go green
Recent Issues

Mulai Januari 2019, Jepang Terapkan Pajak untuk Pengunjung

Mulai Januari 2019, Jepang Terapkan Pajak untuk Pengunjung

04 Januari 2019, 09:00:10

Tokyo: Mulai 7 Januari 2019, seluruh pengunjung yang akan meninggalkan Jepang diharuskan membayar retribusi sebesar 1.000 Yen atau setara dengan Rp135 ribu.

"Jepang akan mulai memungut pajak untuk setiap orang yang meninggalkan negara itu dengan pesawat atau kapal tanpa memandang kewarganegaraan," sebut pernyataan dari Pemerintah Jepang, dikutip dari Strait Times, Kamis 3 Januari 2019.
Di bawah undang-undang yang telah ditetapkan sejak April 218 ini, retribusi akan dikumpulkan setiap kali seseorang meninggalkan Jepang. Biaya ini dijadikan satu dengan tiket pesawat, kapal atau biaya perjalanan lainnya.

Sementara itu, pengunjung yang hanya transit di Jepang dan anak-anak di bawah dua tahun akan dibebaskan dari pajak tersebut.

Menurut Japan Times, pemerintah memutuskan memungut pajak dari pengunjung untuk mengakomodasi lebih para turis, seperti mengembangkan pariwisata dan meningkatkan prosedur imigrasi.

Misalnya, dana pajak tersebut akan digunakan untuk membuat gerbang scan wajah di bandara untuk proses imigrasi yang lebih cepat dan membuat papan informasi multibahasa.

Jumlah pengunjung ke Jepang telah meningkat dalam beberapa tahun terakhir yaitu mencapai 30 juta selama 2018. Pemerintah juga bertujuan meningkatkan jumlah wisatawan asing hingga 40 juta pada 2020, saat diselenggarakannya Olimpiade.

Sumber: metronews

print  word  pdf

 

Narotama News & Events
Universitas Narotama dan Universitas PGRI Adi Buana Surabaya Menjalin Kerja Sama Universitas Narotama dan Universitas PGRI Adi Buana Surabaya Menjalin Kerja Sama

21 Januari 2019, 08:52:23

Didasari oleh keinginan bersama untuk saling menunjang dalam melaksanakan pembangunan bangsa dan negara. Universitas Narotama (UNNAR) dan Universitas PGRI Adi Buana (UNIPA) Surabaya menjalin kerja sama yang diwujudkan dalam MoU (Memorandum of Understanding) dan MoA (Memorandum of Agreement). Penandatanganan MoU dan MoA dilakukan Rektor UNNAR Dr. Arasy Alimudin, SE, MM dan Rektor UNIPA Surabaya Drs. Djoko Adi Walujo, ST, MM, ....Selengkapnya

print    word   pdf

Public News

Surat Miskin Tak Lagi Dipakai di Penerimaan Siswa Baru 2019
21 Januari 2019, 09:00:02

Surat Miskin Tak Lagi Dipakai di Penerimaan Siswa Baru 2019 Jakarta, CNN Indonesia -- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menerbitkan peraturan baru mengenai Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) lewat Permendikbud Nomor 51 tahun 2018 tentang penerimaan peserta didik baru 2019. .....

87 Perusahaan Pembiayaan Bisa Manfaatkan DP Nol Persen
21 Januari 2019, 09:00:02

87 Perusahaan Pembiayaan Bisa Manfaatkan DP Nol Persen Jakarta, CNN Indonesia -- Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyebut 46 persen dari 188 perusahaan pembiayaan (multifinance) memiliki rasio pembiayaan macet (NonperformingFinance/NPF) kurang dari 1 persen. Berarti, sekitar 86-87 multifinance dapat .....