go green
Recent Issues

Angin Kencang di Kota Batu, 1 Tewas dan 1.216 Warga Mengungsi

Angin Kencang di Kota Batu, 1 Tewas dan 1.216 Warga Mengungsi

21 Oktober 2019, 09:00:12

Jakarta -- Satu orang tewas dan 1.216 warga Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur, harus mengungsi akibat bencana angin kencang yang menerjang wilayah tersebut sejak Sabtu (19/10).

"Satu orang meninggal dunia, dan beberapa orang mengalami luka-luka serta gangguan saluran pernapasan. Saat ini ada kurang lebih 1.216 pengungsi," kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu Sasmito, Minggu (20/10) dikutip dari Antara.

Kejadian bencana angin kencang tersebut terjadi mulai Sabtu (19/10) pukul 23.30 WIB. Hingga Minggu (20/10), hembusan angin belum berhenti.

Ada sebanyak tiga desa di Kecamatan Bumiaji yang terdampak angin kencang tersebut, yakni Desa Sumber Brantas, Desa Gunungsari, dan Desa Sumbergondo.

Berdasarkan data BPBD Kota Batu, hingga Minggu (20/10) pukul 22.30 WIB, pengungsi terbagi di lima lokasi, yakni Rumah Dinas Wali Kota Batu, Desa Punten, Posko BPBD Kota Batu, Balai Desa Tulungrejo, dan SDN 1 Punten.

Pengungsi terbanyak ditempatkan di Balai Desa Punten, dan Posko BPBD Kota Batu, kurang lebih sebanyak 900 orang. Para pengungsi saat ini membutuhkan bantuan bahan makanan, air mineral, perlengkapan bayi, dan selimut.

Sasmito menyebut satu korban tewas, Sodiq, disebabkan oleh pohon tumbang pada saat angin berhembus sangat kencang. Selain itu, 20 rumah rusak di Desa Sumbergondo, dan sejumlah fasilitas umum mengalami kerusakan.

Banyaknya pohon tumbang pun menyebabkan akses jalan raya tertutup. Aliran listrik dan jaringan komunikasi pun padam.
"Banyak pohon tumbang yang mengganggu akses jalan raya dan mengancam beberapa bangunan rumah maupun dan fasilitas umum," kata Sasmito

BPBD Kota Batu mengeluarkan beberapa rekomendasi terkait kejadian tersebut, di antaranya adalah evakuasi warga Sumber Brantas, pengamanan lokasi terdampak yang ditinggalkan warga, serta termasuk penutupan jalur lintas Kota Batu-Kabupaten Mojokerto via Cangar.

"Untuk pertimbangan alasan keamanan dan keselamatan, rekomendasi berupa, jalur lintas Kota Batu-Kabupaten Mojokerto via Cangar ditutup," kata Sasmito.

Sumber : cnnindonesia.com

print  word  pdf

 

Narotama News & Events
Siswa SMKN 1 Dlanggu Mojokerto Kunjungan Industri Ke Universitas Narotama Siswa SMKN 1 Dlanggu Mojokerto Kunjungan Industri Ke Universitas Narotama

26 Februari 2020, 07:53:00

Rombongan siswa dan guru Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Dlanggu Mojokerto mengadakan Kunjungan Industri ke kampus Universitas Narotama pada Rabu, 26 Februari 2020. Kedatangan rombongan 68 siswa dan 10 guru pembimbing SMKN 1 Dlanggu ini disambut langsung oleh Dekan Fakultas Ilmu Komputer (FIK) Aryo Nugroho, ST, S.Kom, MT bertempat di Conference Hall Universitas Narotama. Kunjungan tersebut dimanfaatkan oleh para ....Selengkapnya

print    word   pdf

Public News

China Resmi Larang Perdagangan Hewan Liar karena Corona
27 Februari 2020, 09:00:07

China Resmi Larang Perdagangan Hewan Liar karena Corona Jakarta -- Pemerintah China secara resmi mengumumkan larangan perdagangan dan konsumsi satwa liar yang diyakini sebagai sumber penyebaran virus corona. Komite Tetap Kongres Rakyat Nasional (NPC) menyetujui proposal larangan perdagangan satwa .....

Almaz dan Confero Kejar-kejaran Jadi Produk Terlaris di Bali
27 Februari 2020, 09:00:07

Almaz dan Confero Kejar-kejaran Jadi Produk Terlaris di Bali Gianyar, SGMW Motor Indonesia (Wuling Indonesia) menyebut penjualan Almaz dan Confero masuk ke produk paling banyak diminati untuk pasar Bali sepanjang Januari sampai Desember 2019. Media Relations Wuling Indonesia Brian Gomgom .....