go green
Recent Issues

JIAD Desak Polisi Tangkap Dalang Bentrokan Warga di Jember

JIAD Desak Polisi Tangkap Dalang Bentrokan Warga di Jember

14 September 2013, 08:00:00

Nurul Arifin - Okezone

SURABAYA - Organisasi masyarakat Jaringan Islam Anti-Diskriminasi (JIAD) mendesak kepolisian untuk menangkap dalang bentrokan warga di Kabupaten Jember, Jawa Timur.

"Aparat kepolisian harus menunjukkan kewibawaannya dengan cara mengusut tuntas siapa dalang di balik bentrokan tersebut. Sehingga, mampu memberikan rasa aman kepada masyarakat Puger," tegas Presedium JIAD, Aan Anshorim kepada Okezone, Kamis (12/9/2013).

JIAD mengaku prihatin dengan bentrokan yang menewaskan satu orang itu. Dampak kerusuhan Sunni-Syiah di Kabupaten Sampang beberapa waktu lalu membuat Jatim menjadi sorotan dunia. Kini, persoalan serupa kembali terjadi di Jember.

Ia juga meminta kepada pihak bersengketa dan para tokoh agama untuk mengedepankan dialog dalam menyelesaikan masalah berkepanjangan ini. "Sekali lagi, yang harus dikedepankan adalah dialog. Pemerintah dan aparat keamanan harus tegas," tambah mantan aktivis Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) itu.

Berdasarkan informasi yang diterimanya, bentrokan di Desa Puger Kulon, Kecamatan Puger, mengakibatkan 21 sepeda motor dan dua unit perahu rusak. Selain itu, beberapa rumah warga juga rusak karena diamuk massa.

"Informasi lapangan, jumlah korban meliputi seorang meninggal dunia, seorang anggota polisi dan seorang ibu terluka. Kemudian ada 21 motor dan dua perahu dirusak. Aksi kekerasan juga mengakibatkan pecahnya kaca dan rusaknya bangunan sekolah di lingkungan Ponpes Darus Sholihin," bebernya.

Aksi itu, kata dia, dipicu kegiatan karnaval memperingati HUT RI yang diselenggaran ponpes yang pimpinan Ustadz Ali itu. "Rupanya terdapat kelompok yang tidak menyukai acara karnaval tersebut. Anggota kepolisian yang datang di lokasi sejak awal tidak mampu meredam penyerangan dari kelompok tersebut," pungkasnya.

print  word  pdf

 

Narotama News & Events
Prodi Teknik Sipil Gelar Balsa Bridge Competition Tingkat Siswa SMK dan SMA se-Jawa Timur Prodi Teknik Sipil Gelar Balsa Bridge Competition Tingkat Siswa SMK dan SMA se-Jawa Timur

24 Februari 2020, 01:50:17

Program studi Teknik Sipil (Fakultas Teknik) Universitas Narotama Surabaya, Jumat (21/2/2020) gelar Balsa Bridge Competition yang diikuti 40 tim sekolah SMA dan SMK se Jawa Timur. Kompetisi Balsa Bridge ini merupakan satu diantara kegiatan dari serangkaian acara yang digelar tahunan Civil Nation 2020. Liliana Hannes, sie acara Balsa Bridge Competition Universitas Narotama Surabaya menyampaikan bahwa kompetisi Balsa Bridge memang sengaja dipilih ....Selengkapnya

print    word   pdf

Public News

Data Sensus Penduduk Online 2020 BPS Bisa Bocor
23 Februari 2020, 09:00:29

Data Sensus Penduduk Online 2020 BPS Bisa Bocor Jakarta, Pakar keamanan siber dari CISSReC Doktor Pratama Persadha menyatakan Badan Pusat Statistik (BPS) wajib menjaga keamanan data Sensus Penduduk 2020, mengingat ada potensi terjadi kebocoran data seperti di Ekuador, .....