go green
Recent Issues

Kemendikbud Ingatkan Pemburu Harta Karun Harus Izin Nadiem

Kemendikbud Ingatkan Pemburu Harta Karun Harus Izin Nadiem

06 Maret 2021, 09:00:02

Jakarta, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengatakan pemanfaatan dan perburuan harta karun atau Benda Muatan Kapal Tenggelam (BMKT) bawah laut di Indonesia oleh investor asing harus mendapat izin Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim.

"Kalau dia (investor) mengangkat itu (harta karun), intinya kepada menteri pendidikan dan kebudayaan yang menangani kebudayaan izin dulu. Nanti ada arahan-arahannya," kata Pelaksana tugas Direktur Perlindungan Kebudayaan Kemendikbud Fitra Arda kepada CNNIndonesia.com, Jumat (5/3).

Fitra menjelaskan prosedur tersebut diatur dalam Undang-undang Nomor 11 Tahun 2010 tentang Cagar Budaya. Ia mengatakan ketika investor mengajukan izin mengeruk BMKT, Kemendikbud akan menelusuri lokasi dan asal benda tersebut.

Jika benda diduga memiliki nilai sejarah yang berpotensi menjadi cagar budaya, Kemendikbud mengharuskan penelitian dilakukan sebelum benda bisa dimanfaatkan investor.

Penelitian itu akan melibatkan berbagai ahli. Tujuannya untuk mengetahui asal benda dan nilai sejarah dari benda tersebut. Setelah penelitian rampung, benda akan diberikan sertifikat sebagai cagar budaya dan dicatat oleh negara.

Sumber :cnnindonesia.com

print  word  pdf

 

Narotama News & Events
KONI Jawa Timur Tindaklanjuti Penandatanganan MoU dengan Universitas Narotama KONI Jawa Timur Tindaklanjuti Penandatanganan MoU dengan Universitas Narotama

22 April 2021, 10:45:43

Delegasi Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Jawa Timur yang terdiri atas H. RB. Zainal Arifin, SH, M.Hum (Wakil Ketua Bidang Kerja Sama Dalam & Luar Negeri), Ir. Didik Utomo Pribadi, MP (anggota) dan Onny Philipus (anggota) melakukan kunjungan ke Universitas Narotama (UN) Surabaya, Rabu (21/4/2021). Kunjungan tersebut dalam rangka menindaklanjuti penandatanganan Nota Kesepahaman (Memorandum of Understanding / MoU) yang ....Selengkapnya

print    word   pdf

Public News

Facebook Bikin Aplikasi Audio Mirip Clubhouse, Bisa Cari Uang
22 April 2021, 09:00:00

Facebook Bikin Aplikasi Audio Mirip Clubhouse, Bisa Cari Uang Jakarta -- Facebook mengumumkan akan meluncurkan aplikasi audio Soundbites yang hanya bisa diakses lewat undangan, serupa Clubhouse. Aplikasi baru ini bakal dinamakan Soundbites dan akan diluncurkan dalam beberapa bulan mendatang. Lewat .....