go green
Recent Issues Google Kenang Pelopor Arsitektur Modern Google Kenang Pelopor Arsitektur Modern

27 Maret 2012, 15:25:42

Google mempersembahkan doodle hari ini untuk memperingati hari kelahiran pelopor arsitektur modern, Ludwig Mies van der Rohe. Karya arsitektur Mies pun menghiasi halaman utama mesin pencari Google.

Doodle itu bergambar gedung Crown Hall di Illinois Institute of Technology Chicago. Gedung yang dibangun antara 1950 - 1956 ini dianggap sebagai salah satu karya masterpiece yang dibuat Mies.

Tulisan "Google" pun terlihat samar di gambar arsitektur tersebut.

Arsitek kelahiran 126 tahun lalu ini dianggap sebagai pelopor gaya arsitektur modern yang mengubah tren arsitektur klasik dan gothik. Sejumlah material yang digunakan seperti besi dan kaca dianggap merepresentasikan ruang terbuka yang mengalir. Mies menyebut bangunan yang dia buat dengan sebutan arsitektur "kulit dan tulang".

Walau begitu, pria kelahiran Jerman ini tidak pernah mendapatkan pendidikan formal di bidang arsitektur. Mies disebut 'hanya' menjadi murid dari sejumlah arsitek, yang kemudian mengembangkan gayanya sendiri.

Saat Adolf Hitler berkuasa di Jerman, Mies kemudian pindah ke Amerika Serikat. Padahal selama di Jerman Mies ditunjuk sebagai Direktur Bauhaus School of Architecture.

Di negeri Paman Sam itu Mies kemudian melanjutkan karir arsitekturnya, dan sempat menjadi Kepala Sekolah Arsitektur di tempat yang kemudian berubah menjadi Illinois Institute of Technology.

Mies yang meninggal tahun 1969 kemudian meninggalkan sejumlah karya seni terbuka di kota-kota besar di Amerika. Bangunan hasil karya Mies itu antara lain gedung Seagram di New York, the Museum of Fine Art di Houston, dan perpustakaan Martin Luther King di Washington DC. | The Guardian | IBN Live


• VIVAnews

print  word  pdf

 

Narotama News & Events
UNNAR Buka Puasa Bersama Anak-anak YPAC Surabaya UNNAR Buka Puasa Bersama Anak-anak YPAC Surabaya

06 Juni 2018, 06:46:08

…di sini senang, di sana senang, di mana-mana hatiku senang //..di sini senang, di sana senang, di mana-mana hatiku senang//..lalala... Lirik lagu tersebut dinyanyikan oleh anak-anak dari Yayasan Pembinaan Anak Cacat (YPAC) Surabaya penuh semangat, dengan dipandu oleh tiga orang `mbak-mbak` dari Kampung Dongeng Surabaya. Kamis (31/5/2018) sore itu sedang berlangsung Pondok Ramadhan & Pelepasan Siswa Kelas Akhir SLB-D/D1/G YPAC ....Selengkapnya

print    word   pdf

Public News