go green
Recent Issues

BI Yakin Laju Sektor Properti Makin Kencang pada 2020

BI Yakin Laju Sektor Properti Makin Kencang pada 2020

10 Februari 2020, 09:00:04

Jakarta -- Bank Indonesia (BI) memperkirakan permintaan properti semakin menggeliat pada 2020. Hal itu sejalan dengan perbaikan kondisi ekonomi yang didukung oleh kebijakan bank sentral.

"Kami optimistis sektor properti akan semakin baik pada 2020," ujar Direktur Departemen Kebijakan Makroprudensial BI Widi Agustin seperti dikutip dari Antara, Kamis (6/2).

Widi merinci, sejumlah kebijakan bank sentral yang mendorong permintaan properti antara lain relaksasi ketentuan uang muka melalui pelonggaran rasio loan-to-value (LTV) rata-rata 5 hingga 10 persen, kemudian penurunan BI 7 days reverse repo rate (7DRR) menjadi lima persen.

Selain itu, BI juga telah menurunkan Giro Wajib Minimum atau GWM bank umum konvensional dan syariah sebesar 50 basis poin.

Melalui relaksasi tersebut, BI berharap suku bunga perbankan ikut merosot. Ujung-ujungnya ongkos kredit rumah menjadi turun.

Selain itu, BI juga memperkirakan pertumbuhan kredit pada 2020 akan naik 10 sampai dengan 12 persen, dan dana pihak ketiga yang dapat dihimpun oleh perbankan akan tumbuh 8 sampai dengan 10 persen.

Prospek pertumbuhan ekonomi yang lebih tinggi pada 2020 diperkirakan juga akan meningkatkan permintaan domestik dan meningkatkan aliran masuk modal asing.

"Kondisi perekonomiannya juga sudah diperkirakan akan membaik maka sekarang tinggal bagaimana industri merespons. Kami melihat demand (permintaan) terhadap properti ini masih baik," ujar Widi.

Sebelumnya, konsultan properti Colliers International menyatakan pembeli dan pelaku usaha properti di negara-negara di kawasan Asia, termasuk Indonesia, mulai menunjukkan optimisme untuk berinvestasi di sektor tersebut pada tahun ini.

Optimisme itu muncul tak lepas dari berkurangnya ketegangan perdagangan antara Amerika Serikat dan China. Kondisi ini juga ditopang oleh berlanjutnya kecenderungan penurunan tingkat suku bunga acuan dan prospek positif pertumbuhan jangka panjang di Asia.

Sumber : cnnindonesia.com

print  word  pdf

 

Narotama News & Events
BAN PT Asesmen Lapangan Secara Daring Prodi Teknik Informatika Universitas Narotama BAN PT Asesmen Lapangan Secara Daring Prodi Teknik Informatika Universitas Narotama

17 Oktober 2020, 09:30:32

Sehubungan kondisi pandemi Covid-19 yang masih belum berakhir, Tim Asesor Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) melakukan asesmen lapangan secara online (daring) terhadap Program Studi (Prodi) Teknik Informatika – Fakultas Ilmu Komputer (FIK) Universitas Narotama (UNNAR) melalui Zoom Meeting pada 16-17 Oktober 2020. Tim Asesor BAN PT terdiri atas Dr. Yani Nurhadryani, MT (Institut Pertanian Bogor) dan Dr. Maman ....Selengkapnya

print    word   pdf

Public News

240 Aplikasi Bahaya Bombardir Pemakai Android RI dengan Iklan
19 Oktober 2020, 09:00:01

240 Aplikasi Bahaya Bombardir Pemakai Android RI dengan Iklan Jakarta,Jakarta, Pengguna Android diimbau untuk memeriksa perangkatnya setelah peneliti keamanan mengungkapkan lebih dari 240 aplikasi mencurigakan. Tim peneliti dari White Ops menyebut seluruh aplikasi itu telah membombardir ponsel Android dengan .....