go green
Recent Issues

PHK Massal Karyawan Bukalapak Tak Pengaruhi Status Unicorn

PHK Massal Karyawan Bukalapak Tak Pengaruhi Status Unicorn

12 September 2019, 09:00:02

Pemangkasan ratusan karyawan Bukalapak tidak akan memengaruhi status Bukalapak sebagai unicorn. Ekonom dan akademisi Universitas Indonesia Fithra Faisal Hastiadi mengatakan valuasi berkaitan erat dengan proyeksi traksi dan leverage.

Unicorn adalah perusahaan startup yang memiliki nilai valuasi sebesar US$1 miliar. Selain Bukalapak, unicorn asal Indonesia yakni Gojek, Traveloka, dan Tokopedia.
"Saya rasa tidak ada pengaruh signifikan. Karena kalau bicara valuasi itu terkait dengan proyeksi traksi atau leverage ke depan seperti apa. Ini kan hanya penyesuaian sumber daya manusia, saya kira tidak pengaruh," ujar Fithra saat dihubungi CNNIndonesia.com, Selasa (10/9).

Traksi adalah acuan keberhasilan sebuah startup dalam menjalankan bisnis. Traksi dihitung ketika orang mulai memerhatikan, membicarakan, dan menggunakan produk atau layanan perusahaan.

Sementara leverage merupakan kemampuan perusahaan untuk menggunakan aset dari dana pinjaman untuk menciptakan hasil pengembalian yang baik dan mengurangi biaya. Leverage menjadi indikator pertimbangan penting bagi investor atau kreditur untuk menilai investasi mereka.

Bagi Fithra, pemangkasan ratusan karyawan dilakukan untuk efisiensi demi mendorong perkembangan Bukalapak menyandang gelar decacorn. Decacorn sendiri merupakan perusahaan yang memiliki valuasi US$10 miliar.
Menurutnya, pemangkasan `beban` di divisi-divisi yang dianggap kurang produktif merupakan hal lumrah terjadi di korporasi.
"Kalau saya melihat ini aktivitas korporasi biasa meskipun memang, terkesan cukup tiba tiba. Ini hal wajar bahkan layak untuk dilakukan perusahaan ketika tren menanjak, melakukan efisiensi," tandasnya.

Bukalapak dikabarkan melakukan aksi pemangkasan ratusan karyawan di sejumlah divisi. Sumber CNNIndonesia.com mengatakan beberapa divisi seperti engineer, marketing, dan costumer service menjadi `korban` dari dugaan pemangkasan tersebut.




Sumber: CnnIndonesia

print  word  pdf

 

Narotama News & Events
Riset Sejak Tahun 2000, Mahasiswa Magister Teknik UNNAR Eksplorasi Bioconc untuk Pembuatan Beton Ramah Lingkungan Riset Sejak Tahun 2000, Mahasiswa Magister Teknik UNNAR Eksplorasi Bioconc untuk Pembuatan Beton Ramah Lingkungan

18 Oktober 2019, 03:33:02

Sumber daya alam (SDA) Indonesia yang begitu melimpah seharusnya menjadi kesempatan para peneliti untuk membuat riset mengenai hal tersebut dengan lebih intens. Hal itulah yang dilakukan oleh Makno Basoeki, lulusan program studi Magister Teknik Universitas Narotama (UNNAR). Sejak tahun 2000, Makno melakukan eksplorasi sumber daya alam untuk membuat produk beton karya anak bangsa yang berkualitas. “Diawali dari keprihatinan saya karena masih ....Selengkapnya

print    word   pdf

Public News

RI Gandeng Belanda Genjot Ekspor Dekorasi Rumah ke Eropa
19 Oktober 2019, 09:00:00

RI Gandeng Belanda Genjot Ekspor Dekorasi Rumah ke Eropa Jakarta -- Kementerian Perdagangan RI dan Centre for the Promotion of Imports from Developing Countries (CBI) Belanda sepakat mendorong pengembangan ekspor produk dekorasi rumah Indonesia ke pasar Eropa. Kedua belah .....

Server BMKG Diretas
17 Oktober 2019, 09:00:16

Server BMKG Diretas

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan dan Geofisika (BMKG) menyebut server yang menangani data kualitas udara PM10 diretas. Peretasan ini menyebabkan tidak berfungsinya pengiriman otomatis data polutan PM10 di situs dan .....