go green
Recent Issues

Botika, Startup Chatbot Gantikan Peran CS

Botika, Startup Chatbot Gantikan Peran CS

15 Oktober 2019, 09:00:00

Botika merupakan perusahaan rintisan berbasis Artificial Intelligence (AI) yang memanfaatkan produk chatbot atau asisten chat pintar untuk menjawab pertanyaan.

Botika ini diklaim dapat menggantikan peran Customer Service. Pendiri dan CEO Botika Ditto Anindita menuturkan pada awalnya Botika berfokus di bisnis penjualan tiket travel yakni pesawat.
Saat itu, Ditto dan tim hanya menyewa satu orang admin yang bertugas untuk menjawab pertanyaan konsumen seputar jadwal penerbangan namun setiap harinya pertanyaan yang diajukan konsumen makin bertambah.

Oleh sebab itu, pihaknya memutuskan untuk membuat sistem yang dapat menjawab pertanyaan pengguna secara otomatis. "Botika pada awalnya adalah layanan untuk reservasi tiket pesawat, meskipun kita buat layanan ini sesederhana mungkin tetapi masih banyak orang yang tanya seputar reservasi tiket sama admin Customer Service kita," kata Ditto kepada awak media di kantor Telkom Hub, Jakarta, Senin (7/10).
"Setelah CS sudah ada, ternyata konsumen pun bertambah maka makin banyak pertanyaan yang diajukan ke CS sehingga membuat CS kami agak kewalahan. Jadi, kita berpikir kenapa tidak bikin satu sistem yang bisa otomatis jawab pertanyaan yang diajukan," sambung dia.

Selain menggunakan machine learning, produk chatbot milik Botika ini juga memanfaatkan Neuro-Linguistic Programming (NLP) yang dapat mengetahui apa yang diinginkan oleh pengguna melalui aplikasi pesan instan seperti Facebook Messenger, Line, WhatsApp, dan Telegram. Lebih lanjut kata Ditto, pihaknya juga tengah mengembangkan produk Omnibot. Produk ini bertugas untuk memonitoring interaksi akun media sosial perusahaan yang bekerja sama dengan Botika.
"Kalau omnibot, ini adalah chatbot yang bertugas untuk memonitoring interaksi kita punya media sosial. Misal ada pertanyaan di kolom komentar dari pengguna yang bisa langsung dijawab, dia [omnibot] akan menjawab tetapi jika ada pertanyaan yang butuh bantuan admin, dia akan lempar ke admin Customer Service," jelas Ditto.

Tak hanya menyasar perusahaan travel, Botika juga menyediakan layanan chatbot untuk perusahaan lainnya seperti operator seluler, BUMN dan penyedia layanan call center.






Sumber: CnnIndonesia

print  word  pdf

 

Narotama News & Events
Rektor Melakukan Kunjungan ke Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Rektor Melakukan Kunjungan ke Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur

28 Januari 2020, 06:04:01

Rektor Universitas Narotama (UN) Dr. Ir. H. Sri Wiwoho Mudjanarko, ST, MT, IPM melakukan kunjungan ke Kantor Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur, Jumat (24/1/2020) siang. Rektor beserta pejabat struktural Universitas Narotama antara lain Dr. M. Ikhsan Setiawan, ST, MT (Wakil Rektor I), Aryo Nugroho, S.Kom, MT (Dekan Fasilkom) dan Elok Damayanti, SE, MM (Kabag Kerjasama Dalam Negeri) diterima langsung oleh ....Selengkapnya

print    word   pdf

Public News

Ketua KPU Banjarmasin Jadi Tersangka Kasus Pencabulan
29 Januari 2020, 09:00:01

Ketua KPU Banjarmasin Jadi Tersangka Kasus Pencabulan Jakarta -- Penyidik Satuan Reserse Kriminal Kepolisian Resor Kota Banjarbaru menetapkan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Banjarmasin berinisial GM sebagai tersangka dugaan kasus pencabulan. "Penetapan tersangka dilakukan penyidik usai gelar perkara .....

Tokopedia Gaet Pendanaan Akhir Sebelum Lepas Saham ke Amerika
28 Januari 2020, 09:00:26

Tokopedia Gaet Pendanaan Akhir Sebelum Lepas Saham ke Amerika

Tokopedia tengah menyelesaikan tahap akhir dari penggaetan investor untuk putaran pendanaan mereka. Mengutip Financial Times, penggalangan dana seri G ini diperkirakan jadi pengumpulan dana terakhir perusahaan ecommerce itu sebelum melepas saham perdana atau Initial .....