go green
Recent Issues

Botika, Startup Chatbot Gantikan Peran CS

Botika, Startup Chatbot Gantikan Peran CS

15 Oktober 2019, 09:00:00

Botika merupakan perusahaan rintisan berbasis Artificial Intelligence (AI) yang memanfaatkan produk chatbot atau asisten chat pintar untuk menjawab pertanyaan.

Botika ini diklaim dapat menggantikan peran Customer Service. Pendiri dan CEO Botika Ditto Anindita menuturkan pada awalnya Botika berfokus di bisnis penjualan tiket travel yakni pesawat.
Saat itu, Ditto dan tim hanya menyewa satu orang admin yang bertugas untuk menjawab pertanyaan konsumen seputar jadwal penerbangan namun setiap harinya pertanyaan yang diajukan konsumen makin bertambah.

Oleh sebab itu, pihaknya memutuskan untuk membuat sistem yang dapat menjawab pertanyaan pengguna secara otomatis. "Botika pada awalnya adalah layanan untuk reservasi tiket pesawat, meskipun kita buat layanan ini sesederhana mungkin tetapi masih banyak orang yang tanya seputar reservasi tiket sama admin Customer Service kita," kata Ditto kepada awak media di kantor Telkom Hub, Jakarta, Senin (7/10).
"Setelah CS sudah ada, ternyata konsumen pun bertambah maka makin banyak pertanyaan yang diajukan ke CS sehingga membuat CS kami agak kewalahan. Jadi, kita berpikir kenapa tidak bikin satu sistem yang bisa otomatis jawab pertanyaan yang diajukan," sambung dia.

Selain menggunakan machine learning, produk chatbot milik Botika ini juga memanfaatkan Neuro-Linguistic Programming (NLP) yang dapat mengetahui apa yang diinginkan oleh pengguna melalui aplikasi pesan instan seperti Facebook Messenger, Line, WhatsApp, dan Telegram. Lebih lanjut kata Ditto, pihaknya juga tengah mengembangkan produk Omnibot. Produk ini bertugas untuk memonitoring interaksi akun media sosial perusahaan yang bekerja sama dengan Botika.
"Kalau omnibot, ini adalah chatbot yang bertugas untuk memonitoring interaksi kita punya media sosial. Misal ada pertanyaan di kolom komentar dari pengguna yang bisa langsung dijawab, dia [omnibot] akan menjawab tetapi jika ada pertanyaan yang butuh bantuan admin, dia akan lempar ke admin Customer Service," jelas Ditto.

Tak hanya menyasar perusahaan travel, Botika juga menyediakan layanan chatbot untuk perusahaan lainnya seperti operator seluler, BUMN dan penyedia layanan call center.






Sumber: CnnIndonesia

print  word  pdf

 

Narotama News & Events
Siswa SMKN 1 Dlanggu Mojokerto Kunjungan Industri Ke Universitas Narotama Siswa SMKN 1 Dlanggu Mojokerto Kunjungan Industri Ke Universitas Narotama

26 Februari 2020, 07:53:00

Rombongan siswa dan guru Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Dlanggu Mojokerto mengadakan Kunjungan Industri ke kampus Universitas Narotama pada Rabu, 26 Februari 2020. Kedatangan rombongan 68 siswa dan 10 guru pembimbing SMKN 1 Dlanggu ini disambut langsung oleh Dekan Fakultas Ilmu Komputer (FIK) Aryo Nugroho, ST, S.Kom, MT bertempat di Conference Hall Universitas Narotama. Kunjungan tersebut dimanfaatkan oleh para ....Selengkapnya

print    word   pdf

Public News

China Resmi Larang Perdagangan Hewan Liar karena Corona
27 Februari 2020, 09:00:07

China Resmi Larang Perdagangan Hewan Liar karena Corona Jakarta -- Pemerintah China secara resmi mengumumkan larangan perdagangan dan konsumsi satwa liar yang diyakini sebagai sumber penyebaran virus corona. Komite Tetap Kongres Rakyat Nasional (NPC) menyetujui proposal larangan perdagangan satwa .....

Almaz dan Confero Kejar-kejaran Jadi Produk Terlaris di Bali
27 Februari 2020, 09:00:07

Almaz dan Confero Kejar-kejaran Jadi Produk Terlaris di Bali Gianyar, SGMW Motor Indonesia (Wuling Indonesia) menyebut penjualan Almaz dan Confero masuk ke produk paling banyak diminati untuk pasar Bali sepanjang Januari sampai Desember 2019. Media Relations Wuling Indonesia Brian Gomgom .....