go green
Recent Issues

Masyarakat Robotika Indonesia Dideklarasikan

Masyarakat Robotika Indonesia Dideklarasikan

12 Januari 2019, 09:00:00

BOGOR - Guna meningkatkan efisiensi industri dan menyesuaikan laju dalam era Industri 4.0, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi bersama stakeholder terkait mendeklarasikan Masyarakat Robotika Indonesia (MRI) di Bogor kemarin.
“Rekayasa memerlukan perkembangan yang efisien dan ketepatan. Industri otomasi memerlukan perhitungan dan pengalaman yang harus diolah oleh tim berpengalaman. Otomasi di dunia industri sangat erat kaitannya dengan sistem robotika,” kata Deputi Teknologi Pengembangan Sumber daya Alam (TPSA) Badan Pengkajian Penerapan Teknologi Hammam Riza.
Menurutnya, di Indonesia komunitas robotika telah tumbuh dengan sangat pesat, terbukti dengan banyaknya di gelar kompetisi robotika. “Se iring dengan hal itu, pemerintah juga telah mempersiapkan diri dalam memasuki era Industri 4.0,” jelasnya. BPPT dan Robotic Explorer berusaha mempersatukan beberapa komunitas untuk membuat suatu wadah organisasi yang diharapkan dapat menjadi standar perkembangan dunia teknologi robotika.
“Sebab, beberapa langkah awal sudah dilakukan seperti konsep pendidikan teknologi mulai dari tingkat sekolah dasar hingga perguruan tinggi, lalu arah riset teknologi yang dikembangkan, serta regulasi dan standar pengembangan industri juga siap melangkah dalam era industri teknologi agar semakin berkembang di negara kita sehingga Indonesia tidak hanya menjadi pasar industri dari luar negeri saja,” jelasnya.
Menteri Tenaga Kerja (Menaker) Hanif Dakhiri menjelaskan, paradigma pemerintah dalam melindungi tenaga kerja juga perlu diubah dalam menghadapi era revolusi 4.0 ini. Perkembangan teknologi dan informasi juga berdampak terhadap perubahan jenis dan pola kerja tenaga kerja.
“Jadi bukan hanya melindungi pada status pekerjaannya, tapi pada kemampuan untuk bekerjanya,” jelasnya. Menurut Hanif, kemampuan untuk dapat terus bekerja dapat tercapai melalui keterampilan yang dapat berubah dan beradaptasi dengan cepat karena model pekerjaan di masa depan tidak lagi berdasar pada status pekerjaan tetap.
Maka itu, keterampilan yang dapat berubah dan beradaptasi dengan cepat tersebut dapat diwujudkan melalui penguatan akses dan mutu pelatihan vokasi di BLK.
“Hal inilah yang menjadi dasar Kementerian Ketenagakerjaan menerapkan kebijakan triple skilling,” jelasnya.
Dalam kesempatan yang sama, Pendiri dan Direktur Rumah Robot World Robotic Explorer (WRE) Jully Tjindra wan menjelaskan, pihaknya saat ini juga sedang membentuk tim kurikulum kompetensi dasar untuk pendidikan anak usia dini (PAUD). “Selain itu, kita juga sedang menyusun kurikulum kompetensi dasar. Program pembelajaran, sila bus, semua sudah kita susun untuk PAUD,” jelasnya.

Sumber: OkeZone

print  word  pdf

 

Narotama News & Events
Inovasi Lupis Semanggi Karya Mahasiswa UNNAR Mendapatkan Hibah PKM Kewirausahaan Inovasi Lupis Semanggi Karya Mahasiswa UNNAR Mendapatkan Hibah PKM Kewirausahaan

23 Mei 2019, 02:15:59

Iseng-iseng berhadiah. Mungkin itu adalah kalimat yang tepat untuk menggambarkan kisah Ursulah Diana Fitriani dan kawan-kawan dari Universitas Narotama (UNNAR) Surabaya. Inovasi karya mahasiswi Program Studi Akuntansi bersama keempat orang temannya berhasil mendapatkan dana hibah dalam Program Kreativitas Mahasiswa bidang Kewirausahaan (PKM-K). Inovasi yang mereka buat adalah produk makanan yang mereka namakan Lupis Semanggi Rainbow Cake. Ide membuat Lupis Semanggi itu ....Selengkapnya

print    word   pdf

Public News

Rezim Maduro Kepung Gedung Parlemen yang Dikuasai Oposisi
23 Mei 2019, 09:00:00

Rezim Maduro Kepung Gedung Parlemen yang Dikuasai Oposisi Pemimpin oposisi sekaligus ketua Majelis Nasional atau parlemen Venezuela, Juan Guaido, menuduh pemerintahan Presiden Nicolas Maduro memblokade kantornya untuk "membungkam" para penentang. Guaido, yang juga telah mendeklarasikan diri sebagai presiden interim .....

Kemenkes Akan Autopsi Verbal Usut Kematian Petugas KPPS
23 Mei 2019, 09:00:00

Kemenkes Akan Autopsi Verbal Usut Kematian Petugas KPPS Jakarta -- Menteri Kesehatan Nila Moeloek menyebut pemerintah bakal melakukan autopsi verbal kepada petugas Kelompok Penyelenggaran Pemungutan Suara (KPPS) yang meninggal semasa bertugas di Pemilu 2019. Autopsi verbal dilakukan bersama .....