go green
Recent Issues

19 Aplikasi Android Berbahaya Berisi Malware

19 Aplikasi Android Berbahaya Berisi Malware

30 Juli 2020, 09:00:01

Jakarta -- Perusahaan keamanan siber AS, White Ops mengungkapkan bahwa ada 19 aplikasi Android berbahaya.

White Ops melaporkan aplikasi berbahaya ini sudah diunduh sebanyak 3,5 juta unduhan. Namun sebagian dari aplikasi itu sudah dihapus dari Google Play Store.

Menurut temuan White Ops, 19 aplikasi itu menyisipkan iklan yang berisi malware dan pihak Google pun tidak bisa mendeteksi aplikasi sedari awal.

Berikut daftar 19 aplikasi berbahaya Android:

1. Auto Picture Cut
2. Color Call Flash
3. Square Photo Blur
4. Square Blur Photo
5. Magic Call Flash
6. Easy Blur
7. Image Blur
8. Auto Photo Blur
9. Photo Blur
10. Photo Blur Master
11. Super Call Screen
12. Square Blur
13. Smart Blur Photo
14. Smart Photo Blur
15. Super Call Flash
16. Smart Call Flash
17. Blur Photo Editor
18. Blur Image
19. Super Call Screen

Gabungan para peneliti White Ops mengatakan sebetulnya mereka menemukan 29 aplikasi dengan kode yang memfasilitasi iklan di luar konteks (OCC) dan memakai cara yang cukup cerdik untuk menghindari deteksi, seperti dilansir Phone Arena.

Aplikasi-aplikasi itu kata mereka memanifestasikan lalu lintas iklan dengan volume tinggi yang mencurigakan dan kebanyakan aplikasi menyamar sebagai editor foto.

"Sebagian besar pengembang menyertakan kata blur pada nama aplikasi mereka dan banyak yang mengaku sebagai editor foto yang memungkinkan pengguna untuk mengaburkan bagian gambar," kata salah satu peneliti dikutip dari laman resmi White Ops.

Para peneliti White Ops pun membagikan bagimana cara mengetahui apakah aplikasi Android yang Anda unduh berbahaya atau tidak.

Jadi, jika Anda mengunduh suatu aplikasi dan tidak muncul di halaman beranda ponsel, aplikasi sudah pasti teridentifikasi palsu. Lalu aplikasi berbahaya tersebut akan mulai membombardir ikan yang muncul begitu saja.

Sumber : cnnindonesia.com

print  word  pdf

 

Narotama News & Events
Mahasiswa FEB UNNAR dan Lifepal Selenggarakan Webinar Personal Finance Mahasiswa FEB UNNAR dan Lifepal Selenggarakan Webinar Personal Finance

27 Oktober 2020, 11:40:18

Merencanakan keuangan pribadi dapat menyulitkan tanpa informasi yang tepat dan bantuan dari para ahlinya. Hal itu mendorong mahasiswa Program Studi Manajemen – Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Narotama (UNNAR) bekerjasama dengan Lifepal menyelenggarakan acara Webinar dengan topik “Personal Finance”. Lebih dari 97 peserta dari prodi Manajemen dan prodi lain di UNNAR mengikuti acara yang berlangsung secara live via Zoom, ....Selengkapnya

print    word   pdf

Public News

3 Alasan Sri Mulyani Tolak Pajak Mobil Baru 0 Persen
28 Oktober 2020, 09:00:20

3 Alasan Sri Mulyani Tolak Pajak Mobil Baru 0 Persen Jakarta -- Menteri Keuangan Sri Mulyani akhirnya secara tegas memutuskan menolak usulan Kementerian Perindustrian agar pajak mobil baru diturunkan sampai 0 persen. Usulan pajak mobil 0 persen berasal dari Menteri Perindustrian .....

Kemendikbud Minta Industri Ikut Buat Kurikulum Vokasi
27 Oktober 2020, 09:00:22

Kemendikbud Minta Industri Ikut Buat Kurikulum Vokasi Jakarta -- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (kemendikbud) meminta industri terlibat dalam penyusunan kurikulum dan pengajarannya, terutama untuk pendidikan vokasi. Hal itu dikatakan terkait survei McKinsey Indonesia yang menyebut 23 juta pekerjaan .....