go green
Recent Issues

Gunung Merapi Muntahkan Awan Panas 1.500 Meter ke Barat Daya

Gunung Merapi Muntahkan Awan Panas 1.500 Meter ke Barat Daya

25 Februari 2021, 09:00:52

Jakarta -- Gunung Merapi yang berada di perbatasan Provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) kembali memuntahkan awan panas pada Kamis (25/2).

"Terjadi awan panas guguran di Gunung Merapi tanggal 25 Februari 2021 pukul 16.52 WIB," kata Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG), Hanik Humauda dalam keterangan tertulis, Kamis (25/2).

Berdasarkan data seismogram, awan panas guguran ini terjadi dengan amplitudo 37 mm dan berdurasi 115 detik.

Tinggi kolom awan panas tidak teramati. Sebab, saat kejadian puncak Gunung Merapi sedang dalam kondisi berkabut.

"Estimasi jarak luncur 1.500 meter ke arah barat daya," ucap Hanik.

Sementara itu, berdasarkan pemantauan pada pukul 06.00 hingga 12.00, teramati empat kali guguran lava dengan jarak luncur maksimum 1.500 meter ke arah barat daya.

Sampai saat ini, status Gunung Merapi diketahui berada di Level III atau waspada. Dengan status ini, masyarakat diminta untuk tidak melakukan kegiatan apapun di daerah potensi bahaya.

Potensi bahaya saat ini berupa guguran lava dan awan panas pada sektor selatan-barat daya meliputi sungai Kuning, Boyong, Bedog, Krasak, Bebeng, dan Putih sejauh maksimal 5 km.

Sedangkan untuk lontaran material vulkanik bila terjadi erupsi eksplosif dapat menjangkau radius 3 Km dari puncak.

Sumber cnnindonesia.com

print  word  pdf

 

Narotama News & Events
Universitas Narotama Menjalin Kerja Sama dengan Universitas Indonesia Universitas Narotama Menjalin Kerja Sama dengan Universitas Indonesia

15 April 2021, 08:05:24

Delegasi Universitas Narotama (UN) Surabaya terdiri atas Wakil Rektor I Dr. M. Ikhsan Setiawan, ST, MM dan Kaprodi Manajemen (S1) Agus Sukoco, ST, MM melakukan kunjungan ke Universitas Indonesia (UI) di kampus Depok, Jakarta, Senin (12/4/2021). Rombongan diterima langsung oleh Direktur Kemahasiswaan UI, Dr. Tito Latif Indra, S.Si, MSi bersama dengan Kabid Kemahasiswaan lainnya di Gedung PUSGIWA. Pada kesempatan tersebut, delegasi ....Selengkapnya

print    word   pdf

Public News

Jokowi Cuma Butuh 10 Hari Dapat Restu DPR Lebur Kemenristek
13 April 2021, 09:00:00

Jokowi Cuma Butuh 10 Hari Dapat Restu DPR Lebur Kemenristek Jakarta -- Presiden Joko Widodo cuma butuh waktu 10 hari untuk mendapat restu DPR RI melebur Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek) dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Jokowi mengajukan penghapusan Kemenristek .....