go green
Recent Issues

WikiLeaks Beberkan Lawan Politik SBY

WikiLeaks Beberkan Lawan Politik SBY

18 Desember 2013, 12:43:45

CANBERRA - Kawat diplomatik Amerika Serikat (AS) yang dibocorkan oleh WikiLeaks, menyebutkan peran Ibu Negara Ani Yudhoyono dalam pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Salah satunya adalah hubungan Ani Yudhoyono dengan politikus lainnya.

"Ibu Negara (Ani Yudhoyono) diyakini meningkatkan aksesnya kepada Presiden (SBY) untuk membantu temannya dan mendongkel lawan, termasuk mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla," tulis WikiLeaks dalam dokumen bernomor 07JAKARTA2924_a dan berstatus rahasia ini, seperti dikutip dalam situs resmi WikiLeaks, Senin (16/12/2013).

Berdasarkan dokumen itu, Ani Yudhoyono terang-terangan menyuarakan ketidaksukaannya terhadap Jusuf Kalla. Sebagai Ibu Negara, dirinya bahkan menghendaki agar JK -sebutan akrab Jusuf Kalla- tidak diikutkan dalam kampanye Pemilu Nasional 2009.

Apa yang dilakukan oleh Ani Yudhoyono ini berbeda dengan hubungannya dengan Aburizal Bakrie. Berdasarkan dokumen WikiLeaks tersebut, Bakrie terus berupaya mengambil hati Ani Yudhoyono setelah dirinya dicopot dari jabatan sebagai Menteri Koordinator Perekonomian pada 2005.

"Setelah tidak lagi masuk dalam lingkungan dekat SBY, Bakrie langsung meluncurkan pendekatan dengan Ibu Negara demi mendapatkan perhatian dari SBY," tulis WikiLeaks.

Pendekatan yang dilakukan oleh Bakrie ini menurut WikiLeaks terbukti berhasil. Apa yang dilakukan Bakrie, menjadi cetak biru menjaga hubungan dengan Ani Yudhoyono.

Sebelumnya media asal Australia, The Australian, mengungkap kabel diplomatik Australia yang berisi pengamatan tentang Ibu Ani. Diplomat Australia mengklaim Ibu Ani memiliki pengaruh untuk mengatur arah kebijakan pemerintah. (faj)
Fajar Nugraha - Okezone

print  word  pdf

 

Narotama News & Events
SMK Pawiyatan Surabaya Lakukan Kunjungan Industri ke Universitas Narotama SMK Pawiyatan Surabaya Lakukan Kunjungan Industri ke Universitas Narotama

23 Agustus 2019, 06:36:35

Sebanyak 96 siswa dan 6 guru pendamping Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) “Pawiyatan” Surabaya melakukan Kunjungan Industri ke kampus Universitas Narotama (UNNAR) pada Kamis, 22 Agustus 2019. Kedatangan rombongan SMK Pawiyatan disambut langsung oleh Kaprodi Sistem Komputer (FIK) Slamet Winardi, ST, MM dan Direktur Marketing, Qausya Faviandhani, SE, MM di Plaza Gedung E UNNAR. Kegiatan tersebut dimanfaatkan oleh para siswa untuk ....Selengkapnya

print    word   pdf

Public News

Pengusaha Fintech Bakal Rilis Kode Etik Bersama Bulan Depan
24 Agustus 2019, 09:00:01

Pengusaha Fintech Bakal Rilis Kode Etik Bersama Bulan Depan Jakarta -- Perusahaan berbasis teknologi yang memberikan layanan keuangan (financial technology/fintech) akan menerbitkan kode etik (code of conduct) bersama terkait prinsip-prinsip dasar bisnisnya. Rencananya, kode etik ini akan diluncurkan pada .....