go green
Recent Issues

Langgar Wilayah RI, Australia Minta Maaf

Langgar Wilayah RI, Australia Minta Maaf

16 Januari 2014, 22:53:35

SYDNEY Pemerintah Australia menyatakan akan meminta maaf kepada Pemerintah Indonesia terkait pelanggaran wilayah yang dilakukan oleh Angkatan Laut (AL) Australia. Sebelumnya, AL Australia mendepak pencari suaka masuk ke wilayah Indonesia.

"Kami sudah diberi tahu mengenai `pelanggaran tidak disengaja` yang terjadi beberapa hari terakhir dan segera diberi tahu kepada AL Indonesia," ujar Menteri Imigrasi Australia Scott Morisson, seperti dikutip Reuters, Jumat (17/1/2014).

Morrison mengatakan bahwa Menteri Luar Negeri (Menlu) Australia Julie Bishop sudah berupaya menghubungi Menlu Marty Natalegawa untuk membahas masalah ini. Namun, menurut Morrison, Menlu Marty tidak dapat dihubungi.

"Permintaan maaf secara formal akan diserahkan oleh Kedutaan Besar Australia (di Jakarta) Jumat ini," lanjutnya.

AL Australia beberapa pekan terakhir mendepak kapal pencari suaka yang berusaha menyentuh daratannya. Para pencari suaka tersebut kemudian diarahkan kembali ke Indonesia dengan diberikan logistik dan bahan bakar.

Pendepakan terbaru yang dilakukan oleh pihak Australia dilaporkan terjadi pada awal pekan ini. Menurut Fairfax Media, Kamis 16 Januari 2014, yang mendapat keterangan dari Kepolisian Indonesia, kapal tersebut berisi 25 penumpang dari Bangladesh dan Myanmar. Kapal diawaki oleh dua orang warga Indonesia.

Seorang warga Bangladesh yang diketahui bernama Snilul mengakui bahwa AL Australia melepaskan tembakan ke udara untuk menakuti mereka. Beruntung tidak ada yang terluka dalam kejadian ini.

Mengenai pendepakan terhadap pencari suaka yang masih terus terjadi, Morrison mengaku akan tetap melakukan kebijakan tersebut.

"Kami akan tetap mengutarakan permintaan maaf, terutama dengan apa yang terjadi dengan pihak Indonesia saat ini. Tetapi kami tidak menghentikan kebijakan tersebut, karena kami dipilih untuk melakukan tugas yaitu menghentikan kapal (pencari suaka)," jelas Morrison. (faj)

print  word  pdf

 

Narotama News & Events
Kemenristekdikti Tetapkan Universitas Narotama Peringkat 83 PTN dan PTS se-Indonesia Kemenristekdikti Tetapkan Universitas Narotama Peringkat 83 PTN dan PTS se-Indonesia

20 Agustus 2019, 00:37:16

Universitas Narotama (UNNAR) memperoleh kado istimewa pada malam menjelang Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74. Kementerian Riset, Teknologi, dan Perguruan Tinggi (Kemenristekdikti) Republik Indonesia dalam Siaran Pers Nomor: 147/SP/ HM/BKKP/VIII/2019 tanggal 16 Agustus 2019, mengumumkan bahwa UNNAR menempati peringkat 83 (100 besar) dari 4.000 lebih Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) se-Indonesia. Peringkat 83 (PTN-PTS) ....Selengkapnya

print    word   pdf

Public News

Kawasan Hutan di Lereng Gunung Merapi Terbakar
20 Agustus 2019, 09:00:00

Kawasan Hutan di Lereng Gunung Merapi Terbakar Jakarta -- Kawasan hutan lereng Gunung Merapi di wilayah Kabupaten Magelang, Jawa Tengah terbakar pada Minggu (18/8) malam. Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Magelang Edy Susanto mengatakan berdasarkan informasi .....