go green
Recent Issues

Malaysia Dituduh Blokir Pemberitaan BBC

Malaysia Dituduh Blokir Pemberitaan BBC

20 Januari 2014, 09:00:00

KUALA LUMPUR - Berita mengenai komentar "kangkung" Perdana Menteri (PM) Malaysia Najib Razak, berujung panjang. Kantor berita Inggris, BBC -yang memuat berita tersebut- dikabarkan tidak bisa diakses oleh rakyat Malaysia.

Warga Malaysia yang ingin melihat pemberitaan mengenai komentar PM Najib, mengaku kesulitan mengakses berita dari website BBC tersebut. Hal tersebut memicu tuduhan bahwa Pemerintah Malaysia telah melakukan sensor atas pemberitaan BBC.

Sebelumnya, PM Najib Razak menuai kritikan dari rakyat Negeri Jiran. Kritikan dan cibiran dari warga, tidak lepas dari pernyataan PM Najib yang mampu menurunkan harga kangkung. Sontak ucapannya tersebut langsung diolok-olok oleh rakyat Negeri Jiran.

Banyak dari rakyat membuat berbagai animasi dan disebar melalui media sosial seperti Twitter dan Facebook. Sepertinya hal tersebut membuat malu PM Najib.

Tetapi Komisi Komunikasi dan Multimedia Malaysia (MCMC) menolak tuduhan telah memblokir akses ke BBC. Mereka menegaskan bahwa kesulitan yang dialami oleh rakyat, tidak lebih karena alasan teknis.

"Pihak komisi tidak memblokir website BBC," tegas Ketua MCMC Sheikh Raffoe Abdul Rahman, seperti dikutip The Malaysian Insider, Kamis (16/1/2014).

Menurut lembaga Digital News Asia menilai upaya untuk melakukan sensor terhadap BBC merupakan pelanggaran atas Undang-Undang Jaminan Super Koridor Multimedia Malaysia. Undang-undang tersebut menyebutkan bahwa Pemerintah Malaysia menjamin tidak akan melakukan sensor terhadap internet.

Setelah beberapa saat tidak bisa diakses, Digital News Asia menyatakan, website BBC masih bisa diakses sebagian. Sepertinya sejak siang hari ini, Kamis 16 Januari 2014, waktu Malaysia pemblokiran tersebut sudah dicabut. (faj)

print  word  pdf

 

Narotama News & Events
UKM Narotama Video dan Fotografi Pamerkan MentasQuy Vol.2 “Iling-Iling” UKM Narotama Video dan Fotografi Pamerkan MentasQuy Vol.2 “Iling-Iling”

13 Februari 2020, 02:15:16

Atrium BG Junction, Sabtu (8/2) lalu tampak dipenuhi foto-foto yang digantung pada rak kayu. Foto-foto tersebut merupakan karya 29 mahasiswa yang tergabung dalam Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Narotama Video dan Fotografi (Narvifo) yang dipamerkan dalam acara Menembus Batas Kreativitas Vol 2. Ketika diperhatikan, foto-foto yang ditampilkan dalam acara Menembus Batas Kreativitas Vol 2 tersebut mengerucut dalam satu tema. Yakni, tentang kehidupan ....Selengkapnya

print    word   pdf

Public News

Dilema Guru di Kalijaya, Antara Kelas dan Sawah
17 Februari 2020, 09:00:00

Dilema Guru di Kalijaya, Antara Kelas dan Sawah Jakarta -- Tatapannya lemah. Wajahnya tampak lelah. Raut mukanya tak berseri saat ditemui CNNIndonesia.com beberapa waktu lalu. Dia adalah Wardi, seorang Kepala Sekolah SDN 1 Kalijaya, Ciamis, Jawa Barat. Sudah setahun .....