go green
Recent Issues

Kereta Bandara ke Stasiun Solo Balapan Beroperasi Oktober

Kereta Bandara ke Stasiun Solo Balapan Beroperasi Oktober

09 September 2019, 09:00:50

Jakarta -- Kementerian Perhubungan menyatakan pembangunan Proyek Kereta Bandara Solo dengan rute Stasiun Solo Balapan - Bandara Adi Soemarmo sudah mencapai 96 persen.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan dengan perkembangan tersebut, kereta akan mulai bisa dioperasikan Oktober mendatang.

"Tinggal satu titik saja. Kami konsinyasi tanahnya, langsung konstruksi tidak sampai satu bulan kemudian sudah bisa beroperasi," katanya seperti dikutip dari website Sekretariat Kabinet, Senin (9/9).

Kereta Bandara dari Stasiun Solo Balapan menuju Bandara Adi Soemarmo memiliki panjang jalur 12,97 kilometer.

Rencananya, kereta bandara akan menggunakan satu train set dan melakukan perjalanan sebanyak 32 trip dengan kecepatan berkisar dari 75 km/jam - 80 km/jam dan waktu tempuh selama 20 menit .
Dengan kecepatan dan jumlah perjalanan tersebut diharapkan per hari dengan headway atau selisih antara kereta satu dengan lainnya rata-rata 63 menit. Budi berharap keberadaan kereta bandara tersebut nantinya bisa mendukung dan menggerakkan ekonomi serta pariwisata di kawasan Solo.

Bukan itu saja, dalam skala yang lebih luas, ia berharap keberadaan kereta bandara tersebut juga bisa mendukung sektor pariwisata di kawasan Yogyakarta, Solo dan Semarang. Agar harapan tersebut bisa terwujud, ia mengatakan setelah menyelesaikan pembangunan jalur kereta bandara, pihaknya akan memikirkan untuk menghubungkan jalur kereta tidak hanya sampai bandara tapi juga Yogyakarta.

"Sementara ini kami pikirkan menghubungkan dari Stasiun Solo Balapan ke Bandara Adi Soemarmo. Tapi nanti ada juga pola dari Stasiun Solo ke Jogja," katanya .

Sumber : cnnindonesia.com

print  word  pdf

 

Narotama News & Events
5 Mahasiswa FIK UNNAR Sebagai Instruktur Workshop IoT Fundamental 5 Mahasiswa FIK UNNAR Sebagai Instruktur Workshop IoT Fundamental

12 September 2019, 07:13:59

Lima mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer (FIK) Universitas Narotama (UNNAR) bertindak sebagai instruktur workshop Internet of Things (IoT) Fundamental yang dilakukan di BOSCH Innovation Center, Jalan Diponegoro, Surabaya, pada 11 dan 12 September 2019. Workshop yang diselenggarakan atas kerjasama FIK UNNAR dan SMKN 7 Surabaya ini dibuka oleh Kaprodi Sistem Komputer, Slamet Winardi, ST, MT. Kelima mahasiswa tersebut adalah Muhamad Nur ....Selengkapnya

print    word   pdf

Public News

Menristekdikti Kenang Habibie Sebagai Sosok Inovatif
14 September 2019, 09:00:03

Menristekdikti Kenang Habibie Sebagai Sosok Inovatif

Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohammad Nasir mengenang mendiang Presiden RI ketiga Bacharudin Jusuf Habibiesebagai sosok yang sangat inovatif dan inspiratif. Nasir mengenang sosok Habibie berkontribusi mendorong kemajuan .....