go green
Recent Issues

10 Roket Hantam Pangkalan Pasukan AS di Irak

10 Roket Hantam Pangkalan Pasukan AS di Irak

05 Maret 2021, 09:00:01

Jakarta -- Sebanyak 10 roket menghantam pangkalan udara Ain al-Asad, Irak yang menjadi basis pasukan Amerika Serikat dan koalisi, Rabu (3/3).

Serangan ini terjadi dua hari sebelum kunjungan Paus Fransiskus ke negara itu.

Sejauh ini tidak ada korban jiwa akibat serangan tersebut.

Pangkalan Ain al-Assad menampung pasukan Irak serta pasukan dari koalisi pimpinan AS yang membantu negara itu melawan sisa-sisa kelompok ISIS.

Seperti dikutip dari AFP, juru bicara pasukan koalisi Kolonel Wayne Marotto mengatakan 10 roket menghantam pangkalan pada Rabu pagi.

Sumber keamanan Barat mengatakan kepada AFP bahwa roket itu adalah model Arash buatan Iran, yang merupakan roket artileri 122 mm.

Paus rencananya akan melakukan kunjungan perdana ke Irak pada Maret ini. Kunjungan bersejarah ini akan menjadikan ia sebagai Kepala Gereja Katolik Roma pertama yang berkunjung ke negara Timur Tengah tersebut.

Paus akan mengunjungi Irak di tengah situasi keamanan sedang memburuk di negara itu.

Pada 16 Februari lalu, tiga roket menyerang bandara Erbil, Irak hingga menewaskan seorang kontraktor sipil dan melukai tentara AS.

Sebelumnya Irak juga diguncang bom bunuh diri. Sedikitnya 32 orang tewas dalam ledakan bom yang terjadi di sebuah pasar Baghdad itu. Bom bunuh diri itu disebut sebagai yang terbesar dalam tiga tahun terakhir.

Fasilitas militer dan diplomatik AS dan negara Barat kerap menjadi sasaran puluhan roket dan serangan bom sejak 2019 lalu. Sebagian besar serangan terjadi di Baghdad.

AS dan Irak menyalahkan kelompok bersenjata termasuk faksi pro-Iran Kataeb Hisbullah dan Asaib Ahl al-Haq terhadap serangan-serangan tersebut.

Kedua kelompok tersebut sangat menentang kehadiran tentara AS dan koalisi asing sejak 2014 itu.

Sumber cnnindonesia.com

print  word  pdf

 

Narotama News & Events
Universitas Narotama Selenggarakan Seminar Nasional dan Launching Konsorsium Pengelola Jurnal Pengabdian Universitas Narotama Selenggarakan Seminar Nasional dan Launching Konsorsium Pengelola Jurnal Pengabdian

14 April 2021, 15:12:11

Universitas Narotama (UN) Surabaya menyelenggarakan Seminar Nasional dan Launching Konsorsium Pengelola Jurnal Pengabdian dengan tema “Konektivitas Pengabdian Melalui Digitalisasi Jurnal di Era Pandemi Covid-19 untuk Kemajuan Bangsa” yang dilaksanakan secara daring dengan `zoom meeting` pada Jumat, 9 April 2021 pukul 08:45 – Selesai (waktu Surabaya). Kegiatan yang diikuti lebih dari 190 peserta ini menghadirkan pembicara Prof. Dr. Okid Parama Astirin, ....Selengkapnya

print    word   pdf

Public News

Jokowi Cuma Butuh 10 Hari Dapat Restu DPR Lebur Kemenristek
13 April 2021, 09:00:00

Jokowi Cuma Butuh 10 Hari Dapat Restu DPR Lebur Kemenristek Jakarta -- Presiden Joko Widodo cuma butuh waktu 10 hari untuk mendapat restu DPR RI melebur Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek) dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Jokowi mengajukan penghapusan Kemenristek .....

Perusahaan China Tencent Buat Data Center Pertama di RI
14 April 2021, 09:00:00

Perusahaan China Tencent Buat Data Center Pertama di RI Jakarta -- Perusahaan teknologi asal China Tencent Holdings, melalui anak perusahaan Tencent Cloud, resmi meluncurkan Internet Data Center (IDC) pertama mereka di Indonesia. Senior Vice President Tencent Cloud International Poshu Yeung .....