go green
Recent Issues

Kemenhub Bangun Kolam Air Pengujian Mobil Listrik Tahun Depan

Kemenhub Bangun Kolam Air Pengujian Mobil Listrik Tahun Depan

14 Agustus 2019, 09:00:04

Guna mewujudkan mimpi membangun industri otomotif kendaraan ramah lingkungan, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengklaim baru akan membangun fasilitas dan pengadaan alat uji tipe khusus kendaraan listrik pada tahun depan.

Kepala Balai Pengujian Laik Jalan dan Sertifikasi Kendaraan Bermotor (BPLJSKB) Caroline Noorida Aryani mengatakan fasilitas uji coba bakal digunakan pemerintah untuk menguji keandalan mobil listrik, hybrid dan plug-in hybrid serta hidrogen dari berbagai aspek sebelum dipasarkan ke konsumen.
"Fasilitas uji kendaraan listrik akan mulai dibangun 2020 melalui KPBU (Kerja sama Pemerintah Badan Usaha)," kata Caroline melalui pesan singkat kepada CNNIndonesia.com, Senin (12/8).

Caroline menyampaikan pihaknya akan membangun berbagai lintasan pengujian dalam rangka mengetes keandalan kendaraan listrik sebelum dijual di Tanah Air. Lintasan yang dibangun berupa tanjakan dan lintasan dengan genangan air.
"Ada lintasan untuk tanjakan dan berair nanti," ucap Caroline.
Ia menjelaskan lokasi uji tipe kendaraan listrik akan memanfaatkan lahan di Bekasi, Jawa Barat yang telah memenuhi standar global.

Caroline bilang untuk membangun fasilitas ini pemerintah bakal menggandeng perusahaan swasta dalam negeri, Badan Usaha Milik Negara (BUMN), dan perusahaan asing. Menurut dia sudah ada 22 perusahaan yang berminat untuk proyek ini.
"Sudah ada 22 perusahaan yang menyampaikan LoI (Letter of Interest/ surat minat) dari dalam dan luar negeri. Ada dari Jepang, Korea, Spanyol dan Indonesia. Saya tidak hapal satu per satu," ucap dia.
Caroline menambahkan paling cepat lelang antara perusahaan tersebut bakal berlangsung pada akhir September 2019, sementara peletakan batu pertama ditargetkan dilakukan pada kuartal kedua tahun depan atau April.





https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20190812181625-384-420659/kemenhub-bangun-kolam-air-pengujian-mobil-listrik-tahun-depan

print  word  pdf

 

Narotama News & Events
Rektor Lakukan Kunjungan Industri ke OSO GROUP Rektor Lakukan Kunjungan Industri ke OSO GROUP

29 Februari 2020, 02:40:49

Rektor Universitas Narotama Dr. Ir. H. Sri Wiwoho Mudjanarko, ST, MT, IPM bersama Dr. M. Ikhsan Setiawan, ST, MT (Wakil Rektor I), Agus Sukoco, ST, MM (Kaprodi Manajemen) dan Ronny Durrotun Nasihien, ST, MT (Kaprodi Teknik Sipil) melakukan kunjungan industri ke OSO GROUP, Jumat (28/2/2020). Rombongan dari Universitas Narotama tersebut disambut oleh Direktur Operasional OSO GROUP, Ardian E.D. Serang, SE, ....Selengkapnya

print    word   pdf

Public News

Perumnas Sebut BI Checking Jadi Kendala Utama Pengajuan KPR
29 Februari 2020, 09:00:00

Perumnas Sebut BI Checking Jadi Kendala Utama Pengajuan KPR Jakarta -- Perusahaan Umum Pembangunan Perumahan Nasional (Perumnas) mengungkap beberapa tantangan dalam proses pengajuan Kredit Pemilikan Rumah (KPR). Tantangan terberat yakni pada proses pengecekan berdasarkan laporan riwayat kredit seseorang yang .....

Kondisi Otak Pencandu Smartphone
29 Februari 2020, 09:00:00

Kondisi Otak Pencandu Smartphone

Kondisi fisik otak pada orang yang kecanduan bermain smartphone ternyata serupa dengan kondisi otak mereka yang mengonsumsi obat-obatan terlarang ( narkoba). Hal tersebut ditemukan dalam sebuah riset berjudul "Addictive .....