go green
Recent Issues

Militer Yaman Klaim Tembak Jatuh Drone Buatan Iran

Militer Yaman Klaim Tembak Jatuh Drone Buatan Iran

08 Oktober 2019, 09:00:00

Militer Yaman melaporkan telah menembak jatuh sebuah drone buatan Iran di Provinsi Hajjah, barat laut negara tersebut pada Minggu (6/9).

Menurut situs Kementerian Pertahanan Yaman, sumber militer menuturkan drone tersebut sedang dalam misi memantau dan memeriksa daerah itu.
Militer Yaman meyakini drone itu buatan Iran setelah melakukan penyelidikan lebih lanjut terhadap pesawat nirawak tersebut.
Secara terpisah, angkatan bersenjata Yaman juga menuturkan bahwa pihaknya telah menembak jatuh sebuah drone sehari sebelumnya. Drone itu disebut milik kelompok pemberontak Houthi yang selama ini disokong Iran.

Dikutip Al Arabiya, pencegatan drone dilakukan setelah pesawat nirawak itu kedapatan mengintai basis militer Yaman di distrik Hiran, Hajjah.
Sampai akhir pekan lalu, militer Yaman telah mencegat delapan drone asing yang terbang di atas wilayah Hajjah sejak awal 2019.
Sebagian besar drone yang berisikan bahan peledak itu dikabarkan terbang di atas wilayah perumahan warga sipil.

Houthi memang terus meluncurkan drone bermuatan bahan peledak dan pesawat pengintai mereka ke wilayah Yaman dalam beberapa bulan terakhir. Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menuturkan drone tersebut dibuat oleh "sumber-sumber di luar negeri."
Para ahli juga menyimpulkan drone tersebut memiliki kesamaan dengan pesawat nirawak "Ababil-T" buatan Iran.

Tak hanya di Yaman, Houthi juga terus menggencarkan serangan rudal lintas-perbatasan dan drone dalam beberapa bulan terakhir sebagai balasan atas serangan udara koalisi-Saudi di Yaman. Ini terjadi ketika ketegangan antara Iran dan AS, sekutu utama Saudi, terus memanas.

Perang sipil Yaman yang telah terjadi sejak 2015 lalu dilihat secara luas sebagai perang proxy antara Saudi dan Iran, dua kekuatan besar di Timur Tengah. Saudi selama ini membantu pemerintah Yaman untuk memberangus Houthi yang diduga disokong Iran. Menurut kelompok kemanusiaan, hingga hari ini konflik sipil di Yaman telah merenggut puluhan ribu jiwa. Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) bahkan menganggap konflik yang telah berjalan selama empat tahun ini sebagai krisis kemanusiaan terburuk sepanjang sejarah.





Sumber: CnnIndonesia

print  word  pdf

 

Narotama News & Events
Gladi Kotor Wisuda Sarjana ke 49-50 dan Magister ke 37-38 Universitas Narotama Gladi Kotor Wisuda Sarjana ke 49-50 dan Magister ke 37-38 Universitas Narotama

21 Oktober 2020, 10:36:25

Dalam rangka pelaksanaan Wisuda Sarjana ke 49 – 50 dan Magister ke 37 – 38 Universitas Narotama (UNNAR) Surabaya yang akan diselenggarakan secara daring (online) pada hari Sabtu, 24 Oktober 2020 pukul 08.00 WIB – Selesai, tempat H.R. Djoko Soemadijo Hall di Jl. Arief Rachman Hakim No.51 Sukolilo, Surabaya. Telah dilakukan kegiatan Gladi Kotor pada Selasa (20/10/2020) pukul 13.00 WIB-selesai, ....Selengkapnya

print    word   pdf

Public News

Mantan Menteri Pertahanan Meksiko Ditangkap di AS
21 Oktober 2020, 09:00:03

Mantan Menteri Pertahanan Meksiko Ditangkap di AS Jakarta -- Mantan Menteri Pertahanan Meksiko Salvador Cienfuegos ditangkap di Amerika Serikat. Dia ditangkap atas tuduhan yang dirahasiakan, Kamis (15/10). Menteri Luar Negeri Meksiko Marcelo Ebrard mengatakan Cienfuegos ditangkap di di .....

Alasan Tabungan Masyarakat di Atas Rp5 M Meroket di Era Covid
22 Oktober 2020, 09:00:02

Alasan Tabungan Masyarakat di Atas Rp5 M Meroket di Era Covid Jakarta -- Tabungan masyarakat di bank mengalami lonjakan selama pandemi covid-19. Pada periode Agustus 2020, misalnya, tabungan di atas Rp5 miliar meningkat mencapai Rp373 triliun. Angka tersebut meningkat dua kali lipat .....