go green
Recent Issues

Investor Saham Pindah ke Kripto? Ini Buka-bukaan Bos Bappebti

Investor Saham Pindah ke Kripto? Ini Buka-bukaan Bos Bappebti

21 April 2021, 09:00:00

Jakarta - Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Kementerian Perdagangan angkat bicara mengenai maraknya investor di pasar modal yang kini lebih condong terhadap sejumlah aset kripto (cryptocurrency) mulai dari bitcoin, ripple, ethereum dan lainnya.

Lantas, apakah benar demikian?

"Berdasarkan data transaksinya, sebenarnya kurang tepat," kata Kepala Bappebti Sidharta Utama dalam program Investime CNBC Indonesia, dikutip Selasa (20/4/2021).

Sidharta mengemukakan nilai transaksi harian aset kripto lebih kecil dibandingkan pasar saham. Per Februari, nilai transaksi harian kripto hanya Rp 1,5 triliun, sementara di pasar saham rata-rata hariannya bisa mencapai Rp 15 triliun.

Pun demikian jumlah investor di aset kripto. Data Bappebti mencatat, total investor aset kripto per Februari mencapai 4,2 juta, sementara investor khusus di pasar saham mencapai 4,5 juta pada periode yang sama.

"Karena kripto ini produk dari luar negeri. Dengan demikian, pembentukan harganya dibentuk secara global," katanya.

Sidharta menegaskan aset kripto dan saham merupakan produk investasi yang berbeda. Menurutnya, aset kripto sejatinya bisa menjadi sarana diversifikasi produk investasi.

"Jadi selain melakukan investasi di deposito, atau surat berharga pemerintah, atau obligasi, ini ada investasi lainnya yaitu aset kripto," tegasnya.

Dia mengatakan bahwa aset kripto merupakan alat investasi yang relatif baru, sehingga baru dimulai perdagangannya dalam beberapa tahun terakhir dan diprediksi akan terus meningkat ke depan.

"Aset kripto sendiri itu merupakan produk investasi yang berbeda dari produk investasi pasar modal. Dengan demikian, kedua alternatif investasi ini saling melengkapi bukan substitusi [bukan saling menggantikan]. Kekhawatiran itu saya kira tidak terlalu benar-benar terjadi," kata pengajar di FEB Universitas Indonesia (UI), Full Professor FEB UI, dan Sekretaris Majelis Wali Amanat UI ini.

Sumber : cnbcindonesia.com

print  word  pdf

 

Narotama News & Events
Alumni dan BEM Fakultas Ilmu Komputer Mengadakan Buka Bersama Anak Yatim Alumni dan BEM Fakultas Ilmu Komputer Mengadakan Buka Bersama Anak Yatim

10 Mei 2021, 12:29:41

Selain aktivitas beribadah untuk meningkatkan keimanan kepada Allah SWT, bulan Ramadhan juga merupakan momen memperbaiki hubungan dengan sesama umat manusia. Alumni dan BEM Fakultas Ilmu Komputer (FIK) Universitas Narotama (UN) Surabaya mengadakan acara “Buka Bersama Keluarga Fasilkom & Anak Yatim' pada hari Rabu, 5 Mei 2021, di Asrama Yatim Mizan Amanah, Tenggilis Mejoyo. Buka puasa bersama tersebut diikuti 18 mahasiswa ....Selengkapnya

print    word   pdf

Public News

Kemenkes Janji Mandek Insentif Nakes Wisma Atlet Cair Besok
11 Mei 2021, 09:00:00

Kemenkes Janji Mandek Insentif Nakes Wisma Atlet Cair Besok Jakarta -- Kementerian Kesehatan (Kemenkes) memastikan pembayaran tunggakan insentif Desember 2020 terhadap para relawan tenaga kesehatan (nakes) di Rumah Sakit Darurat (RSD) Wisma Atlet akan dibayarkan paling lambat besok. Sekretaris Badan .....

Mobil Robot Pengantar Pizza Mulai Berkeliaran di AS
11 Mei 2021, 09:00:00

Mobil Robot Pengantar Pizza Mulai Berkeliaran di AS Jakarta -- Kendaraan kemudi otomatis tidak hanya dimanfaatkan untuk penumpang. Kali ini restoran pizza Dominos meluncurkan layanan pengiriman pizza menggunakan mobil robot kepada pelanggan terpilihnya di Houston, Amerika Serikat. Robot yang .....