go green
Recent Issues

Presiden Myanmar Buka Sekolah untuk Rohingya

Presiden Myanmar Buka Sekolah untuk Rohingya

16 Agustus 2012, 08:30:47

Aulia Akbar
Rabu, 15 Agustus 2012 21:04 wib

Foto : Presiden Myanmar Thein Sein (guardian)
NAYPYIDAW - Presiden Myanmar Thein Sein mengusulkan pembukaan sekolah untuk meningkatkan pendidikan anak-anak yang merupakan warga etnis Rohingya. Thein Sein mengatakan bahwa pendidikan adalah hal penting untuk membantu etnis asing yang hidup di Myanmar.

"Warga Benggala (Rohingya) hanya memiliki sekolah berbasiskan religi yang kurang memadai," ujar Thein Sein, seperti dikkutip VOA Burmese Service, Rabu (15/8/2012).

"Jadi, kami akan membuka sekolah untuk mereka dan memberikan pendidikan modern. Ketika mereka sudah menjadi kelompok yang terpelajar, mereka dapat membedakan apa yang baik dan buruk," imbuhnya.

Sejauh ini, Pemerintah Myanmar menepis laporan yang menyebutkan adanya insiden pembantaian di wilayah Arakan yang merupakan tempat tinggal warga Rohingya. Thein Sein mengklaim, saat ini pihak Pemerintah Myanmar justru memberikan bantuan kemanusiaan kepada korban-korban konflik itu.

Bersamaan dengan itu, Thein Sein menegaskan pula bahwa penyelidikan internasional terhadap peristiwa kekerasan di Arakan tidak perlu dilakukan. Namun desakan-desakan dari sejumlah negara untuk menggelar penyelidikan terhadap kasus kekerasan itu kian bermunculan.

Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dan Arab Saudi menuntut adanya proses penyelidikan yang mendetil mengenai peristiwa kekerasan itu. Utusan PBB untuk Myanmar Tomas Ojea Quintana turut meminta Parlemen Myanmar untuk menindaklanjuti isu Rohingya.

Salah seorang aktivis HAM di Inggris, Mabrur Ahmed, mengatakan bahwa dirinya cukup menyambut kebijakan Presiden Sein yang hendak membuka sekolah untuk warga Rohingya. Namun Ahmed menilai, akan ada masalah yang timbul dalam kebijakan yang diusung Thein Sein. Warga Rohingya juga belum memiliki status kewarganegaraan di Myanmar dan dipandang sebagai warga asing.(AUL)

print  word  pdf

 

Narotama News & Events
Pemprov Jatim dan Universitas Narotama Menjalin Kerjasama Pemprov Jatim dan Universitas Narotama Menjalin Kerjasama

21 Februari 2020, 08:02:09

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur (Jatim) dan Universitas Narotama menjalin kerjasama tentang pendidikan, pelatihan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat dan desa, serta pengembangan sumber daya manusia. Kerjasama tersebut dituangkan dengan penandatanganan Kesepakatan Bersama oleh Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa dan Rektor Universitas Narotama Sri Wiwoho Mudjanarko di Gedung Negara Grahadi, Jumat (21/2/2020). Penandatanganan kerjasama ini berlangsung menjelang dilaksanakan “Rapat Kerja Percepatan Penyaluran ....Selengkapnya

print    word   pdf

Public News