go green
Recent Issues

Operator Korsel Gandeng Nokia dan Ericsson Kembangkan 6G

Operator Korsel Gandeng Nokia dan Ericsson Kembangkan 6G

18 Juni 2019, 09:00:05

Operator telekomunikasi asal Korea Selatan, SK Telecom bekerja sama dengan Nokia dan Ericsson untuk melakukan penelitian dan pengembangan jaringan nirkabel 6G.

SK Telecom akan membuat serangkaian persyaraatan membangun dan mengauntentikasi teknologi dari jaringan nirkabel 6G.
"Kolaborasi antara perusahaan seperti ini akan menjadi penting karena teknologi dan standar untuk jaringan 6G belum didefinisikan secara jelas," kata perwakilan SK Telecom.
Penelitian dan pengembangan akan dilakukan mulai dari proses Ultra Reliable dan Low Lantency (URRLC), Distributed Multiple Input dan Multiple Output (MIMO) dan Artificial Intelligence (AI), pita 28GHz dan jaringan 5G Stand-Alone (SA) untuk diterapkan pada jaringan 6G mendatang.

Ericsson, Nokia, dan Samsung Electronic merupakan pemasok utama peralatan telekomunikasi jaringan 5G untuk SK Telecom.

Dilaporkan ZDNet, selain Ericsson dan Nokia, Samsung menyatakan akan mengadakan penelitian jarinagn 6G. Untuk mendukung upaya tersebut, perusahaan asal Korea Selatan ini telah memperluas tim riset telekomunikasi dan membentuk grup bernama Advanced Research Center yang berkantor di Seoul, Korea Selatan.
"Tim terkait standar teknologi telekomunikasi telah diperluas untuk memulai penelitian terkemuka di jaringan 6G," ucap perwakilan Samsung dikutip Tech Radardari kantor berita The Korea Herald.

Korea Selatan telah meluncurkan teknlogi seluler 5G pertama di dunia pada 5 April lalu. Peluncuran dilakukan setelah Korsel memenangkan perlombaan untuk menjadi yang pertama menyediakan pengalaman komunikasi super cepat bagi pengguna.
Pemerintah juga menyataan saat ini ada satu juta pengguna ponsel yang telah mengadopsi teknologi generasi kelima hanya dalam waktu 59 hari.

Kementerian Sains dan Teknologi Korea Selatan pun mengkonfirmasi bahwa jumlah pelanggan 5G di negaranya telah melebihi satu juta pengguna pada 10 Juni. Peningkatan pengguna 5G di Korea Selatan rata-rata mencapai 17 ribu pengguna tiap harinya dimulai pada 3 April lalu.
Selain itu kantor berita Yonhap menyebut total pelanggan 5G di Korea Selatan bakal mencapai 4 hingga 5 juta orang pada akhir 2019. Angka itu akan bertambah jika Samsung Galaxy Fold dan Samsung Note 10 disematkan teknologi 5G.



Sumber: CnnIndonesia

print  word  pdf

 

Narotama News & Events
Prodi Sistem Informasi UNNAR Jalin Kerjasama dengan Komunitas Odoo Indonesia Prodi Sistem Informasi UNNAR Jalin Kerjasama dengan Komunitas Odoo Indonesia

22 Juli 2019, 06:13:02

Program Studi Sistem Informasi– Fakultas Ilmu Komputer (FIK) Universitas Narotama (UNNAR) yang berkonsentrasi pada pengembangan solusi bisnis memandang perlu melakukan kerjasama dalam pengembangan Odoo. Kerjasama ini dijalin dengan Komunitas Odoo Indonesia yang diwakili oleh Agung Hario, S.Kom, praktisi dalam bidang pengembangan Enterprise Resources Planning (ERP) dengan framework Odoo. Kerjasama tersebut diwujudkan dengan pengenalan Odoo yang dipimpin oleh Kaprodi Sistem Informasi, Immah ....Selengkapnya

print    word   pdf

Public News

Papua Nugini Desak Australia Beri Tenggat Relokasi Imigran
23 Juli 2019, 09:00:01

Papua Nugini Desak Australia Beri Tenggat Relokasi Imigran

Perdana Menteri James Marape mendesak Australiasegera menentukan tenggat untuk merelokasi pengungsi imigran dan pencari suaka yang hingga kini masih telantar di Pulau Manus, Papua Nugini. Marape mengatakan bahwa permintaan penentuan .....

BI Yakin Penurunan Bunga Acuan Gairahkan Pasar Modal
23 Juli 2019, 09:00:01

BI Yakin Penurunan Bunga Acuan Gairahkan Pasar Modal Medan -- Bank Indonesia (BI) menilai pemangkasan suku bunga acuan akan menarik lebih banyak investor masuk ke pasar modal. Penurunan suku bunga tersebut akan membuat investor cenderung melihat prospek pertumbuhan .....