go green
Recent Issues

Tokoh OPM Ditolak Masuk Papua Sejak Meninggal 2 Februari

Tokoh OPM Ditolak Masuk Papua Sejak Meninggal 2 Februari

28 Februari 2021, 09:00:00

Jakarta -- Jenazah tokoh Organisasi Papua Merdeka (OPM), Fred Mambrasar ditolak masuk ke wilayah Papua usai meninggal dunia di Papua Nugini pada 2 Februari 2021. Jenazah Fred masih tertahan di Port Moresby.

Putra Fred, Yohanis Mambrasar mengatakan pihak keluarga berniat membawa pulang jenazah untuk dapat dimakamkan di kampung halaman. Yohanis mengatakan pihak Kedutaan Besar RI di Papua Nugini tidak mengizinkan Fred untuk dipulangkan.

"Kami keluarga sedang mengurus kepulangannya ke Papua, kami sudah mengurus dokumen-dokumen terkait urusan imigrasi untuk memulangkan jenazahnya," kata Yohanis saat dikonfirmasi, Kamis (25/2).

"Namun upaya dengan berbagai administrasi yang legal ini diabaikan oleh Kedutaan Besar RI di Papua Nugini dengan tidak diizinkan jenazah Fred dibawa ke Papua," ujarnya menambahkan.

Yohanis mengatakan alasan kedutaan menolak lantaran jenazah Fred bukan warga Indonesia. Alasan yang dikemukakan lainnya, Fred juga tidak memiliki kejelasan identitas di Papua Nugini, hingga surat administrasi dari Pemerintah Provinsi Papua tidak ditandatangani oleh pejabat selevel Sekda.

Dia menduga Kedutaan Besar RI di Papua Nugini membatasinya dengan alasan politik.Ini lantaran semasa hidupnya, Fred terlibat dalam gerakan politik perjuangan kemerdekaan Papua Barat di Papua Nugini.

Yohanis berharap agar masalah ini dapat terselesaikan dengan baik dan jenazah Fred dapat dipulangkan ke kampung halamannya. Ia juga mengatakan keluarga memiliki hak untuk mengubur Fred di tanah kelahirannya.

"Memulangkan jenazahnya ke Papua dan menguburkannya di kampung kami adalah hak mutlak kami keluarga," kata Yohanis.
Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Teuku Faizasyah mengaku tidak mengetahui soal masalah tersebut. Menurutnya, jenazah Fred tertahan karena perbatasan Indonesia dengan Papua Nugini belum dibuka karena pandemi virus corona (Covid-19).

"Saya tidak ada informasi tersebut. Realitasnya perbatasan masih belum dibuka karena Covid," tutur Teuku saat dikonfirmasi.

Sumber cnnindonesia.com

print  word  pdf

 

Narotama News & Events
Mahasiswa Prodi Akuntansi Universitas Narotama Juara 1 Lomba Essay Nasional SACVEDS 2021 Mahasiswa Prodi Akuntansi Universitas Narotama Juara 1 Lomba Essay Nasional SACVEDS 2021

13 April 2021, 09:55:21

Victor Da Costa Monteiro, mahasiswa Program Studi Akuntansi – Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Narotama (UN) Surabaya berhasil sebagai Juara 1 Lomba Essay Nasional Sharia Accounting Event Days (SACVEDS) 2021. Prestasi tersebut diraih Victor Da Costa setelah presentasi para finalis dan pengumuman pemenang yang berlangsung pada Selasa (6/4/2021). SACVEDS adalah Lomba Essay Nasional Tingkat S1 sederajat Se-Indonesia yang diselenggarakan oleh ....Selengkapnya

print    word   pdf

Public News

Jokowi Cuma Butuh 10 Hari Dapat Restu DPR Lebur Kemenristek
13 April 2021, 09:00:00

Jokowi Cuma Butuh 10 Hari Dapat Restu DPR Lebur Kemenristek Jakarta -- Presiden Joko Widodo cuma butuh waktu 10 hari untuk mendapat restu DPR RI melebur Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek) dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Jokowi mengajukan penghapusan Kemenristek .....

Cek 9 Informasi Penting Ini, Panduan Buat Transaksi Hari Ini
13 April 2021, 09:00:33

Cek 9 Informasi Penting Ini, Panduan Buat Transaksi Hari Ini Jakarta - Sederet peristiwa terjadi pada emiten sepanjang perdagangan kemarin, Senin (12/4/2021). Beberapa emiten melaporkanrencana bisnis perusahaan hingga kinerja perusahaan yang terpaksa harus terganggu di tahun lalu. Untuk itu CNBC Indonesia .....

Perbedaan Jaringan 5G dan 4G
12 April 2021, 09:00:00

Perbedaan Jaringan 5G dan 4G Jakarta -- Jaringan 5G merupakan generasi kelima dari pengembangan jaringan telekomunikasi di dunia. Tentunya ada beberapa perbedaan dari revolusi jaringan dari 3G, 4G hingga 5G. Revolusi komunikasi telah muncul setiap hampir .....