go green
Recent Issues

Ini Daftar Persenjataan Nuklir Dunia, Rusia dan AS Teratas

Ini Daftar Persenjataan Nuklir Dunia, Rusia dan AS Teratas

23 Desember 2016, 09:00:18

WASHINGTON Kicauan Presiden terpilih Amerika Serikat, Donald Trump, soal penguatan kembali pengembangan persenjataan nuklir nasional memicu pertanyaan lebih jauh. Sebenarnya ada berapa banyak senjata pemusnah massal yang dibuat negara-negara di dunia?

Melansir USA Today, Jumat (23/12/2016), Rusia adalah negara pemegang senjata nuklir terbanyak di dunia. Jumlah persenjataan nuklir Negeri Beruang Merah tersebut mencapai 7.300 buah. Demikian menurut perhitungan yang dilakukan lembaga independen Ploughshares Fund yang khusus mengampanyekan pengurangan jumlah persenjataan nuklir.

Sementara itu, Negeri Paman Sam berada di peringkat kedua dengan persenjataan nuklir sebanyak 6.970 buah. Jumlah tersebut merupakan hasil kesepakatan negosiasi kedua negara yang ditandatangani oleh Presiden Barack Obama dan Rusia. Kemudian diratifikasi oleh Senator AS pada 2010.

AS sebelumnya menyimpan senjata nuklir hampir 5 kali lebih banyak dari jumlahnya sekarang. Asosiasi Pengendalian Senjata mencatat pada masa jayanya pada 1967, negara adidaya itu memimpin dengan 31.255 senjata nuklir siap luncur.

Selain Rusia dan AS, ada tujuh negara lain yang mengembangkan senjata nuklir. Namun jumlahnya jauh di bawah kedua negara yang pernah terlibat perang dingin tersebut.

1. Prancis: 300 senjata nuklir, sebagian besar berbasis kapal selam. Sisanya bisa dibawa menggunakan pesawat.

2. China: 260 hulu ledak yang dapat diluncurkan melalui darat, udara, maupun laut.

3. Inggris : 215 senjata nuklir. Empat di antaranya kapal selam yang masing-masing dilengkapi 16 rudal.

4. Pakistan: 110-130 persenjataan. Jumlahnya terus meningkat dalam beberapa tahun terakhir. Pengembangan senjata nuklirnya difokuskan untuk menangkis serangan negara tetangganya, India.

5. India: 110-120 senjata nuklir. Pemerintah India mengumumkan kampanye serupa dengan Pakistan dalam meningkatkan persenjataan nuklirnya.

Kedua negara yang akan disebutkan di bawah ini sejatinya tidak pernah mengatakan secara gamblang bahwa mereka punya persenjataan nuklir. Akan tetapi, AS telah lama meyakini bahwa kedua negara ini memilikinya. Yang satu merupakan sekutu dan yang satu lagi musuh bebuyutan.

6. Israel: 80 senjata nuklir.

7. Korea Utara: Kurang dari 15 buah. Meskipun memiliki sedikit senjata nuklir, tetapi kekuatannya cukup mengkhawatirkan. Rudal balistik merupakan yang paling sering diuji coba dan dipamerkan ke oposisinya, Korea Selatan, Jepang, dan AS.

print  word  pdf

 

Narotama News & Events
Inovasi Lupis Semanggi Karya Mahasiswa UNNAR Mendapatkan Hibah PKM Kewirausahaan Inovasi Lupis Semanggi Karya Mahasiswa UNNAR Mendapatkan Hibah PKM Kewirausahaan

23 Mei 2019, 02:15:59

Iseng-iseng berhadiah. Mungkin itu adalah kalimat yang tepat untuk menggambarkan kisah Ursulah Diana Fitriani dan kawan-kawan dari Universitas Narotama (UNNAR) Surabaya. Inovasi karya mahasiswi Program Studi Akuntansi bersama keempat orang temannya berhasil mendapatkan dana hibah dalam Program Kreativitas Mahasiswa bidang Kewirausahaan (PKM-K). Inovasi yang mereka buat adalah produk makanan yang mereka namakan Lupis Semanggi Rainbow Cake. Ide membuat Lupis Semanggi itu ....Selengkapnya

print    word   pdf

Public News

Iran Berhenti Jalankan Sebagian Kewajiban Pakta Nuklir
26 Mei 2019, 09:00:01

Iran Berhenti Jalankan Sebagian Kewajiban Pakta Nuklir Pemerintah Iran menyatakan mulai hari ini berhenti menjalankan sebagian persyaratan yang harus dilaksanakan dalam pakta perjanjian penghentian program senjata nuklir pada 2015. Kebijakan itu diambil sebagai bentuk protes atas tekanan .....

Ahli Keamanan Siber Ungkap Cara Kerja Ikea Tipu-tipu
26 Mei 2019, 09:00:01

Ahli Keamanan Siber Ungkap Cara Kerja Ikea Tipu-tipu Security Technical Consultant Prosperita ESET Indonesia Yudhi Kukuh mengatakan masih banyak masyarakat yang menjadi korban penipuan melalui tautan (link) phising. Hal ini terjadi lantaran masyarakat tidak memperhatikan alamat situs tipu-tipu, .....