go green
Recent Issues

Partai Menengah Usung JK Nyapres untuk Dompleng Suara

Partai Menengah Usung JK Nyapres untuk Dompleng Suara

24 Juli 2012, 08:50:39

Susi Fatimah - Okezone
Selasa, 24 Juli 2012 06:00 wib

Jusuf Kalla
JAKARTA - Nama mantan Wakil Presiden, Jusuf Kalla (JK) terus digadang-gadang maju dalam Pemilu Presiden 2014 mendatang. Sejumlah partai menengah mulai melirik mantan Ketua Umum Golkar tersebut lantaran memiliki elektabilitas yang tinggi dimata publik. Sebut saja Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Menurut Pengamat Politik dari Universitas Islam Negeri (UIN) Jakarta, Gun Gun Heryanto mengatakan JK memang harus menggunakan kendaraan politik lain untuk maju dalam bursa Pilpres mendatang. Pasalnya, peluang JK untuk maju melalui Partai Golkar terbilang sulit lantaran partai berlambang pohon beringin tersebut sudah memutuskan Aburizal Bakrie sebagai capres tunggal Golkar di 2014.

"Jika Jusuf Kalla tetap ingin maju sebagai calon presiden (Capres) 2014, maka ia harus keluar dari Partai Golkar. Kesempatan ia di Golkar sudah kecil, jadi kalau mau maju sebagai presiden lebih baik mencari kapal baru. JK masih pantas maju sebagai capres 2014 mendatang, dikarenakan dari sudut popularitas dan elektabilitasnya masih sangat tinggi," ujar Gun Gun kepada Okezone, Selasa (24/7/2012).

Jika ingin maju sebagai capres, lanjut Gun Gun, JK bisa memakai gerbong partai-partai baru yang belum solid punya capres seperti NasDem ataupun partai-partai kelas menengah seprti PKS, PPP dan PKB. "Partai baru atau partai menengah sekarang yang sudah mempunyai basis masa namun belum mempunyai capres untuk 2014," katanya.

Gun Gun mengatakan partai menengah bisa saja berkoalisi untuk mengusung JK nantinya bila suara partai menengah tersebut mampu memperoleh dukungan suara di Pemilu Legislatif.

"Apakah mereka (partai menengah) mampu melewati PT (parlementary threshold) atau tidak. Terus nanti gabungan partai politik itu harus mengajukan bersama-sama JK, minimal kalau mengikuti aturan lama 20 persen kursi DPR atau 25 persen suara sah nasional," tuturnya.

Terkait pernyataan Ketua DPP Partai Golkar Hajriyanto Tohari bahwa pengusungan JK hanya sebatas wacana dan jualan bagi partai menengah, Gun Gun melihat adanya ke arah itu. "Saya kira memang JK itu popularitas dan elektabilitasnya tinggi, jadi sangat mungkin partai-partai menengah juga bisa ikut dompleng nama JK untuk menaikan popular vote mereka di Pemilu Legislatif," papar Gun Gun.
(sus)

print  word  pdf

 

Narotama News & Events
Yemen`s Team Juara 1 Narotama Futsal Tournament Dies Natalis Universitas Narotama Ke-39 Yemen`s Team Juara 1 Narotama Futsal Tournament Dies Natalis Universitas Narotama Ke-39

24 Januari 2020, 02:13:10

Yemen`s Team tampil sebagai Juara 1 Narotama Futsal Tournament Dies Natalis Universitas Narotama (UNNAR) Ke-39 setelah unggul atas tim Gacor FC dalam pertandingan final yang berlangsung pada Sabtu, 18 Januari 2020 di lapangan futsal UNNAR. Penyerahan hadiah untuk para juara dilakukan oleh Presiden UNNAR Hj. Rr. Iswachyu Dhaniarti DS, ST, M.HP, yang juga dihadiri oleh Direktur Kemahasiswaan, Alumni & Tracer ....Selengkapnya

print    word   pdf

Public News

Tips Aman Bertransaksi dengan Mobile dan Internet Banking
26 Januari 2020, 09:00:13

Tips Aman Bertransaksi dengan Mobile dan Internet Banking Jakarta -- Aspek keamanan transaksi kembali menjadi sorotan usai kasus pembobolan rekening dan kartu kredit yang menimpa wartawan senior Ilham Bintang beberapa waktu terakhir. Melalui akun Facebooknya, Ilham bercerita dirinya rugi .....