujar Endang.

sumber :medcom.id

print  word  pdf

 

Narotama News & Events
BAN PT Asesmen Lapangan Secara Daring Prodi Teknik Informatika Universitas Narotama BAN PT Asesmen Lapangan Secara Daring Prodi Teknik Informatika Universitas Narotama

17 Oktober 2020, 09:30:32

Sehubungan kondisi pandemi Covid-19 yang masih belum berakhir, Tim Asesor Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) melakukan asesmen lapangan secara online (daring) terhadap Program Studi (Prodi) Teknik Informatika – Fakultas Ilmu Komputer (FIK) Universitas Narotama (UNNAR) melalui Zoom Meeting pada 16-17 Oktober 2020. Tim Asesor BAN PT terdiri atas Dr. Yani Nurhadryani, MT (Institut Pertanian Bogor) dan Dr. Maman ....Selengkapnya

print    word   pdf

Public News

240 Aplikasi Bahaya Bombardir Pemakai Android RI dengan Iklan
19 Oktober 2020, 09:00:01

240 Aplikasi Bahaya Bombardir Pemakai Android RI dengan Iklan Jakarta,Jakarta, Pengguna Android diimbau untuk memeriksa perangkatnya setelah peneliti keamanan mengungkapkan lebih dari 240 aplikasi mencurigakan. Tim peneliti dari White Ops menyebut seluruh aplikasi itu telah membombardir ponsel Android dengan .....