go green
Recent Issues

Mulai Januari 2019, Jepang Terapkan Pajak untuk Pengunjung

Mulai Januari 2019, Jepang Terapkan Pajak untuk Pengunjung

04 Januari 2019, 09:00:10

Tokyo: Mulai 7 Januari 2019, seluruh pengunjung yang akan meninggalkan Jepang diharuskan membayar retribusi sebesar 1.000 Yen atau setara dengan Rp135 ribu.

"Jepang akan mulai memungut pajak untuk setiap orang yang meninggalkan negara itu dengan pesawat atau kapal tanpa memandang kewarganegaraan," sebut pernyataan dari Pemerintah Jepang, dikutip dari Strait Times, Kamis 3 Januari 2019.
Di bawah undang-undang yang telah ditetapkan sejak April 218 ini, retribusi akan dikumpulkan setiap kali seseorang meninggalkan Jepang. Biaya ini dijadikan satu dengan tiket pesawat, kapal atau biaya perjalanan lainnya.

Sementara itu, pengunjung yang hanya transit di Jepang dan anak-anak di bawah dua tahun akan dibebaskan dari pajak tersebut.

Menurut Japan Times, pemerintah memutuskan memungut pajak dari pengunjung untuk mengakomodasi lebih para turis, seperti mengembangkan pariwisata dan meningkatkan prosedur imigrasi.

Misalnya, dana pajak tersebut akan digunakan untuk membuat gerbang scan wajah di bandara untuk proses imigrasi yang lebih cepat dan membuat papan informasi multibahasa.

Jumlah pengunjung ke Jepang telah meningkat dalam beberapa tahun terakhir yaitu mencapai 30 juta selama 2018. Pemerintah juga bertujuan meningkatkan jumlah wisatawan asing hingga 40 juta pada 2020, saat diselenggarakannya Olimpiade.

Sumber: metronews

print  word  pdf

 

Narotama News & Events
Inovasi Lupis Semanggi Karya Mahasiswa UNNAR Mendapatkan Hibah PKM Kewirausahaan Inovasi Lupis Semanggi Karya Mahasiswa UNNAR Mendapatkan Hibah PKM Kewirausahaan

23 Mei 2019, 02:15:59

Iseng-iseng berhadiah. Mungkin itu adalah kalimat yang tepat untuk menggambarkan kisah Ursulah Diana Fitriani dan kawan-kawan dari Universitas Narotama (UNNAR) Surabaya. Inovasi karya mahasiswi Program Studi Akuntansi bersama keempat orang temannya berhasil mendapatkan dana hibah dalam Program Kreativitas Mahasiswa bidang Kewirausahaan (PKM-K). Inovasi yang mereka buat adalah produk makanan yang mereka namakan Lupis Semanggi Rainbow Cake. Ide membuat Lupis Semanggi itu ....Selengkapnya

print    word   pdf

Public News

Rezim Maduro Kepung Gedung Parlemen yang Dikuasai Oposisi
23 Mei 2019, 09:00:00

Rezim Maduro Kepung Gedung Parlemen yang Dikuasai Oposisi Pemimpin oposisi sekaligus ketua Majelis Nasional atau parlemen Venezuela, Juan Guaido, menuduh pemerintahan Presiden Nicolas Maduro memblokade kantornya untuk "membungkam" para penentang. Guaido, yang juga telah mendeklarasikan diri sebagai presiden interim .....

Kemenkes Akan Autopsi Verbal Usut Kematian Petugas KPPS
23 Mei 2019, 09:00:00

Kemenkes Akan Autopsi Verbal Usut Kematian Petugas KPPS Jakarta -- Menteri Kesehatan Nila Moeloek menyebut pemerintah bakal melakukan autopsi verbal kepada petugas Kelompok Penyelenggaran Pemungutan Suara (KPPS) yang meninggal semasa bertugas di Pemilu 2019. Autopsi verbal dilakukan bersama .....