go green
Recent Issues

Kaji Buka Sekolah di Zona Kuning, Kemendikbud Perketat Aturan

Kaji Buka Sekolah di Zona Kuning, Kemendikbud Perketat Aturan

29 Juli 2020, 09:00:40

Jakarta -- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) tengah melakukan analisis dan evaluasi untuk memberi izin pembukaan sekolah di wilayah zona kuning atau resiko rendah virus corona (Covid-19).

Jika nantinya pembukaan sekolah di zona kuning itu dilakukan, Kemendikbud akan menerapkan aturan dan kriteria yang ketat.

"Sehingga memang kita sedang mengevaluasi bagaimana supaya yang non hijau, khususnya kuning saja bisa tetap melakukan pembelajaran tatap muka tentu dengan kriteria yang lebih ketat," kata Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemendikbud, Ainun Naim dalam diskusi virtual, Selasa (28/7).

Ia mencontohkan aturan yang lebih ketat itu bisa dilakukan dengan pembatasan jumlah murid dalam satu kelas, hingga memangkas waktu pertemuan di dalam kelas.

"Jadi memang kita tetap prioritaskan kesehatan dan keselamatan, tetap paling penting. Namun kita juga harus menjaga proses belajar ini tidak boleh berhenti," kata dia.

Diketahui, selama ini kegiatan belajar mengajar di sekolah dilarang selain di wilayah zona hijau corona. Sementara jumlah peserta didik pada tingkat pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar dan menengah, hanya 6 persen dari total peserta didik yang berada di zona hijau.

Juru bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito sebelumnya menyatakan harus dilakukan prakondisi terlebih dulu sebelum membuka sekolah di zona kuning.

"Harus dihitung betul keadaan yang ada, simulasi, dan pengukuran. Kaitannya dengan timing kapan bisa dibuka," kata Wiku, Senin (27/7).

Jika dari kajian prakondisi dan simulasi menunjukkan hasil yang memungkinkan untuk melakukan kegiatan tatap muka, maka satgas akan mempertimbangkan untuk membuka.

"Apabila kondisi memungkinkan bisa buka sekolah tanpa menambah kasus, maka akan kami pertimbangkan untuk dibuka," ucapnya.

Sumber : cnnindonesia.com

print  word  pdf

 

Narotama News & Events
Mahasiswa FEB UNNAR dan Lifepal Selenggarakan Webinar Personal Finance Mahasiswa FEB UNNAR dan Lifepal Selenggarakan Webinar Personal Finance

27 Oktober 2020, 11:40:18

Merencanakan keuangan pribadi dapat menyulitkan tanpa informasi yang tepat dan bantuan dari para ahlinya. Hal itu mendorong mahasiswa Program Studi Manajemen – Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Narotama (UNNAR) bekerjasama dengan Lifepal menyelenggarakan acara Webinar dengan topik “Personal Finance”. Lebih dari 97 peserta dari prodi Manajemen dan prodi lain di UNNAR mengikuti acara yang berlangsung secara live via Zoom, ....Selengkapnya

print    word   pdf

Public News

3 Alasan Sri Mulyani Tolak Pajak Mobil Baru 0 Persen
28 Oktober 2020, 09:00:20

3 Alasan Sri Mulyani Tolak Pajak Mobil Baru 0 Persen Jakarta -- Menteri Keuangan Sri Mulyani akhirnya secara tegas memutuskan menolak usulan Kementerian Perindustrian agar pajak mobil baru diturunkan sampai 0 persen. Usulan pajak mobil 0 persen berasal dari Menteri Perindustrian .....

Kemendikbud Minta Industri Ikut Buat Kurikulum Vokasi
27 Oktober 2020, 09:00:22

Kemendikbud Minta Industri Ikut Buat Kurikulum Vokasi Jakarta -- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (kemendikbud) meminta industri terlibat dalam penyusunan kurikulum dan pengajarannya, terutama untuk pendidikan vokasi. Hal itu dikatakan terkait survei McKinsey Indonesia yang menyebut 23 juta pekerjaan .....