go green
Recent Issues

Diluncurkan November, Linkaja Syariah Kantongi Sertifikat MUI

Diluncurkan November, Linkaja Syariah Kantongi Sertifikat MUI

03 Oktober 2019, 09:00:00

Jakarta -- Pengelola aplikasi pembayaran nontunai PT Fintek Karya Nusantara (Finarya) akan meluncurkan fitur layanan Linkaja berbasis syariah pada November mendatang. Saat ini, perusahaan masih mengurus perizinan dari Bank Indonesia (BI) yang diperkirakan memakan waktu 45 hari.

Direktur Utama Fintek Karya Nusantara Danu Wicaksana mengungkapkan fitur LinkAja berbasis Syariah juga sudah mendapatkan sertifikasi syariah dari Majelis Ulama Indonesia (MUI). Perusahaan juga telah kemudian menunjuk Dewan Pengawas Syariah (DPS).

"Jadi, hari ini, saya (tidak hanya) punya dewan komisioner dari shareholder semua tapi saya juga punya DPS," ujarnya, Senin (30/9).

Ia menargetkan fitur tersebut dapat menarik 1 juta pengguna untuk beralih ke basis syariah dari total 30 juta pengguna fitur berbasis konvensional.

Jika dirinci, sambung ia, terdapat tiga perbedaan utama fitur LinkAja Syariah dengan konvensional.

Pertama, dana mengendap ditempatkan pada perbankan syariah, tidak sekadar bank umum.

"Kalau sekarang, misalnya, isi saldo di linkaja itu kan bisa di BNI, Mandiri. Dananya memang kami simpan di situ sesuai aturan BI harus BUKU IV," tuturnya.

Kedua, cara transaksi dengan menggunakan perumpamaan dari sistem cashback yang diperbolehkan atau tidak sesuai dengan akad syariah. Dalam hal ini, diskon yang diberikan hanya diperbolehkan dari merchant dan bukan dari uang elektronik.

"Tidak sah (cashback dari uang elektronik) tidak sesuai dengan akad," jelasnya.

Ketiga, produk keuangan yang ditawarkan di aplikasi juga berasal dari mitra yang menganut akad syariah.

"Misalnya, pinjamannya akan beda. Penyedianya juga bukan mitra kami yang sekarang tapi mitra yang memang sudah menganut akad syariah," paparnya.

Sumber : cnnindonesia.com

print  word  pdf

 

Narotama News & Events
BAN PT Asesmen Lapangan Secara Daring Prodi Teknik Informatika Universitas Narotama BAN PT Asesmen Lapangan Secara Daring Prodi Teknik Informatika Universitas Narotama

17 Oktober 2020, 09:30:32

Sehubungan kondisi pandemi Covid-19 yang masih belum berakhir, Tim Asesor Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) melakukan asesmen lapangan secara online (daring) terhadap Program Studi (Prodi) Teknik Informatika – Fakultas Ilmu Komputer (FIK) Universitas Narotama (UNNAR) melalui Zoom Meeting pada 16-17 Oktober 2020. Tim Asesor BAN PT terdiri atas Dr. Yani Nurhadryani, MT (Institut Pertanian Bogor) dan Dr. Maman ....Selengkapnya

print    word   pdf

Public News

Pemerintah Akan Perbanyak Lembaga Urus Izin Sertifikasi Halal
20 Oktober 2020, 09:00:00

Pemerintah Akan Perbanyak Lembaga Urus Izin Sertifikasi Halal Jakarta -- Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyatakan pemerintah akan memperluas izin proses sertifikasi produk halal ke berbagai lembaga yang ditetapkan sebagai Lembaga Pemeriksa Halal (LPH). Mulai dari universitas, .....