go green
Recent Issues

Diluncurkan November, Linkaja Syariah Kantongi Sertifikat MUI

Diluncurkan November, Linkaja Syariah Kantongi Sertifikat MUI

03 Oktober 2019, 09:00:00

Jakarta -- Pengelola aplikasi pembayaran nontunai PT Fintek Karya Nusantara (Finarya) akan meluncurkan fitur layanan Linkaja berbasis syariah pada November mendatang. Saat ini, perusahaan masih mengurus perizinan dari Bank Indonesia (BI) yang diperkirakan memakan waktu 45 hari.

Direktur Utama Fintek Karya Nusantara Danu Wicaksana mengungkapkan fitur LinkAja berbasis Syariah juga sudah mendapatkan sertifikasi syariah dari Majelis Ulama Indonesia (MUI). Perusahaan juga telah kemudian menunjuk Dewan Pengawas Syariah (DPS).

"Jadi, hari ini, saya (tidak hanya) punya dewan komisioner dari shareholder semua tapi saya juga punya DPS," ujarnya, Senin (30/9).

Ia menargetkan fitur tersebut dapat menarik 1 juta pengguna untuk beralih ke basis syariah dari total 30 juta pengguna fitur berbasis konvensional.

Jika dirinci, sambung ia, terdapat tiga perbedaan utama fitur LinkAja Syariah dengan konvensional.

Pertama, dana mengendap ditempatkan pada perbankan syariah, tidak sekadar bank umum.

"Kalau sekarang, misalnya, isi saldo di linkaja itu kan bisa di BNI, Mandiri. Dananya memang kami simpan di situ sesuai aturan BI harus BUKU IV," tuturnya.

Kedua, cara transaksi dengan menggunakan perumpamaan dari sistem cashback yang diperbolehkan atau tidak sesuai dengan akad syariah. Dalam hal ini, diskon yang diberikan hanya diperbolehkan dari merchant dan bukan dari uang elektronik.

"Tidak sah (cashback dari uang elektronik) tidak sesuai dengan akad," jelasnya.

Ketiga, produk keuangan yang ditawarkan di aplikasi juga berasal dari mitra yang menganut akad syariah.

"Misalnya, pinjamannya akan beda. Penyedianya juga bukan mitra kami yang sekarang tapi mitra yang memang sudah menganut akad syariah," paparnya.

Sumber : cnnindonesia.com

print  word  pdf

 

Narotama News & Events
Riset Sejak Tahun 2000, Mahasiswa Magister Teknik UNNAR Eksplorasi Bioconc untuk Pembuatan Beton Ramah Lingkungan Riset Sejak Tahun 2000, Mahasiswa Magister Teknik UNNAR Eksplorasi Bioconc untuk Pembuatan Beton Ramah Lingkungan

18 Oktober 2019, 03:33:02

Sumber daya alam (SDA) Indonesia yang begitu melimpah seharusnya menjadi kesempatan para peneliti untuk membuat riset mengenai hal tersebut dengan lebih intens. Hal itulah yang dilakukan oleh Makno Basoeki, lulusan program studi Magister Teknik Universitas Narotama (UNNAR). Sejak tahun 2000, Makno melakukan eksplorasi sumber daya alam untuk membuat produk beton karya anak bangsa yang berkualitas. “Diawali dari keprihatinan saya karena masih ....Selengkapnya

print    word   pdf

Public News

188 Saham Menguat, IHSG Naik ke Level 6.169
18 Oktober 2019, 09:00:03

188 Saham Menguat, IHSG Naik ke Level 6.169 Jakarta -- Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berada di posisi 6.169 pada Rabu (16/10) sore. Posisi tersebut menguat 0,19 persen dibandingkan Selasa (15/10). RTI Infokom mencatat investor membukukan transaksi sebesar Rp8,8 .....

Server BMKG Diretas
17 Oktober 2019, 09:00:16

Server BMKG Diretas

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan dan Geofisika (BMKG) menyebut server yang menangani data kualitas udara PM10 diretas. Peretasan ini menyebabkan tidak berfungsinya pengiriman otomatis data polutan PM10 di situs dan .....